Quick Start

Thu, 10/14/2010 - 18:30

Filosofi Edukasi

Misi PortalReksadana adalah memberikan edukasi investasi reksadana tanpa dipungut biaya apapun (free membership). Siklus pembelajaran yang difasilitasi melalui PortalReksadana dimulai dari proses perencanaan keuangan (financial planning), pemilihan produk (product selection), pemantauan kinerja (performance tracking) dan pemantauan pencapaian target hasil investasi (investment tracking). PortalReksadana menyediakan berbagai tools alat bantu (investor toolkit) yang dapat diakses oleh member yang terdaftar, harus login terlebih dahulu untuk menggunakan fasilitas ini.

Proses perencanaan keuangan difasilitasi oleh feature My Plan. Dengan feature ini, member dapat memasukkan seluruh rencana keuangan masa depan yang diinginkan, dan PortalReksadana akan secara otomatis menghitung berapa investasi yang harus dialokasikan setiap bulannya. Rencana keuangan dapat berupa rencana pensiun, pendidikan, pembelian aset, dan sebagainya.

Proses pemilihan produk difasilitasi oleh feature PortalReksadana Matrix. PortalReksadana Matrix memberikan holistic-view atas kinerja seluruh produk reksadana, membagi produk reksadana dalam empat kuadran sederhana, yaitu: Gold, Diamond, Bronze dan Rock. Feature ini mempermudah member dalam melakukan seleksi diantara ratusan produk reksadana yang ada.

Sesudah melakukan pemilihan produk reksadana, member dapat memantau kinerjanya melalui feature My Reksadana. Feature ini akan menyajikan kinerja dari produk-produk terpilih dalam satu layar guna mempermudah pemantauan dan komparasi. Mengingat investasi reksadana sangat dipengaruhi oleh kondisi bursa, manfaatkan juga feature Indikator Bursa untuk memberikan tambahan pertimbangan kapan beli dan jual.

Guna memantau pencapaian target hasil investasi, tersedia feature My Plan Tracking. My Plan Tracking menyajikan tabulasi akumulasi hasil investasi setiap tahun berdasarkan seluruh rencana keuangan yang telah dimasukkan pada My Plan. Tabulasi ini ditujukan sebagai acuan target bagi member dalam memantau perkembangan hasil investasinya. Jika hasil investasi aktual berada dibawah target, maka member harus membuat keputusan switching atau top-up agar seluruh rencana keuangannya dapat terwujud di masa depan.

Kekuatan utama PortalReksadana tidak hanya pada tersedianya berbagai alat bantu investasi yang bebas diakses secara gratis, namun justru pada kekuatan komunitas dimana didalamnya diberikan kebebasan untuk saling berbagi pengetahuan dan berinteraksi satu sama lain. PortalReksadana didukung oleh berbagai kontributor independen (pemerhati investasi sekaligus juga investor retail), kontributor affiliated (pelaku industri pasar modal) maupun para kontributor dari kalangan perencana keuangan profesional.

PortalReksadana memiliki berbagai kategori tema artikel edukasi, seperti diantaranya mengenai perencanaan keuangan, evaluasi kinerja reksadana, strategi investasi, resiko investasi, investasi emas. Salah satu tema yang juga hangat didiskusikan adalah mengenai asuransi, karena proteksi kekayaan merupakan salah satu prasayarat wajib sebelum kita memulai investasi. Para kontributor menyumbangkan berbagai artikel tanpa terikat oleh pakem atau aliran tertentu, dengan tujuan agar terbangun wawasan dan perspektif investasi seluas-luasnya agar investor dapat membuat keputusan investasi yang sesuai dengan profil dirinya.

