Beli Reksadana secara Online

autogebet's picture

Mengingat banyaknya pertanyaan dari member (tidak hanya yang berdomisili di luar negeri) tentang "bagaimana cara beli reksadana secara online?", maka saya buatkan ringkasannya di artikel ini. Yang dimaksud "online" adalah melalui internet ya, bukan melalui ATM. Artikel ini pertama kali ditulis pada tahun 2010, dan pada saat itu agen penjual yang dapat melayani pembelian reksadana secara online hanya Bank Commonwealth. Namun sejak tahun 2014 ada pilihan agen penjual lain yang mengusung konsep "supermarket reksadana", yaitu IPOT Fund. Artikel ini memberikan gambaran seperti apa cara membeli reksadana di Bank Commonwealth dan IPOT Fund, serta seperti apa perbedaan diantara keduanya. Semoga dapat membantu member dalam memilih supermarket reksadana online.

A. Bank Commonwealth (CommBank)
[Artikel dibuat pada 4 Feb 2010]

Cukup membuka rekening di Bank Commonwealth, maka otomatis mendapatkan fasilitas internet banking. Setoran pertama saat pembukaan rekening cukup Rp. 500rb. Semua dana dalam rekening ini boleh dipakai seluruhnya untuk transaksi reksadana (yang penting tersisa sejumlah ketentuan saldo minimal rekening aja). semua transaksi subs/redemp akn didebet dari rekening.

Setoran minimal transaksi reksadana juga bervariasi tergantung dari produk yang dipilih. Selengkapnya produk apa saja yang bisa dibeli, berapa minimum subscription, minimum top up, berapa fee subscription, fee redemption, fee switching dapat dilihat di:
http://www.commbank.co.id/upublic/mod_home/default_content.aspx?code=feecharges

Proses pembukaan rekening memang masih diperlukan untuk datang langsung ke kantor bank. Sesudah membuat rekening (dan menyetor), langsung isi form untuk membuat account produk reksadana. Sesudah ini rekening akan terpotong sesuai dengan nominal initial subscription (boleh juga lebih, terserah kita) plus fee sesuai di tabel.

Untuk transaksi berikutnya, tidak perlu lagi main ke kantor bank, kecuali kalau kangen dengan mbak-mbak CS disana. Informasi yang paling hangat dari Bank Commonwealth Jogja (terakhir saya main kesana akhir Januari 2010): transaksi subscription berikutnya (melalui internet banking) akan diberikan diskon subs fee sebesar 50%. jadi misal subs fee di tabel 1,5%, maka hanya dikenakan 0,75%. monggo diricek.

B. IPOT Fund
[Artikel dibuat pada 4 Jun 2014]

Semenjak launching pada 16 April 2014, IPOT Fund langsung menjadi "trending topic" di PortalReksadana. Banyak member berbagi pengalaman dan kelebihan dari IPOT Fund, produk supermarket reksadana online dari Indo Premier Securities. Utamanya, ada dua hal pembeda dibanding CommBank:


  • IPOT Fund sama sekali tidak mengenakan fee subs/beli maupun redeem/jual. Ini bukan periode promosi, memang selamanya bebas fee subs dan redeem.
  • Minimal setoran awal (initial subscription) hanya Rp 100rb, sementara di CommBank masih Rp 500rb. Alhasil untuk mulai investasi menjadi sangat terjangkau.

Pilihan produk reksadana sangat banyak sekali. Saat ini (2 Oktober 2014) ada lebih dari 86 produk reksadana serta lebih dari 19 Manager Investasi, diantaranya saat ini:


  • PT Bahana TCW Investment Management
  • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT BNP Paribas Investment Partners
  • PT First State Investments Indonesia
  • PT Indo Premier Investment Management
  • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT RHB OSK Asset Management
  • PT Sinarmas Asset Management
  • PT Syailendra Capital
  • PT Trimegah Asset Management
  • PT CIMB Principal Asset Management
  • PT Pratama Capital Assets Management
  • PT Maybank GMT Aset Manajemen
  • PT AAA Assets Management
  • PT MNC Asset Management
  • PT Avrist Asset Management
  • PT PNM Investment Management
  • PT AXA Asset Management Indonesia
  • PT Ciptadana Asset Management

Daftar Manager Investasi yang lebih lengkap dan terkini (selalu diperbaharui) ada di artikel IPOT FUND, Supermarket ReksaDana Online.

