Beli Reksadana secara Online

autogebet's picture

Mengingat banyaknya pertanyaan dari member (tidak hanya yang berdomisili di luar negeri) tentang "bagaimana cara beli reksadana secara online?", maka saya buatkan ringkasannya di artikel ini. Yang dimaksud "online" adalah melalui internet ya, bukan melalui ATM. Artikel ini pertama kali ditulis pada tahun 2010, dan pada saat itu agen penjual yang dapat melayani pembelian reksadana secara online hanya Bank Commonwealth. Namun sejak tahun 2014 ada pilihan agen penjual lain yang mengusung konsep "supermarket reksadana", yaitu IPOT Fund. Artikel ini memberikan gambaran seperti apa cara membeli reksadana di Bank Commonwealth dan IPOT Fund, serta seperti apa perbedaan diantara keduanya. Semoga dapat membantu member dalam memilih supermarket reksadana online.

A. Bank Commonwealth (CommBank)
[Artikel dibuat pada 4 Feb 2010]

Cukup membuka rekening di Bank Commonwealth, maka otomatis mendapatkan fasilitas internet banking. Setoran pertama saat pembukaan rekening cukup Rp. 500rb. Semua dana dalam rekening ini boleh dipakai seluruhnya untuk transaksi reksadana (yang penting tersisa sejumlah ketentuan saldo minimal rekening aja). semua transaksi subs/redemp akn didebet dari rekening.

Setoran minimal transaksi reksadana juga bervariasi tergantung dari produk yang dipilih. Selengkapnya produk apa saja yang bisa dibeli, berapa minimum subscription, minimum top up, berapa fee subscription, fee redemption, fee switching dapat dilihat di:
http://www.commbank.co.id/upublic/mod_home/default_content.aspx?code=feecharges

Update 7 November 2015: Saya mendapatkan informasi langsung dari pusat CommBank, sekarang ini nasabah CommBank (sudah punya rekening) sudah bisa beli reksadana langsung dari Internet Banking dan Mobile Banking. Bedanya dengan yang dulu, mau beli produk apa aja bisa langsung online, tidak perlu lagi datang ke cabang untuk isi form pembukaan account reksadana. Bagi yang belum punya rekening CommBank, proses pembukaan rekening memang masih diperlukan untuk datang langsung ke kantor bank. Sesudah selesai pembuatan rekening (dan sudah menyetor), langsung bisa belanja reksadana online. Semua pembelian reksadana secara online dapat diskon 50% untuk subscription fee. Jadi misal subs fee di tabel 1,5%, maka hanya dikenakan 0,75%. Nantikan kejutan berikutnya di Januari 2016, switching (antar MI yang sama) bisa dilakukan online juga.

B. IPOT Fund
[Artikel dibuat pada 4 Jun 2014]

Semenjak launching pada 16 April 2014, IPOT Fund langsung menjadi "trending topic" di PortalReksadana. Banyak member berbagi pengalaman dan kelebihan dari IPOT Fund, produk supermarket reksadana online dari Indo Premier Securities. Utamanya, ada dua hal pembeda dibanding CommBank:


  • IPOT Fund sama sekali tidak mengenakan fee subs/beli maupun redeem/jual. Ini bukan periode promosi, memang selamanya bebas fee subs dan redeem.
  • Minimal setoran awal (initial subscription) hanya Rp 100rb, sementara di CommBank masih Rp 500rb. Alhasil untuk mulai investasi menjadi sangat terjangkau.

Pilihan produk reksadana sangat banyak sekali. Saat ini (22 Januari 2016) ada 128 produk reksadana dari 28 Manager Investasi, diantaranya saat ini:


  • PT Bahana TCW Investment Management
  • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT BNP Paribas Investment Partners
  • PT First State Investments Indonesia
  • PT Indo Premier Investment Management
  • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT RHB OSK Asset Management
  • PT Sinarmas Asset Management
  • PT Syailendra Capital
  • PT Trimegah Asset Management
  • PT CIMB Principal Asset Management
  • PT Pratama Capital Assets Management
  • PT Maybank GMT Aset Manajemen
  • PT AAA Assets Management
  • PT MNC Asset Management
  • PT Avrist Asset Management
  • PT PNM Investment Management
  • PT AXA Asset Management Indonesia
  • PT Ciptadana Asset Management
  • PT Mega Capital Investama
  • PT Mega Asset Management
  • PT BNI Asset Management
  • PT Prospera Asset Management
  • PT Kresna Assets Management
  • PT Semesta Asset Management
  • PT Sucorinvest Asset Management
  • PT Danareksa Investment Management
  • PT Pinnacle Persada Investama

Daftar Manager Investasi yang lebih lengkap dan terkini (selalu diperbaharui) ada di artikel IPOT FUND, Supermarket ReksaDana Online.