Referensi Artikel

Bagi rekan yang ingin “jalur cepat” untuk belajar investasi reksadana, berikut ini saya kompilasikan beberapa artikel tutorial dasar. Artikel ini sifatnya “wajib dibaca” untuk membangun pemahaman investasi reksadana. Ingat selalu pesan dari bro Dunkz, “Invest your time before investing your money”

Basics:

Intermediate:

Kursus Dasar Reksadana

Komitmen PortalReksadana dalam edukasi investasi tidak hanya diwujudkan dalam bentuk media online namun juga mempertemukan member, kontributor dan pelaku industri reksa dana dalam kegiatan Kursus Dasar Reksadana (KDR).

Kursus Dasar Reksadana (KDR) menjadi pelatihan pertama yang memadukan materi perencanaan keuangan dengan dasar technical analysis yang bertujuan untuk membangun pemahaman peserta atas investasi yang terencana serta resiko investasi guna menghasilkan imbal hasil investasi reksadana yang optimal. KDR dirancang untuk peserta dengan level sangat pemula sampai level menengah, dilengkapi dengan contoh dan latihan langsung yang aplikatif.

Kisah perjalanan KDR dapat dinikmati pada artikel berikut:

KDR-3 merupakan KDR yang terakhir kali diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2011. Member yang masih belum jelas memahami artikel-artikel di PortalReksadana, dapat mengikuti KDR untuk berdiskusi langsung dengan para kontributor. Member dapat mendaftar pada KDR yang pada tahun 2012 akan difokuskan di luar kota Jakarta.

 

Comments

Redeem

RIHT95's picture

Dear bu riri,

Saya melakukan penjualan pada tanggal 2 september 2016 akan tetapi sampai hari ini hasil penjual belum masuk ke acc rdi saya maupun ke rekening pribadi saya, mohon infonya bu

Terima Kasih

Re : Redeem

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak RIHT,

Untuk penjualan ReksaDana maksimal T+7 (7 hari kerja, tidak termasuk sabtu minggu) masuk ke RDI.
Tergantung jenis ReksaDana yang Bapak jual, apakah ReksaDana Pasar Uang atau Reksadana Saham, dimana prosesnya dilakukan oleh Bank Kustodian.

Berikut ini alur penjualan ReksaDana :

alur penjualan IPOTFUND

Demikian penjelasannya Pak RIHT.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Redeem

RIHT95's picture

Dear
Bu Riri

Dana hasil penjualan sudah masuk di RDN Saya, selanjutnya jika saya ingin transfer ke rek pribadi saya bagamaina caranya bu .

terima kasih

Re : Redeem

riri.sulinantri's picture

Deat Bapak RIHT,

Untuk melakukan penarikan dana dari RDN ke Rekening pribadi, dapat dilakukan dari web www.indopremier.com dengan login terlebih dahulu kemudian pilih menu Account Profile >> Penarikan dana.
Kemudian Bapak masukkan nominal penarikan dana >> pilih Tipe Penarikan >>Submit.
• Penarikan Regular : dana akan ditransfer ke rekening pribadi jika dana tersedia mencukupi
• Penarikan Ekspress Otomatis : jika memiliki RDPU maka otomatis akan dijual sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Jika tidak memiliki RDPU akan dana ditransfer setelah dana tersedia mencukupi

“Untuk informasi tambahan, jika rekening penerima BCA, instruksi penarikan dana yang kami terima sebelum pkl.16:00 WIB dengan nilai nominal maksimal Rp. 2.000.000.000,- (dua miliyar rupiah) akan diproses dan dikirim ke rekening penerima pada hari yang sama (T+0).
Apabila instruksi penarikan dana kami terima sesudah pkl.16:00 WIB dan/atau di atas Rp.2.000.000.000 akan diproses keesokan harinya.
Namun jika rekening penerima bukan rekening BCA, maka instruksi kami terima sebelum pkl 16.00 (untuk Bank Mandiri), pkl 14.15 (untuk Bank CIMB, Permata), pkl.13:00 WIB (Selain Bank BCA, Mandiri, CIMB dan Permata) agar dapat dijalankan di hari yang sama (T+0). Apabila instruksi penarikan dana kami terima sesudah pkl.14:00 WIB dan/atau di atas Rp.2.000.000.000 akan diproses keesokan harinya"

Demikian penjelasannya Pak.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

term life produk langka

L14nda's picture

Produk TL produk istimewa ..dengan premi relatif kecil manfaat proteksi maksimal... sayangnya sudah langka cos gak semua perusahaan asuransi mempertahankan produk ini.