Rencananya akan bergabung lebih banyak lagi Manager Investasi sehingga pilihan produk akan mencapai 100-an. Teknisnya kita cukup punya 1 account untuk semua reksadana, kita juga akan punya rekening efek atas nama kita sendiri (resmi terdaftar di KSEI). Dana untuk pembelian reksadana ditransfer ke rekening efek itu, terintegrasi ke aplikasi IPOT Fund, langsung bisa untuk belanja reksadana online. Kelebihan lainnya, belanja produk reksadana manapun tidak perlu mengisi formulir plus tanda tangan basah, semua dilakukan online, praktis sekali.

Cara pembukaan rekening IPOT Fund juga sederhana. Cukup dari website IPOT Fund klik "Open an Account" kemudian pilih "Saya adalah customer baru". Isian berikutnya agak panjang, tapi online dan mudah kok. IPOT Fund kemudian akan mengirimkan formulir PDF yang sudah terisi lengkap, tinggal ditandatangani diatas materai. Kelengkapan dokumen lain yg dibutuhkan hanya fotokopi/scan KTP, NPWP dan halaman pertama buku tabungan. Jika domisili di Jakarta, dokumen ini bisa dijemput oleh IPOT Fund. Jika tinggal di luar Jakarta, tetap harus dikirim via pos. Sekitar 3 hari account langsung aktif bisa untuk belanja online.

Saat saya open account datang langsung ke IPOT Fund di kantornya, saya mendapat tabel lengkap berisi perbandingan fee subs/redeem antara IPOT Fund dengan CommBank, Citibank, HSBC dan Bank Mandiri. Seluruh produk reksadana fee subs nya FREE, termasuk produk reksadana saham. Hanya sedikit produk saja yg mengenakan fee redeem (sesuai ketentuan dari MI nya). Padahal kalau di CommBank yang fee subs/redeem nya FREE hanya produk reksadana pasar uang.

Silakan klik disini untuk download file tabel perbandingan fee subs/redeem produk IPOT Fund (format DOCX, ukuran 27 KB).

Beberapa artikel lain yang relevan terkait ini adalah:

Sementara ini dulu, monggo barangkali rekan ada informasi terbaru lainnya, nanti saya update ke artikel ini.

Tetap Semangat!™

Comments

Pindah dari Commbank ke IPOT

anakpandai's picture

Dear teman2 yang baik hati, saya cari2 info tentang ini tapi belum ketemu juga. Saat mau daftar IPOT, ada pertanyaan: apakah bersedia untuk menutup RDI di bank lain? Nah, ini agak membingungkan, apakah CommInvest itu termaasuk RDI? karena account itu hanya listing RD yg kita punya, tapi tidak menampung uang untuk transaksi. Lalu kalau mau "pindah" investment account ini, apakah bisa kalau produk2 RD yg saya punya juga langsung ditransfer? atau harusnya dijual seluruhnya, tutup account dan buka baru/aktifkan account lain?

Maaf banget kalau pertanyaannya teknis dan nubie sekali :) mudah2an ada yang bisa bantu jawab.

Re : Pindah dari Commbank ke IPOTFUND

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Anakpandai,

Riri bantu jawab yah....
Apakah sebelumnya Bapak/Ibu pernah menjadi nasabah IPOT Saham? karena maksud dari pertanyaan yang diajukan yaitu "apakah bersedia untuk menutup RDI di bank lain" maksudnya adalah RDI selain BCA yang sebelumnya dimiliki oleh nasabah di IPOT Saham. Sedangkan di IPOTFUND (ReksaDana) saat ini hanya menggunakan RDI BCA saja.
RDI selain BCA yang dimaksud adalah : Mandiri, Permata dan CIMB Niaga.

Yang dimaksud RDI (Rekening Dana Investor) adalah Rekening Dana di Bank dibuka atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas digunakan untuk keperluan transaksi jual beli efek oleh investor.
Bank yang ditunjuk oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk memfasilitasi RDI (Rekening Dana Investor) salah satunya adalah BCA yang saat ini bekerjasama dengan IPOTFUND. Jadi Commbank bukan termasuk RDI, tetapi sebagai agen penjual.