Rencananya akan bergabung lebih banyak lagi Manager Investasi sehingga pilihan produk akan mencapai 100-an. Teknisnya kita cukup punya 1 account untuk semua reksadana, kita juga akan punya rekening efek atas nama kita sendiri (resmi terdaftar di KSEI). Dana untuk pembelian reksadana ditransfer ke rekening efek itu, terintegrasi ke aplikasi IPOT Fund, langsung bisa untuk belanja reksadana online. Kelebihan lainnya, belanja produk reksadana manapun tidak perlu mengisi formulir plus tanda tangan basah, semua dilakukan online, praktis sekali.

Cara pembukaan rekening IPOT Fund juga sederhana. Cukup dari website IPOT Fund klik "Open an Account" kemudian pilih "Saya adalah customer baru". Isian berikutnya agak panjang, tapi online dan mudah kok. IPOT Fund kemudian akan mengirimkan formulir PDF yang sudah terisi lengkap, tinggal ditandatangani diatas materai. Kelengkapan dokumen lain yg dibutuhkan hanya fotokopi/scan KTP, NPWP dan halaman pertama buku tabungan. Jika domisili di Jakarta, dokumen ini bisa dijemput oleh IPOT Fund. Jika tinggal di luar Jakarta, tetap harus dikirim via pos. Sekitar 3 hari account langsung aktif bisa untuk belanja online.

Saat saya open account datang langsung ke IPOT Fund di kantornya, saya mendapat tabel lengkap berisi perbandingan fee subs/redeem antara IPOT Fund dengan CommBank, Citibank, HSBC dan Bank Mandiri. Seluruh produk reksadana fee subs nya FREE, termasuk produk reksadana saham. Hanya sedikit produk saja yg mengenakan fee redeem (sesuai ketentuan dari MI nya). Padahal kalau di CommBank yang fee subs/redeem nya FREE hanya produk reksadana pasar uang.

Silakan klik disini untuk download file tabel perbandingan fee subs/redeem produk IPOT Fund (format DOCX, ukuran 27 KB).

Beberapa artikel lain yang relevan terkait ini adalah:

Sementara ini dulu, monggo barangkali rekan ada informasi terbaru lainnya, nanti saya update ke artikel ini.

Tetap Semangat!™

Comments

Memulai dari mana...?

ersya's picture

salam kenal...
saya bisa digolongkan newbi dalam hal inves RD,
yang ingin saya tanyakan, saya harus memulai dari mana untuk melakukan RD ini...?
:)

Re : Memulai Dari Mana

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Ersya,

Salam kenal Pak/Bu Ersya.
Untuk memulai reksadana tentunya Bapak/Ibu bisa memulai dengan cara registrasi terlebih dahulu melalui www.indopremier.com >> klik Open an Account

Jika lokasi Bapak/Ibu di Jabodetabek, IndoPremier juga menyediakan training gratis setiap hari Rabu jam 17.30 di Wisma GKBI Lantai 7 mengenai Investasi Reksadana (sebelumnya harap konfirmasi untuk keikutsertaannya melalui email supportatindopremier [dot] com)

Terima kasih.

Regards,

Riri
www.ipotgo.com

iya buk terima kasih,,saya

ersya's picture

iya buk terima kasih,,saya berdomisili di Aceh buk.. :)

Re : Terima Kasih

riri.sulinantri's picture

Terima kasih kembali Pak/Bu Ersya.