Asuransi Term Life AXA Financial

dwily's picture

Untuk asuransi term life, ada di axa financial mba, bukan yg axa mandiri.. kebetulan saya juga bekerja sebagai agen axa financial utk asuransi term life dan kesehatan murni..maaf bukan iklan..jika berminat dengan termlife bisa hubungi saya mba :)

Term Life @ AXA Financial

autogebet's picture

sbnrnya ini iklan sih hehe... tapi masyarakat harus tahu seluas2nya apa saja pilihan produk term life yang tersedia... kalau boleh diinfokan apa nama produknya? saya sih ingin juga dapat ilustrasinya supaya bisa membandingkan dg produk lainnya. boleh ya dibandingkan dan dipublish disini ^_^

Term Life Axa Financial

dwily's picture

Nama produknya maestro term dari axa financial bro autogebet :), boleh.. untuk teman2 yang mau ilustrasinya bisa email ke dwiplan85atgmail [dot] com, sebagai sharing utk termlife usia 34 tahun dengan UP 1 M, premi setahun 3.620.000 dan up 500jt setahun 1.935.000. Asuransi jiwa murni. Untuk kesehatan murni jenisnya maestro elit care dan family flexi health. Dimana premi hangus namun UP maksimal :)

KDR 2016

Effencioga's picture

tahun ini apakah akan di adakan lagi KDR ???

KDR atau kopdar?

autogebet's picture

wah, memang sudah lama sekali sejak KDR terakhir di Bandung tahun 2012 ^_^

kalau tema belajar reksadana sepertinya sudah cukup banyak artikelnya di web, relative tidak ada teknik/strategi yang baru ya...

atau bgmn mnrt kawan2? kira2 di bagian mana yang masih kurang mantap dlm investasi reksadana? kl sy malah mau berburu lagi asuransi term life, kbtln sdh lapse, dan ini memang step pertama utk melindungi investasi kita.

so perlu KDR atau cukup kopdar aja yaa.. di kopdar juga bisa kita hadirkan kawan2 financial planner spt bro Eko dan mb Rina, atau bisa juga kita meetup dg mb Riri, sdh CFP juga lhoo.. tapi ya biasanya kalau di kopdar ya untuk sharing2 ringan sih... jurus2 teknik hitungan baru muncul kalau di KDR haha

mumpung awal tahun, monggo kl ada ide dari bro and sis sekalian, boleh jg kl mau rikues tema yg dibahas di web or kopdar ^_^

Asuransi Term Life AXA Financial

dwily's picture

Maaf Bro Autogebet.. mudah2an belum basi hehe.. tidak bermaksud iklan.. Untuk asuransi term life, ada di axa financial.. kebetulan saya juga bekerja sebagai agen axa financial utk asuransi term life dan kesehatan murni..tidak tergabung dengan unitlink

Newbie

nheee's picture

Untuk produk termlife setahu saya Sun Life masih ada tuh...

Sebagai newbie sih saya pilih kalau diadakan KDR biar lebih paham dan dapat banyak sharing ilmunya.Please let me know ya kalau jadi diadakan either kopdar atau KDR ^_^

term life

louispiao's picture

Sudah coba minta ilustrasi TL dari BNILife dan Manulife?
Asuransi TL syariah, hanya Takaful yang punya ya?
Atau bro autogebet ada informasi ttg TL syariah. Thanks

belum sempat berburu TL Syariah...