Produk ReksaDana yang ada di Commbank tidak bisa langsung ditransfer ke IPOTFUND, tapi pencatatannya bia dijadikan satu dengan produk yang dibeli melalui IPOTFUND.

Demikian penjelasannya.
Terima kasih.
Have a nice day.

Salam,

facebook twitter Screenshot_1

Salam Kenal Pak, Terimakasih

Shangkay99's picture

Salam Kenal Pak,

Terimakasih atas update informasinya, pertanyaan saya, jika kemudian "the worst case" nya IPOTFUND mengalami collapse, bagaimana dengan reksadana yang kita beli ? apakah bisa di klaim ke securitas atau MI nya ya ? atau nanti LPS yang akan membayarkannya ?

Terima kasih

Investasi Reksadana di IPOTFUND Aman, Mudah, Murah, dan Cepat

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Shangkay99,

Riri coba bantu jawab yah,

Apabila IPOTFUND yang collapse (Riri yakin hal ini tidak akan terjadi), nasib Unit Penyertaan milik nasabah dan cara melakukan penjualan kembali Unit Penyertaan, dapat Riri sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1) Bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Pembayaran Utang, berlaku hal-hal sebagai berikut:
a. IPOT-FUND dimiliki dan dioperasikan oleh PT Indo Premier
Securities (Perusahaan Efek).Permohonan pernyataan pailit
Perusahaan Efek hanya dapat diajukan oleh Badan Pengawas Pasar
Modal (Pasal 2 ayat 4);

b. Putusan atas permohonan pernyataan pailit harus diucapkan dalam
sidang terbuka untuk umum (Pasal 8 ayat 7);

c. Selama putusan atas permohonan pernyataan pailit belum
diucapkan, Badan Pengawas Pasar Modal dapat mengajukan
permohonan kepada Pengadilan untuk menunjuk Kurator sementara
untuk mengawasi pengelolaan usaha Indo Premier Securities
(IPOT-FUND) (Pasal 10 ayat 1).

2) Bahwa berdasarkan Perjanjian Kerjasama Distribusi Reksa Dana antara IPOT-FUND dengan Manajer Investasi, Perjanjian akan otomatis berakhir apabila salah satu Pihak menjadi pailit atau dinyatakan pailit. Apabila Perjanjian Kerjasama Distribusi Reksa Dana berakhir karena Indo Premier Securities sebagai pemilik dan pengelola IPOT-FUND dinyatakan pailit, maka berlaku ketentuan berikut ini:

a. IPOT-FUND wajib mengumumkan kepada semua Pemegang Unit
Penyertaan bahwa IPOT-FUND tidak lagi menerima instruksi
pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana;

b. IPOT-FUND tetap berkewajiban untuk meneruskan instruksi
penjualan kembali (redemption) dari Pemegang Unit Penyertaan
kepada MI yang bersangkutan;

c. Manajer Investasi tetap berkewajiban untuk membeli kembali
Unit Penyertaan yang dijual oleh Pemegang Unit Penyertaan
sesuai dengan ketentuan dalam Prospektus dan KIK.

ReksaDana Bapak/Ibu Shangkay99 tercatat di Manajer Investasi dan Bank Kustodian, dan terpisah dari asset MI dan asset Bank Kustodian, jadi 100% aman

Sebagai informasi, IPOTFUND diluncurkan oleh IndoPremier Securities.
IndoPremier Securities telah memperoleh banyak penghargaan yaitu:

- 10 besar pialang Fixed Income teraktif di Bursa Efek.

- Perusahaan Sekuritas Terbaik dan Tokoh Finansial Terbaik dari
Majalah Investor pada tahun 2004.

- Perusahaan Sekuritas Terbaik (The Best Securities Company in
Indonesia for 2010)

- Tokoh Finansial Terbaik (The Best CEO of the Securities Industry)
dari Investor Publishing Group (Globe Media Group)

- Rangking 3 Underwritting tahun 2010

- Rangking 2 Underwritting tahun 2011

Semoga informasi ini bisa membuat Bapak/Ibu Shangkay99 lebih yakin lagi dalam berinvestasi ReksaDana terutama di IPOTFUND :)

Salam,

www.ipotfund.com
Supermarket ReksaDana Online

Follow up pendaftaran

dejong's picture

Dear Ibu Riri...