Regards,

Riri
www.ipotgo.com

Selisih Pada Cash Info IPOTFUND dgn RDN BCA

anonymous's picture

Bu Riri, mengapa jumlah dana cash di ipotfund saya ada selisih dengan jumlah dana di RDN? Memang tidak besar (awalnya hanya selisih Rp1,sekian perak) tapi lama2 selisihnya semakin bertambah

Untuk hal ini, saya ingin melaporkan via email ke ipotfund & bisa mohon di bantu untuk alamat email bisa di hubungi? (saya tidak nyaman jika harus memberikan user id di sini)

Trims (:

Re : Selisih Pada Cash Info IPOTFUND dgn RDN BCA

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Anonymous,

Baik pak/bu, bisa mengirimkan email ke supportatindopremier [dot] com

Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Kejutan dr CommBank, beli RD baru tdk perlu datang ke cabang

autogebet's picture

Kemarin saya langsung diinfokan dari pusatnya CommBank, sekarang ini nasabah CommBank (bagi yang sudah punya rekening) bisa beli reksadana langsung dari Internet Banking dan Mobile Banking. Bedanya dengan yang dulu, beli online hanya bisa untuk top up. Sekarang ini mau beli produk apa aja bisa langsung online, tidak perlu lagi datang ke cabang untuk isi form pembukaan account reksadana.

Bagi yang belum punya rekening CommBank, proses pembukaan rekening memang masih diperlukan untuk datang langsung ke kantor bank. Sesudah selesai pembuatan rekening (dan sudah menyetor), langsung bisa belanja reksadana online.

Semua pembelian reksadana secara online dapat diskon 50% untuk subscription fee. Jadi misal subs fee di tabel 1,5%, maka hanya dikenakan 0,75%. Nantikan kejutan berikutnya di Januari 2016, switching (antar MI yang sama) bisa dilakukan online juga ^_^

Bagi rekan2 yang minat dengan reksadana dari MI asing, ada banyak pilihan dari CommBank, dan skrg sdh bisa full online ^_^

CommBank, POEMS, IPOTFUND, Bareksa, ada lg?

anonymous's picture

Bro autogebet,

Share/review juga dong klu pernah daftar di "supermarket" online lainnya

> Review subjektif saya ipotfund & bareksa:
ipotfund otomatis membukakan rekening dana nasabah/RDN utk menampung dana jual/beli (karena itu bisa invest saham juga di ipot karena sudah terintegrasi dgn RDN + dpt kartu AKSES), kalo di bareksa persis seperti jual/beli di MI langsung (klu beli, transfer dana langsung ke rekening RD tsb & memungkinkan switching) jd skemanya hanya di online-kan saja sehingga jauh lebih memudahkan (konfirmasi jual/beli via bareksa, selanjutnya mereka yg proses)

> persamaan:
- fee jual/beli rata2 0
- bisa regis online & pickup dokumen jabodetabek

> perbedaan:
- ipotfund otomatis membuka rekening dana nasabah/RDN utk menampung dana jual/beli (karena itu dia bisa invest di saham jg)
- ipotfund security-nya menggunakan PIN yg sudah kita tentukan sendiri (selalu sama)
- bareksa utk pembelian transfer langsung ke rekening RD tsb & utk penjualan dana langsung di transfer ke rekening investor (ini yg memungkinkan switching di h-0/hari itu jg)
- bareksa securitynya menggunakan OTP yg dikirim lwt SMS (berbeda2)

kelebihan:
+ ipotfund lebih banyak produknya
+ ipotfund bisa switcing lintas MI & RD (RDPU ke RDS, dll) di h-0/hari itu jg dgn menggunakan dana talangan dr ipot (tp kena biaya, cek kekurangan di bwh)
+ bareksa bisa switching (selama MI & bank kustodiannya sama) di h-0/hari itu jg

kekurangan:
- ipotfund utk switching h-0/hari itu jg dikenakan biaya 0,1% dari total dana switching per hari
- bareksa msh sedikit produknya

Nah untuk CommBank & POEMS mungkin bisa di share juga sistemnya jual/beli reksadananya seperti apa ya?

Intinya semuanya bagus saling melengkapi, jika produk yg kita mau tidak ada di supermarket 1, mungkin di supermarket 2 ada

Trims & CMIIW (:

Baru belajar

Hap88's picture

Dear Bu Riri,

Selamat siang bu riri,
Saya baru2 ini sedang belajar untuk melakukan investasi(meskipun dgn dana yg kecil2an), dan saya sangat tertarik dengan artikel ibu mengenai reksadana online.
mohon invite pin bbm saya juga bu di 54DFEB6D.
Saya ada beberapa pertanyaan mengenai pengisian dokumen, berhubung tadi saya juga mengiyakan untuk ada SP padahal saya kurang begitu paham mengenai itu.

Terimakasih bu.