autogebet's picture

bro louis, jaman dulu saya sudah lengkap minta ilustrasi, dari CommLife, Manulife, BNI Life.. jaman dulu term life cuma ketemu di Manulife dan BNI Life, kebetulan pengajuan sy ditolak oleh Manulife, jadinya sy deal dg BNI Life deh... kabarnya BNI Life juga akan rilis term life syariah, nah tapi ini menantikan info official nya juga...

intinya, memang butuh info siapa saja yang punya term life, kbtln blm sempat berburu lagi... ada yg pny infokah?

mas, sunlife juga punya

liadjabir's picture

mas, sunlife juga punya termlife tapi emang masih lebih murah manulife sih tapi lumayanlah kalo untuk dipecah biar gak kena medis. kapan nih kopdar or KDRnya? siapatau pas bisa terbang jadi bisa ikutan. terakhir ikut yg dijakarta udah 3thn yg lalu ditengah banjir melanda ibukota :)

teknik split polis biar ndak kena Medical Checkup

autogebet's picture

Haai sis Lia, apa kabaaar... wah iya ya terakhir kita meetup brarti 2 tahun itu.. sama2 kebanjiran kita :)

Oo begitu caranya biar ndak kena Medical Checkup ya.. kalau split polis itu tetap bisa double claim ya? Apa hrs di vendor polis yang sama ya?

polis

liadjabir's picture

kabar baik mas...kapan nih kemakassar?ditunggu yaa... tiap vendorkan punya batas max sesuai umur biar gak kena med check up. nah kalo aku ngakalinnya gitu mas, buat beberapa polis dari beberapa vendor dengan batas max yg diperbolehkan oleh vendor tsb. salah satu alasannya sih krn males juga kl hrs medcheck up trus alasan lain biar menyimpan telur dikeranjang lain just in case perusahaan asuransinya bermasalah. kalo asuransi jiwa sih setauku gak masalah mau punya dr 2 atau lebih dr berbagai vendor karena saat claim yg dibutuhkan hanya surat kematian dan polis. kecuali kalo meninggalnya belum setahun or 2thn setelah buat polis mungkin akan diinvestigasi untuk mencegah fraud. CMIIW yaaa....

kapan lagi..

indra.kusdianta's picture

akankah diadakan lagi KDR tahun ini ??

di Surabaya atau Malang atau Lamongan atau Kediri..

sangat menunggu...

;p

Silang merah

edoedwin's picture

Tanda silang merah udah muncul, apakah pertanda sudah dimulainya fase turun lg atau signal palsu.
Suhu suhu pada kmana aja nih?
Tolong dong evaluasinya.

Signal merah, sementara masih keep RD

Dhani Purnomo's picture

Silang merah muncul, tapi IHSG siang ini (13.42 wib) justru menanjak ke posisi 5193, mendekati 5200. Kemarin2 IHSG tertekan krn galau nunggu pengumuman The Fed nanti tengah malam WIB. Jd saya pun masih keep RD saya :) Lagipula pakar ekonomi bnyk yg optimis dgn perekonomian Indonesia tahun2 ke depan ini. Semoga memang demikian. Aamiin

keep

satria aji setiawan's picture

RD saya tetep saya keep aja, ntar kalo beneran merah dalem sekalian tambah terus, yang penting siap amunisi aja.
Support di 5,113 belum ketembus juga. Mid term masih aman :D

diskusi tentang reksadana

nova_aeriol's picture

iya nih kok sekarang jadi kurang ya diskusi tentang reksadananya. Lebih banyak dibanjiri komen tentang pembelian IPOT Fund.

Diskusi tentang reksadana

taufikrahman79's picture

ya nih,,jadi ilmunya ga nambah tentang strategi investasi reksadana,malah ga ada topik lain,,selain tentang pembelian,pendaftaran di IPOT Fund

contrang hijau

edoedwin's picture

setelah muncul silang merah, 2 hari kemudian muncul centrang hijau.
apakah bener silang merah kemarin signal palsu ?
atau silang hijau ini yg palsu ?