Perkenankanlah saya meminta info tentang proses registerasi yang sudah saya lakukan.

Saya sudah daftar lewat internet, ngeprint 3 blanko pada lampiran email, tandatangan di atas materai, melengkapi 3 berkas dan mengirimkanya ke IPOT di Jakarta.

Pada hari Jumat kemarin, saya ditelpon dari IPOT kalau berkas sudah diterima dan meminta scan/ foto KTP karna berkas yg saya kirim kurang jelas dan katanya akan segera diproses. scan KTP kemudian saya kirimkan.

Siang ini saya cek email ternyata belum ada email konfirmasi masuk dari IPOT.

sekedar info saja, saya berdomisili di Temanggung Jawa Tengah.
Atas info dari ibu sya ucapkan terimakasih..

Follow Up Pendaftaran

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Dejong,

Untuk memudahkan pengecekan dokumen, boleh info nama lengkapnya Pak/Bu?
Boleh diemail ke riri [dot] sulinantriatipc [dot] co [dot] id
Ditunggu email dari Bapak/Ibu, sehingga Riri bisa segera membantu memberikan informasi.

Terima kasih.

Salam,

www.ipotfund.com
Supermarket ReksaDana Online

Jaminan Investasi Reksadana

I Gede Suarnaya's picture

Hello bu Riri, met malam semuanya...

Numpang nimbrung yach,

- Klo dana SUDAH MASUK di RDI dalam bentuk UANG dijamin LPS oke lah ya

- Klo dana MASIH dalam bentuk UNIT penyertaan Reksadana yang belum sempat direalisasi penjualanya/belum cair ke RDI?? artinya gini bu, klo pd saat MI nya bubar ngga tanggungjawab trus produk RD nya likuidasi dan nasabah belum sempat merealisasikan penjualan, pada saat itu kan dana nasabah TIDAK masuk penjaminan LPS karena dana nasabah masih dlm bentuk UNIT penyertaan Reksadana? Makanya betul kan pernyataan sek KEN Aviliani, para pelaku pasar modal utamanya para MI, komunitas pasar modal dan regulator HARUS mendorong LPS agar menjamin dana nasabah yg diinvestasikan dalam bentuk UNIT penyertaan Reksadana (LPS menjamin simpanan nasabah bank yang berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu.)

- Bu Riri, sy sich ngga pernah mengkawatirkan Ipotfund nanti diskontinyu/bubar (mudah2an jangan yach) soalnya Ipotfund kan sbg mediator/perantara dr MI dg nasabaha ya? sy sudah mendapat bukti kepemilikan RD dlm bentuk Surat Konfirmasi Transaksi dr bank Kustodian. Paling klo sampai kejadian betulan MI bubar/produk RD nya likuidasi dan Ipotfund almarhum, nasabah yg berada di remote area spt sy ini mesti repot memakai cara tradisional melalui telp/fax/pos/mungkin terbang langsung ke cabang MI terdekat??mudah2an jng sampai kejadian di Indonesia.

- Memang dr awal sebelum membeli RD saham, sy sdh membaca berbagai resiko dan memprofilkan diri sy bu dg tujuan investasi sy yaitu jk panjang utk pensiun, tp ya KAGET juga membaca statement Aviliani yg menyatakan LPS belum menjamin dana yg diinvestasikan dlm bentuk Reksadana.

- bu Riri, BTW death cross yg ditayangkan indikator bursa di atas itu klo ditarik garis antar supportnya membentuk signal sideways yach? Apakah itu pertanda pasar menunggu NAIKnya pak Jokowi? Makanya sy mo top up lg jd ragu2 bu...sama ragunya dg kemungkinan pak Jokowi jadi atau engga he3...

Terima kasih sebelumnya para suhu

Jaminan Investasi ReksaDana

riri.sulinantri's picture

Dear Pak I Gede Suarnaya,

Riri coba jawab ya pertanyaan Pak Suarnaya,

- Apabila MI nya bubar, nasabah tidak perlu khawatir karena unit penyertaan Reksa Dana dicatat dan disimpan dalam rekening khusus oleh Bank Kustodian serta terpisah dari asset MI (Manajer Investasi) maupun dari asset Bank Kustodian.