Re : Baru Belajar

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Hap,

Sudah saya add Pak/Bu Hap pin bbnya.
Silakan jika ingin bertanya.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

mau bertanya

Tigas's picture

bu apakah tempat pengiriman laporan bulanan RD bisa diubah ? soalnya saya rencana untuk pindah rumah, tolong add pin saya 747DAD57, makasih

Re : Mau Bertanya

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Tigas,

Untuk perubahan alamat koresponden dapat dilakukan dari akun IPOTFUND Bapak. Langkah-langkah perubahannya adalah sebagai berikut :

1. Login ke website www.indopremier.com - Account Profile - Account Setting - masukkan Secure PIN - pilih Correspondence Data dan lakukan perubahan alamat koresponden - Submit
2. Muncul pop up message untuk nasabah melakukan verifikasi melalui email yang terdaftar di IPOT - Ok (Nasabah akan menerima email verifikasi)
3. Cek email yang terdaftar di IPOT - pilih Link URL yang telah dikirimkan - Verifikasi dengan cara masukkan username, password, Secure PIN - Next
4. Mengisi Verification Needed - Submit

Demikian penjelasannya Pak Tigas.
Pin BB sudah di add ya Pak.
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.ipotgo.com

Minta Add BBM

aglptr's picture

mau belajar reksa dana mohon di add bbm saya bu riri 5B7A377C

Re : Add BBM

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Aglptr,

Pin bb sudah di add.
Silakan jika ingin bertanya mengenai reksa dana.

Terima kasih.

Regards,

Riri
www.ipotgo.comz

Dear Bu Riri, mohon berkenan

lois's picture

Dear Bu Riri,
mohon berkenan add pin saya 740faba0 ada beberapa hal yang akan saya tanyakan karena sebelumnya saya punya rekening di ETF Ipot
Terima kasih,Lois

Re : Dear Bu Riri, mohon berkenan

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Lois,

Sudah di add pin bbnya.
Silakan Pak/Bu jika ingin bertanya.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Newbie

tri adri's picture

Dear Ibu Riri yang baik,

Saya baru belajar investasi di reksadana dengan ol.

Mohon pencerahan step2nya agar sy bisa melakukan transaksi melalui Ol (IPOTFUND).

jika berkenan mohon dapat di add pin bb saya di 795ab8b2

Target sih bulan ini sudah bisa bertransaksi ya bu..

Thx alot

Re : Newbie

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Tri,

Sudah Riri add pin bbnya.
Silakan jika ingin bertanya mengenai step-step melakukan transaksi.
Semoga target bulan ini bisa transaksi dapat tercapai ya Pak.

Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

baik bu riri, Terima kasih

tri adri's picture

baik bu riri,

Terima kasih

Re : Terima Kasih Kembali

riri.sulinantri's picture

Sama-sama Pak Tri.

Rookie

DithaF's picture

Dear Bu Riri,

Baru sekitar 2 minggu ini saya baca-baca artikel mengenai reksadana dan sangat tertarik untuk mulai berinvestasi. Beruntung sekali saya nyasar ke web ini dan menemukan kalau reksadana dapat dibeli secara online.
Mohon di invite pin bbm saya 59e6db96. Ada beberapa hal yang perlu saya konfirmasi dan tanyakan terkait registrasi di IPOTFUND.

Terimkasih Bu. :)

Re : Rookie

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Dhitaf,

Sudah di add ya Pak/Bu pin bbnya.
Silakan jika ada yang ingin ditanyakan.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Re: Re: Rookie

DithaF's picture

Dear Bu Riri,

Saya udah accept bbm nya.

Terimakasih Bu.

Baru Belajar

Randy Hilkia's picture

Dear bu riri

Saya sudah buka account di ipotfund, tapi masih bingung. Mohon bantuannya.
Tolong add pin saya bu jika berkenan 7a88ac48.
Trimakasih bu

Re : Baru Belajar

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Randy,

Terima kasih sudah registrasi di IPOTFUND.
Riri sudah add pin bbnya. Silakan jika ingin bertanya.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Baru Belajar

Randy Hilkia's picture

Dear bu riri

Saya sudah buka account di ipotfund, tapi masih bingung. Mohon bantuannya.
Tolong add pin saya bu jika berkenan 7a88ac48.
Trimakasih bu

Re : Baru Belajar

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Randy,

Terima kasih sudah registrasi di IPOTFUND.
Riri sudah add pin bbnya. Silakan jika ingin bertanya.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Baru Belajar

Randy Hilkia's picture

Dear bu riri

Saya sudah buka account di ipotfund, tapi masih bingung. Mohon bantuannya.
Tolong add pin saya bu jika berkenan 7a88ac48.
Trimakasih bu