Momen beli RDS pasca pengumuman MK pilpres

yuliapn's picture

Perkenalkan saya Yulia, newbie banget mengenai RDS.
Rencana saya mau top up dalam jumlah besar kebetulan dapat rejeki minggu ini, yang ingin saya tanyakan Momen beli RDS bagus gak ya pasca pengumuman MK pilpres ini?
Atau mesti tunggu november-april (sesuai saran bung rudyanto di buku SUKSES FINANSIAL DENGAN REKSADANA)
Mohon saran dari suhu2..

2

I Gede Suarnaya's picture

2

Pratama Dana Investasi saham

I Gede Suarnaya's picture

Dear bu Riri,

Kapan produk baru dr Pratama itu masuk Ipot Fund?

Sangat mengesankan, dlm 2 hr berturut-turut memberikan return 2 digit, tgl 21 sebesar 10% dan tgl 22 sebesar 12% disaat Ihsg merah...fantastis.
Bakalan dpt rekor muri lg nih besutan produk Pratama capital.

Trima kasih

kalau dari yg pernah sy baca

dragon135's picture

kalau dari yg pernah sy baca di blogny pak rudiyanto, kinerja extrem bisa jadi karena ada bunga mengendap. Tapi ini cuma hipotesis. linknya: rudiyanto.blog.kontan.co.id/2011/08/20/reksa-dana-dengan-kinerja-ekstrem/

Kalau melihat ga adanya promosi atau iklan padahal sudah diluncurkan, sepertinya PDIS ini hanya untuk nasabah super premium / institusi seperti halnya pratama equity yg minimal toptup 10M yg cuma ditawarkan langsung oleh MI nya dan ga ada di webnya. link: mobile.kontan.co.id/news/pratama-rilis-reksadana-untuk-kelas-atas

PDIS

satria aji setiawan's picture

Sepertinya PDIS ini beda dengan yang dibahas oleh Pak Rudiyanto. RD yang dibahas di Pak Rudiyanto lebih mengarah ke RD Pendapatan Tetap.
Dugaan saya sih PDIS ini bisa menghasilkan return ekstrem karena fokus hanya ke beberapa saham dan mengutamakan bermain di mid cap and small cap. Toh dana kelolaannya juga belum besar, switchingnya juga ga terlalu sulit.

Selalu ingat aja, high risk, high return. :D

Pratama Dana Investasi Saham

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak I Gede Suarnaya,

Saat ini memang baru ada 3 produk dari Pratama yang tidak kalah menarik yaitu Pratama Saham, Pratama Ekuitas, dan Pratama Berimbang.
Mengenai Produk Pratama Dana Investasi, apabila memenuhi syarat dan ketentuan dalam beragabung di IPOTFUND maka tentunya dapat bergabung di IPOTFUND. Adapun salah satu syarat dan ketentuannya minimum umur produk tersebut sudah 90 hari setelah listing, AUM nya diatas 100 M. Nantinya semua produk dievaluasi secara berkala agar nasabah IPOTFUND nyaman dalam bertransaksi ReksaDana.

Demikian penjelasannya Pak Suarnaya.
Terima kasih.

Salam,

www.ipotfund.com
Supermarket ReksaDana Online

Ipot Fund

chandra_mm's picture

saya ingin mengenal lebih jauh tentang IPOTFUND ini pin saya 7DEED79A
Mohon di Add ya bu.

Pratama Dana Investasi Saham

dyas's picture

Salam kenal Pak I Gede,

Terus terang saya juga heran, kok bisa ya reksadana saham return 10% per hari, padahal IHSG aja gak sampai 1% per hari. Terus sepertinya reksadana tersebut misterius sekali karena tidak ada launching.. Saya jadi penasaran, hehe.. Apa Pak I Gede ada informasi lebih lanjut? :)

Terima kasih,
Dyas

@Dyas

I Gede Suarnaya's picture

Salam knal jg bu/pak Dyas,

Biar mas bro Gebet tuh yg terangin, beliau pakarnya bedah-membedah produk

komennya sepertinya salah

dragon135's picture

komennya sepertinya salah artikel bro. Bu riri ngg di artikel ini.