Otoritas juga akan mencarikan MI lain yang bisa mengambil alih pengelolaan dana investor, jika tidak Otoritas akan memerintahkan MI untuk mengirimkan surat kepada investornya mengenai rencana penghentian kegiataan usahanya dan memberitahukan mengenai prosedur penjualan Reksa Dana secara rinci.

- Iya betul Pak Suarnaya, dalam hal ini IPOTFUND sebagai perantara, yang menjembatani antara nasabah dengan MI.

- Saat ini market memang sideway, menunggu pemilihan presiden :)
*tapi pertanyaan ini seharusnya bukan ditujukan ke Riri karena yang menayangkan indikator bursa bukan Riri lho.
Mungkin para suhu yang memposting bisa membantu.

Terima kasih.

Salam,

www.ipotfund.com
Supermarket ReksaDana Online

Terima kasih

Reksadana Produk Pasar Modal, Bukan Perbankan

I Gede Suarnaya's picture

Met malam bu Riri and semua...

Akhirnya terang juga setelah membaca "disclaimer" product card / brosur dr RD saham yg saya beli (setelah kaget baru cari-cari),

Reksadana adalah produk Pasar Modal...sehingga dlm pelaksanaannya tunduk dan mengacu sepenuhnya pd ketentuan/peraturan pasar modal (mudah2an melindungi nasabah, meski lum baca)

LPS adalah lembaga penjaminan produk Perbankan...sehingga ketentuan penjaminannya tidak berlaku bagi nasabah yg berinvestasi pd produk Pasar Modal contohnya Reksadana

Berkurang sudah keraguan yg kemarin setelah membaca artikel itu bu...

Trima kasih suhu...

Perlindungan Konsumen

riri.sulinantri's picture

Dear Pak Suarnaya,

Berbicara mengenai perlindungan konsumen, OJK telah menerbitkan aturan, Pak. Peraturan tersebut bernomor 01/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.
Di IPOTFUND, dana nasabah tersimpan di RDI BCA, dimana dana tersebut dijamin oleh LPS. Sedangkan unit penyertaan reksa dana tersimpan di Bank Kustodian.
Semoga setelah membaca ketentuan/peraturan pasarmodal, Pak Suarnaya tidak ragu lagi dalam berinvestasi di reksa dana.
Terima kasih Pak Suarnaya.

Salam,

www.ipotfund.com
Supermarket ReksaDana Online

ISIPF

naili's picture

berbeda dengan industri perbankan, industri pasar modal memiliki lembaga tersendiri dalam melindungi investor yakni ISIPF (Indonesia Securities Investor Protection Fund).. CMIIW..
Untuk selengkapnya bisa diakses http://www.indonesiasipf.co.id/

Recommended Links

I Gede Suarnaya's picture

Met malam semua...salam kenal Pak/Bu Naili

Nice and very important info pak/bu naili,

Klo boleh usul kpd admin portalreksadana, bgmn klo link tsb dijadikan sbg tautan di halaman muka portal reksadana sbg "Qiuck links" ?
Itung2 buat nambah wawasan dan pencerahan bagi para investor Reksadana di seluruh Indonesia

Terima kasih

Kompilasi Supermarket Reksadana

autogebet's picture

Mengingat beberapa member menanyakan ttg CommBank dan IPOT Fund, artikel ini sudah saya update sesuai postingan sharing/testimoni dari member pada saat launching IPOT Fund. Saat saya open account langsung ke IPOT Fund, saya juga dapat oleh2 tabel perbandingan fee subs/redeem antara IPOT Fund dan CommBank.

Semoga kompilasi ini bermanfaat utk memantapkan pilihan Supermarket Reksadana. Sekiranya ada info penting yg perlu saya update di artikel ini mohon tidak ragu posting disini.

Millenium Equity Marketing

IIN WAHYUDI's picture

Agan-Agan semua,
Bisa minta tolong yang punya kontak email marketing Millenium Danatama Indonesia,saya coba yg di web nya ga ada respon.
Terimakasih sebelumnya.

Staff MDI +6281219556329

firmanmalanuang's picture

Staff MDI +6281219556329

Terimakasih Om bantuannya..

IIN WAHYUDI's picture

Terimakasih Om bantuannya..

master2, bagus mana trimegah,

rezuzovka's picture

master2, bagus mana trimegah, danareksa, IPOT?
bni securities ini bisa reksadana dan jual ori / sukuk juga ga ya dalam 1 akun ?