Re : Baru Belajar

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Randy,

Terima kasih sudah registrasi di IPOTFUND.
Riri sudah add pin bbnya. Silakan jika ingin bertanya.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Istilah/singkatan di IPOT FUND

cholifah's picture

Dear Ibu Riri yang baik hati,

Saya baru saja daftar di IPOTFUND, tapi masih bingung mengenai tool yang ada di di webnya. yang ingin saya tanyakan saat ini adalah tentang istilah :Last NAV, HI-LO, SHARPE, DDOWN & AUM pada tabel list reksadana. mohon penjelasannya yah bu, mohon maaf jika pertanyaanya masih sangat dasar.
Jikalau ibu berkenan mohon di Invite PIN BB saya 7471D9A2.

Terima kasih,
Salam

Ifa

Re: Singkatan di IPOTFUND

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Cholifah yang baik hati,

Terima kasih sudah registrasi di IPOTFUND.
Riri bantu jelaskan satu per satu mengenai singkatan yang ada di web IPOTFUND.

Last NAV, merupakan harga NAV terakhir suatu reksa dana. akan tetapi NAV yang tercantum pada web site merupakan NAV hari bursa sebelumnya.

SHARPE merupakan rperbandingan return terhadap resiko, semakin besar sharpe ratio semakin bagius.karena menunjukan bahwa reksa dana tersebut returnnya masih lebih besar dibandingkan dengan resikonya.

Hi-Lo performance, untuk menentukan grafik NAV (Net Asset Value) dalam suatu periode (3M,6M,9M,1Y,2Y,3Y) dimana NAV penutupan terakhir berada berapa persen dari titik terendah suatu ReksaDana pada periode tertentu. Jadi Hi-Lo 100% lebih bagus daripada 98%.
Hi-lo merangkumkan grafik NAV suatu ReksaDana yang akan lebih berarti apabila digabung dengan performa NAV suatu periode.

DDOWN menggambarkan suatu NAV yang turun terparah dari titik NAV tertinggi dalam 1 periode.
AUM merupakan Asset Under bbManagement yaitu dana kelolaan suatu reksa dana. Semakin besar semakin bagus, artinya reksa dana tersebut dipercaya oleh masyarakat, karena dana masyarakat banyak yang disimpan produk reksa dana tersebut.

Pin bbnya sudah Riri add ya Bu.

Demikian penjelasannya Bu Cholifah.
Semoga bermanfaat ya.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

IPOT DENPASAR

ADA_ARZIAH's picture

Dear bu Riri,

IPOT cabang Denpasar ada dimana ya bu? sy ingin belajar lebih banyak lagi ttg investasi reksadana.
Sy sdh buka account di IPOTFUND dan rek RDI saya baru jadi.
Langkah berikutnya bgmn bu?
jika berkenan tolong add pin bb saya 75058284.

Terima kasih

Re : Cabang IPOT

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Ada Arziah,

Mohon maaf IPOT cabang Denpasar belum ada. IPOT yang terdekat ada di Surabaya.
Untuk belajar lebih banyak lagi tentang investasi reksa dana, bisa menanyakan langsung ke email saya riri [dot] sulinantriatipc [dot] co [dot] id

Langkah berikutnya setelah RDI Ibu jadi adalah Ibu sudah dapat melakukan setoran dana ke nomer RDI tersebut, yang bisa dilakukan melalui transfer, ATM, setor tunai melalui teller, dan m-banking.

Setelah melakukan penyetoran dana, Ibu sudah dapat bertransaksi reksa dana.

Berikut ini Riri sampaikan langkah-langkah untuk melakukan pembelian reksa dana :
1. Login terlebih dahulu di web www.indopremier.com lalu pilih menu Websites - IPOTFUND - Reksa dana - List Reksa dana.
2. Lalu pilih produk reksadana yang ingin dibeli - setelah itu klik tombol Buy dan pilih 1-Click Buy maka akan muncul Pop up Simple Buy.
3. Selanjutnya isi nominal dana pada kolom Net Investment - lalu klik "Saya telah setuju dengan Ketentuan reksadana" kemudian confirm.
4. Setelah itu masukkan PIN trading – confirm. Kemudian akan muncul Pop up konfirmasi order pembelian lalu klik OK.

Setelah semua langkah-langkah dilakukan maka berhasil/tidaknya proses pembelian tersebut dapat dilihat pada menu Account Profile - Transaction in Progress.