Seperrinya pratama dana investasi saham cuma buat kalangan teetentu atau institusi soalnya ga ada berita peluncurannya pake google. Dapet linknya kah?
Mungkin seperti pratama equity yg khusus buat institusi.
Sehari bisa 10% jgn2 cuma invest di 5 saham kali y?

Salah pencet

I Gede Suarnaya's picture

Iya bro..sory salah kamar,mo delete kaga bs.

Klo Pratama equity mungkin krn dana kelolaanya msh 30m mknzya ga dtwrkan ama mi n ipoptfund,tkutnya likuidasi,soalnya klo ngga lebih 25m dlm wkt 3bulan berturut_turut kena aturan ojk,

Yg pdis itu bru sebulan sptnya realease

Reksadana Apakah yang cocok untuk plan saya

tetobsd's picture

Selamat pagi & salam kenal,

Saya newbi dan baru saja apply ke IPOTfund, dan sambil menunggu proses RDI saya mau bertanya apakah plan saya ini cukup bagus dan RD apa yang cocok :
- akan invest sebesar 5jt diawal, dan bulanan akan top up sebesar 1jt.
- kira kira pertumbuhan selama 3 th menjadi berapa ?
- Apakah dengan kondisi index saat ini sudah cocok untuk masuk/membeli reksadana ?

Terimakasih

Reksadana yang cocok

taufikrahman79's picture

Sebelum menentukan investasi reksadana yang cocok,tentukan dulu tujuan investasi anda,invest jangka pendek,menengah atau jangka panjang dan sebelum berinvestasi sebaiknya anda siapkan dulu dana darurat,sehingga klu terjadi musibah atau keadaan darurat,dana investasi anda tidak terganggu sehingga tujuan investasi anda akan tercapai,sebaiknya sebelum berinvestasi anda harus banyak baca dulu tentang ilmu perencanaan keuangan,terimakasih,mudah2an bisa membantu anda

investasi pelajar

willy gideon's picture

Halo salam kenal buat semua master disini. Saya masih newbie dan baru masuk di grup ini. Saya mau tanya apakah bisa pelajar seperti saya yang masih berusia 17 tahun dan belum mempunyai NPWP mengikuti investasi di reksadana? Dan jika bisa apakah saya cocok untuk mencoba di RDS dengan profil high growth dan tujuan keuangan 10-20 tahun. Terimakasih semuanya.

Pelajar cocok sekali dengan RDS

autogebet's picture

bro Willy, welcome to the club. Saya selalu apresiasi kepada mereka yang di usia muda sudah melek investasi, dan sudah prepare untuk jangka panjang. Saya pribadi juga termasuk yang menyesal karena terlambat memulai investasi. So singkat kata, masih muda 17 tahun tentu sudah bisa mulai investasi. Setahu saya, CommBank akan minta kita ttd formulir pernyataan tidak memiliki NPWP. Kurang tahu ya kalau MI lain, seharusnya no problem.

Karena usia masih muda, plus tujuan keuangan sampai 20 tahun, justru sangat cocok untuk memulai di RDS, pastinya di masa depan akan berbuah manis sekali :)

Masih Baru Belajar

Mikov's picture

Hai semuanya salam kenal, masih newbie nieh.
Mau tanya nih, mungkin pertanyaan ini udah pernah ada yang nanya.
1. Kalau ikutan reksadana yang one shot aja dengan yang top up rutin tiap bulan, lebih untung yang mana? Perencanaan saya sih jangka waktu pendek sekitar 2 Atau 3 tahun aja. Untuk tambah-tambah biaya kuliah nanti.
2. Biasanya pembagian keuntungannya bagaimana yah? Apakah keuntungannya baru bisa saya rasakan 2/3 tahun ketika saya jual reksadana tersebut?
3. Untuk pembelian Reksadana di CommBank atau Manulife bisa hari sabtu gak yah? Soalnya kalo hari biasa saya kerja.
3. Maksud dari kalimat "Penawaran Umum atas Unit Penyertaan XXX (“Unit Penyertaan”) secara terus-menerus hingga mencapai jumlah 4.000.000.000 (Empat miliar) Unit Penyertaan." itu apa ya? Apa saya harus top up terus menerus sampai total segitu?
4. dan apakah ada minimal usia dalam pembelian reksadana? Usia saya baru jalan 20.

Thank You
Regards,

Maya A.

pengaruh apakah nilai NAB produk reksadana turun

iisnia's picture

siang...sebagai newbie di portal ini dan di reksadana, saya tiap hari selalu melihat perkembangan produk RD. seminggu ini nilainya menurun.pengaruh apa saja ?
klo produk RD tidak daapt dialihakan berarti kita harus menjual seluruhnya ya? saya ingin ganti produk RD. mohon sarannya

autodebet dan pertama kali investasi

iisnia's picture

salam kenal semua. saya newbie di group ini...saya jum'at kemarin ke common dan langsung invest di dua syariah saham : manukife sektoral amanah, pnm ekuitas syariah..dan 1 produk campuran schroder syariah balance fund...adakah yg punya pengalaman dgn tiga produk itu?. saya ditawari untk autodebet, tetapi krna.ini br prtma kali saya pilih one shot dulu saja. mohon pencerahannya.

@iisnia: lihat cara sebelumnya

autogebet's picture

sis iisnia, welcome to the club. Untuk melihat apakah pilihan produk kita sudah oke, bisa mengikuti cara yang diposting sebelumnya, spt di:
http://www.portalreksadana.com/node/430#comment-12745

intinya:
1. cek kinerjanya
2. cek kuadran matrix
3. lihat kinerja MI secara keseluruhan produk yg dikelola (apakah mayoritas produk yg dikelola bagus2 kinerjanya)

saya sendiri hanya pernah mencoba PNM Ekuitas Syariah, tapi itu jaman doeloe sekali. kenapa saya skrg tdk punya produk ini, bisa lihat fakta2 kinerjanya spt cara diatas.

Cara autodebet sendiri baik kok, asal kita autodebet ke produk yang baik juga.

Semoga bermanfaat ya..

Apakah autoinvest itu menguntungkan?

hady87's picture

saya mulai kenal reksadana dari portalreksada.com (website ini sangat membantu bagi saya yg baru mengenal reksadana)
dan saya langsung membuka rekening di commonwealth dan langsung membuat autoinvest reksadana saham, pilihan yang ditawarkan oleh pegawai bank adalah Reksadana Saham Mandiri Investa Ekuitas Dinamis dan saya menyetujuinya...
nah kira-kira bagaimana prospek ke depannya, sepertinya saat sangat turun NAB nya, hehehe
mohon saran..

@hady87: uups kuadran rock

autogebet's picture

bro Hady87, syukurlah PortalReksadana bermanfaat, welcome to the club bro. Sip sekali sudah open account di CommBank untuk langsung berinvestasi.

hm, karena spesifik menanyakan ttg RDS Mandiri Investa Ekuitas Dinamis, coba lihat detil produk ini di:

http://www.portalreksadana.com/rdproduk3/list/3
* lihat nomer 123, produk ini relatif masih baru, setahun terakhir kinerjanya minus 14%

http://www.portalreksadana.com/rdmatrix/list/3/rock
* produk ini masuk kuadran Rock

jika memang ingin investasi ke produk yang dikelola oleh MI Mandiri, bisa lihat pilihan2 produk lainnya yang masuk kuadran Gold atau Diamond di:
http://www.portalreksadana.com/rdmi4/profil/CC002

Semoga membantu dan Tetap Semangat!