Untuk informasi, jika transaksi dilakukan sebelum batas cut off time pkl. 13:00 WIB maka akan diproses dihari yang sama dan mendapatkan NAV dihari yang sama. Jika transaksi dilakukan setelah batas cut off time pkl. 13:00 WIB maka akan diproses keesokan harinya dan akan mendapatkan NAV keesokan harinya.

Adapun cara melakukan penjualan reksa dana yaitu :
1. Login terlebih dahulu ke web www.indopremier.com lalu pilih menu Websites - IPOTFUND - Reksa dana - Jual Reksa dana.
2. Kemudian pilih reksa dana yang akan dijual lalu cek list produk reksa dana – masukkan unit yang akan dijual atau nominal atau klik all untuk penjualan keseluruhan - akan muncul Pop up Term and Conditions - lalu ceklis "saya setuju dengan ketentuan reksadana ini" dan Agree.
3. Selanjutnya dapat memilih untuk dana hasil penjualan ditransfer ke rekening RDI atau rekening pribadi Ibu kemudian klik confirm.
4. Setelah itu masukkan PIN trading – cek list “Saya telah membaca prospektus reksadana yang dipilih dan menyetujui kondisi dan ketentuan dari IPOTFUND” - confirm. Setelah itu akan muncul Pop up konfirmasi order penjualan lalu klik OK.

Setelah semua langkah-langkah dilakukan maka dapat dilihat pada menu Account Profile - Transaction in Progress.

Untuk informasi, jika transaksi dilakukan sebelum batas cut off time pkl. 13:00 WIB maka akan diproses dihari yang sama dan mendapatkan NAV dihari yang sama. Jika transaksi dilakukan setelah batas cut off time pkl. 13:00 WIB maka akan diproses keesokan harinya dan akan mendapatkan NAV keesokan harinya.

Demikian penjelasannya Ibu Ada Arziah.
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

terima kasih bu riri atas

ADA_ARZIAH's picture

terima kasih bu riri atas informasinya.
sangat membantu sekali =)

IPOT untuk Pelajar SMA

alexcb's picture

Salam Ibu Riri,

Ibu, anak saya SMA tertarik mau buka IPOT, berarti persyaratannya :
1. FC buku Tabungan Expressi BCA
E-Stat dari Internet banking saja yach bu, karena tabungan ini tidak ada
buku tabungannya.
2. NPWP orang tua
Karena belum punya
3. FC kartu pelajar & FC kartu Keluarga

pakah ini sudah memenuhi persyaratan bu ?
Mohon pencerahannya Bu Riri.

terima kasih dan sukses selalu.

Re : IPOT untuk Pelajar SMA

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Alex,

Untuk anak Bapak yang masih SMA, syarat yang harus dilampirkan untuk registrasi adalah :

1. FC halaman pertama buku tabungan atau FC E-statement yang terdapat nomer rekening dan nama pemegang rekening.
2. FC KTP orang tua yang bekerja
3. Jika NPWP tidak ada, ada surat pernyataan tidak memiliki NPWP yang kami siapkan pada saat registrasi dan dikirimkan melalui email.

Demikian persyaratannya Pak Alex.
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Terima kasih ibu Riri atas

alexcb's picture

Terima kasih ibu Riri atas konfirmasinya

salam

Re : Terima Kasih Kembali

riri.sulinantri's picture

Terima kasih kembali Pak Alex.
Selamat beraktivitas ya.

Training/pelatihan di ipot cabang medan

ray sinurat's picture

Dear bu riri,

Apakah di ipot cabang medan ada juga training/ pelatihan reksadana&saham juga seperti di ipot jakarta?
Bila ada, kapan saja diadakannya?

Sekalian add pin saya jg bu biar bs belajar perihal RD & nanya2 langsung bila ada masalah dg ipot. PIN saya 57523353

Terima kasih

Re : Training/Pelatihan IPOT Cab Medan

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Ray,

Di Cabang Medan ada pelatihan untuk aplikasi saham IPOT setiap Hari Jumat jam 17.00 Mohon sebelumnya konfirmasi dulu untuk didaftarkan.

Berikut ini alamat dan nomer telp IPOT Cab. Medan yang bisa dihubungi:
Gedung UniPlaza Lantai 3 West Tower
Jl. MT Haryono A-1
Medan 20231 - Indonesia
P: +62 (61) 455-0168
F: +62 (61) 455-2371

Untuk reksa dana, bisa langsung datang untuk bertanya bagaimana penggunaan tools dan fitur yang terdapat di IPOTFUND dari Hari Senin - Jumat jam 8.30 s/d 17.30.