KDR surabaya thn 2014 kapan ya?...

depi's picture

Dear kontributor portalreksadana yg pinter-pinterrrr
salam kenal nama saya ibu depi, baru ngeh ada portal ini krn pas reuni kampus kemarin ketemu sobat2 lama yg cerita soal reksadana.
Dari hasil obrolan kami kmrn, saya berencana membeli RD dan akan gabung dng commonwealthbank (soonnn heheini lg baca portalreksadana sudah sehari semalem deh)
Mau nanya, semoga belum telat krn usia saya sdh di consolidation stage ternyata hiksss..nyesel aru mudeng nya sekarang.
saya mau memprovokasi oarang sekantor agar ikutan portal reksadana ini .
Apakah ada rencana bikin KDR di sby thn 2014 besok?..kalo iya mohon diinfo, jika tdk keberatan di email saya devi [dot] psantyatgmail [dot] com
Maturnuuwunnn...terima kasihhh bro and sis portalreksadana.

salam hangat dr surabaya :)

@depi: Belum ada KDR lagi

autogebet's picture

sis Depi (ndak ada yang dipanggil "ibu" disini hehe).. welcome to the club ya.. senang sekali semoga sekantor bisa joinan di PortalReksadana dan semoga bisa bermanfaat untuk membantu mulai berinvestasi, pas momentum 2014.

Kebetulan belum ada rencana KDR lagi di 2014, tentu akan kita woro-woro disini jika gayung bersambut :)

Tetap semangat!

MSA dan MSSA

enie's picture

all suhu dan all members, saya mau nanya, saya ada pegang produk Manulife saham andalan , yg diluncurkan taun 2007,saat ini nab kisaran 1500an. jika sy bandingkan dgn sodaranya MSSA, manulife syariah sektoral amanah, 2009, nabnya sudah 3000an saat ini. kira2 apa yg menyebabkan demikian? dan kira2 apa yg sebaiknya sy lakukan, haruskah sy pindah ke MSSA karena return tersebut? mohon saran dan masukannya , trims.

Mungkin kinerjanya berbeda atau dulu pernah split

Sandro10's picture

Untuk detail historisnya, bisa lihat di fund fact sheet atau hubungi MI nya langsung.

Kalau soal performa, memang saya lihat ada perbedaan. Pergerakan MSA memang segendang sepenarian dengan acuannya, yaitu IHSG, tapi performanya agak di bawah indeks acuannya, yaitu IHSG. Ini saya lihat dari pergerakan harian, mingguan, dan bulanan. Kalau return 5 tahun sih menurut saya tidak mengecewakan (apakah ini tandanya reksadana ini sudah matang, saya tidak tahu).

Performa MSSA cenderung lebih baik dibandingkan indeks acuannya, yaitu JII, dan lebih baik dibandingkan MSA. Hanya saja kadang terjadi lonjakan NAB yang tidak seirama dengan indeks.

Tahun ini memang kinerja MSA kurang baik, tapi saya pikir mungkin saja itu karena reksadana syariah penurunannya tidak setajam reksadana konvensional. Kalau saya sih lihat dulu aja ya, apakah tahun depan MSA mampu unjuk gigi. Alternatif lain, membagi sebagian dana untuk investasi ke MSSA. Tapi jangan mengambil keputusan semata-mata atas dasar comment saya ya *disclaimer on*.

kinerja MSA

enie's picture

terima kasih atas responnya mas/mbak Sandro10, menurut share pengalaman seorang anggota member forum, RD ini mengalami penurunan hampir setengahnya ketika krisis,2008 dan terdiskon lg di 2011, sy bimbang dan bingung apa yg sebaiknya sy lakukan, karena melihat kinerja "adik" dari RD ini yaitu MSSA jauh lebih baik, padahal sebenerna MSA ini rotasi sektoral.. sy jg punya BNP paribas Star yg jg rada mandeg akhir2 ini, jd sy putuskan utk menyetop autoinvestnya,nah yg MSA ini masih bingung, sy sudah pnya 4 RD, apa bijak jika sy buka MSSA lg secara terpisah? mohon masukannya.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.