Pin BB sudah di add ya Pak Ray.
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Sedang belajar,,

mb4j3ng's picture

Dear Ibu Riri,

Selamat siang Bu, saya juga sedang tahap belajar dalam investasi RD melalui IPOT. Mohon dapat di add pin saya : 7509DA12 , karena ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.

Misal berapa hari kah proses dari Order hingga Done, dan hal lainnya.

Dear Bapak/Ibu mb4j3ng, Sore,

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu mb4j3ng,

Sore, sudah Riri add pin BB nya.

Untuk informasi tamabahan berikut Riri lampirkan gambar alur proses transaksi IPOTFUND.

Berikut alur proses pembelian reksa dana IPOTFUND :

Berikut alur proses penjualan reksa dana IPOTFUND :

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Terima kasih sudah di add,

mb4j3ng's picture

Dear Ibu Riri,

Selamat sore Bu Riri,

Baik Bu terima kasih sudah di add.

Mohon maaf Bu untuk alur prosesnya tidak tampil.

Regards,

mbajeng

Re : Alur Proses Pembelian dan Penjualan

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Mbajeng,

Terima kasih kembali.
Mohon maaf formatnya tidak tampil. Riri coba kirim ulang yah.

alur pembelian IPOTFUND

alur penjualan IPOTFUND

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Sangat jelas Bu,,

mb4j3ng's picture

Dear Ibu Riri,

Terima kasih Bu Riri atas informasinya sangat jelas,,

Regards,

mbajeng

Re : Terima Kasih Kembali Ibu Mbajeng

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Mbajeng,

Terima kasih kembali.
Semoga informasinya bermanfaat ya Bu.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Beda entry NPWP dan tidak

Testing's picture

Dear Bu Riri,

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan :

1. Apa bedanya memasukkan nomor NPWP dan tidak? Apa nanti ada hubungannya dengan perhitungan pajak penghasilan?

2. Dimana saya bisa membaca "Agreement Letter" untuk mendaftar di IPOTFUND ?

3. Prosedur /langkah-langkah pendaftaran account IPOTFUND apa saja ya?

4. Jika saya liat di link berikut :
https://www.indopremier.com/ipotfund/listreksadana.php
Saya lihat ada beberapa produk yang "Not Available for Purchase", maksudnya apakah? Bisa dijelaskan sedikit mengapa ada produk yang available dan tidak?

5. Lalu kapankah saya bisa membeli produk yang "Not Available for Purchase" tersebut? misalkan "Panin Dana Maksima".

Terima Kasih,
Tess Inggrid

Re : Beda entri NPWP dan tidak

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Inggrid,

Menjawab pertanyaan Ibu,

1. Pada saat registrasi bila melampirkan dan tidak melampirkan NPWP, tidak mempengaruhi perhitungan pajak penghasilan.

2. Agreement letter pada saat registrasi di IPOTFUND ada pada halaman 3-7

3. Langkah-langkah pendaftaran account IPOTFUND adalah :
Terlebih dahulu masuk ke website www.indopremier.com kemudian pilih menu Open An Account - Member Registration – pilih rekening yang diinginkan:
1. IPOT Basic; Dapat digunakan untuk bertransaksi Reksadana, ETF dan Saham dengan limit trading 1:1 (artinya investor dapat bertransaksi saham sesuai dengan dana yang dimiliki)
2. IPOT Regular; Dapat digunakan untuk bertransaksi Reksadana dengan limit trading 1:1, dapat digunakan untuk bertransaksi Saham dan ETF dengan limit trading 1:3 (artinya investor dapat bertransaksi saham dengan limit 3x dana yang dimiliki)
3. IPOT Syariah; Dapat digunakan untuk bertransaksi Reksadana dan Saham Syariah dengan limit trading 1:1 (artinya investor dapat bertransaksi saham syariah sesuai dengan dana yang dimiliki)

Kemudian klik Register dan pilih metode pengisian data :

1. Manual Input : pengisian data dilakukan sendiri
2. Register By Phone : pengisian data melalui wawancara

Jika dilakukan melalui Manual Input akan ada 5 tahap yang harus dilengkapi :

1. Step 1 Data Profil, pada halaman ini pengisian informasi nasabah diharuskan untuk mengisi data hingga lengkap, lalu klik Next.
2. Step 2 Data Pekerjaan, pada halaman ini pengisian data pekerjaan.
3. Step 3 Data Tambahan, pada halaman ini berisi referensi bank dan keterbukaan informasi.
4. Step 4 Risk Profile Questionare, pada halaman ini akan dihadapkan dengan 6 pertanyaan yang berhubungan dengan profil toleransi risiko investor yang menjadi ketentuan yang diregulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
5. Step 5 Terms & Conditions, kondisi dan ketentuan yang berlaku lalu Finish.

Jika dilakukan melalui Register By Phone, Ibu cukup memasukkan data-data yaitu copy KTP yang harus di upload, nomor telepon, nomor telepon selular, email dan memilih tanggal serta waktu wawancara. Proses wawancara membutuhkan waktu kurang-lebih 15 menit.

Setelah melengkapi proses diatas maka Ibu akan menerima form pembukaan Account IPOT Basic/IPOT Regular/IPOT Syariah, form pembukaan Rekening Dana Investor (RDI) BCA dan form Risk Profile Questionnaire (RPQ) ke email pribadi Ibu. Kemudian form tersebut diprint lalu ditandatangani serta paraf pada bagian yang sudah ditentukan dan dikirimkan langsung ke kantor IPOT Pusat dengan alamat :

PT. Indo Premier Securities
Wisma GKBI 7/F Suite 718
Jl. Jend. Sudirman No.28
Jakarta 10210

Untuk kelengkapan dokumen dapat dilampirkan :
- Copy KTP
- Copy NPWP (jika ada)
- Copy halaman depan buku tabungan

Kami menyediakan layanan pick up dokumen jika Ibu berdomisili di wilayah DKI Jakarta dengan konfirmasi melalui email supportatindopremier [dot] com untuk pendaftaran.

Setelah dokumen kami terima akan diproses untuk pembuatan Account IPOT Basic/IPOT Regular/IPOT Syariah, Single Investor Identity (SID), Sub Rekening Efek (SRE), dan Rekening Dana Investor (RDI dari pihak Bank).
Jika Ibu telah menerima nomor RDI maka Ibu sudah dapat bertransaksi.

4. Beberapa produk yang ada di list reksa dana "Not Available For Purchase" artinya belum dapat diperjualbelikan melalui IPOTFUND dikarenakan IPOTFUND belum bekerja sama dengan produk reksa dana tersebut melalui Manajer Investasinya.
Jadi tidak semua produk reksa dana di Indonesia dijual di IPOTFUND.
Ada 113 produk reksa dana dari 26 Manajer Investasi yang sudah bekerja sama dengan IPOT.

5. Ibu dapat membeli produk "Not Available for Purchase" bila IPOT sudah bekerja sama dengan MI (Manajer Investasi) tersebut. Tentunya produk tersebut akan berubah menjadi "Available for Purchase" bila sudah bekerja sama.

Demikian penjelasannya Ibu Inggrid.
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Training Reksadana dan Saham

Testing's picture

Dear Bu Riri,

Terima Kasih atas penjelasannya. :)

Ada yang ingin saya tanyakan lagi, bu Riri.

1. Apakah IPOT menyediakan training untuk reksadana dan saham? Jika ada untuk tingkat apa saja (pemula, intermediate,dll)?
2. Bagaimana cara pendaftaran training serta biayanya ?
3. Apakah training dibuka untuk umum?

Terima Kasih,
Tess Inggrid

Re : Training Reksadana dan Saham

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Inggrid,

Berikut ini kami informasikan jadwal pelatihan yang diadakan di kantor pusat IPOT Wisma GKBI 7/F suite 718 Jl. Jend.sudirman no.28 Jakarta (tanpa ada dikenakan biaya) :

1.Pelatihan cara penggunaan IPOTFUND untuk transaksi reksadana dan analisa reksadana setiap hari Rabu pukul 17:30 wib.

Pelatihan mengenai penggunaan fitur-fitur Aplikasi IPOT (pemula), Fundamental dan Technical (intermediate) diadakan di kelas yang terpisah.

2.Pendaftaran bisa via call center 021 57931200 dan email ke supportatindopremier [dot] com.

3.Untuk kelas Aplikasi IPOT dan IPOTFUND terbuka untuk umum sedangkan kelas analisa Fundamental dan Technical khusus untuk nasabah IPOT.

Demikian penjelasannya Ibu Inggrid.
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.