Bagus IPOTFUND

noy nawari's picture

Ini baru nyoba IPOTFUND so far ga ribet, fee jual belinya gratis. Tiap transaksi jual beli gak perlu tandatangan lagi.

Bedanya dengan Trimegah dan Danareksa, IPOTFUND banyak pilihan produknya dan bnyk kerjasama dengan manajer investasi yg sudah punya nama : manulife, bnp paribas, syailendra, sinarmas, bahana, batavia, first state indonesia

reksadana online

rezuzovka's picture

trimegah asset management
danareksa online
indopremier investment
SAM
panin securities
mandiri investasi
bank HSBC
bank DBS
dan bank commonwealth

Beli Reksa Dana Agak Sulit?

b0tack's picture

saya sudah seminggu ini berkeliling bank mandiri syariah, bank mandiri, mandiri sekuritas, BNI Syariah, BCA untuk membeli RDS BNP Paribas Persona Syariah tapi tidak satupun dari bank tersebut diatas yang menjual RDS tersebut, adapun BCA menjual hanya untuk nasabah prioritas saja.

Pertanyaan saya, dimanakah saya bisa membeli produk BNP Paribas Pesona Syariah ?

Terima Kasih :)

Saya biasa beli RDS BNP

shah's picture

Saya biasa beli RDS BNP Paribas Pesona Syariah di BSM om. Agak repot emang untuk top up harus dateng lagi ke bank cabang yang sama, dan bukti konfirmasi pembelian juga tidak bisa dikirim ke rumah. Saya top up tiap bulan, jadi pas ke bank untuk top up bulan berikutnya sekalian saya ambil bukti konfirmasi untuk pembelian di bulan sebelumnya.

Mudah2an membantu,

Cheers

numpang nanya, kalo di Bank

windar's picture

numpang nanya, kalo di Bank Mandiri ada RD apa aja ya? Dari MI apa aja ya?

Beli di Commbank aja

Sandro10's picture

Bisa beli BNP Paribas Pesona Syariah di Commonwealth Bank koq. Kalau di BCA yg bisa beli reksadana emang nasabah prioritas aja.

kemaren bru dari C0mm0n Bank,

windar's picture

kemaren bru dari C0mm0n Bank, rencana mau buka rekening untk reksadana, tp gagal, kata cs nya ga bisa karna untk buka rekening bru harus ada no tlfn rumah yg bisa dhubungi..zaman skrang jarang kali ada tlfn rumah

RD di commbank

dvney's picture

Oya? Sy punya reksadana d commbank dr tahun n ga punya telp rumah bs kok..ato kalo ga kasi no fle*i aja :D

saya juga cuma pakai es*a :D

Fendry's picture

saya juga cuma pakai es*a :D

Masa sih

tianni's picture

Apa ada aturan baru yah, perasaan ane dah lama punya akun di commbank, dan ga punya telp rumah. Ato mgkn beri aja telp kantor...

tau tuh, sudah dbelain jauh2

windar's picture

tau tuh, sudah dbelain jauh2 ke c0mm bank, katanya sih peraturan baru dari BI harus punya tlfn rumah, iya pake flexi bisa, flexi jg ga punya.. Mungkin buka rekening kmaren dtolak karna mau setorx jumlah bnyak, takut m0ney loundring kali

Hanya Mau Bilang Terima Kasih

Edelweiss's picture

Selamat Tahun Baru 2013

Saya newbie di RD dan juga web ini. Hanya ingin bilang terima kasih banyak untuk rekan-rekan yang sudah sharing disini, terutama buat Mas Autogebet. God Bless you for sharing your knowledge.

Sekarang mau baca-baca dulu ahh

Terima kasih
Salam, Diella

Dear skyline.hermanto and all member

K1tty86's picture

Saya melakukan pembelian pada tanggal 26 Des 2012, pada pukul 11, dan harga NAB saya, harusnya kan tgl 26 ya, krn sebelum jam 12.00, tapi ttp digunakan harga NAB setelahnya, yaitu tanggal 27 Des.
untuk diketahi Saya beli via COmbank, dan MI saya BNP Paribas.
nah. saya tanyakan pada CS COmbank, memang benar, mau belinya jam berapapun, harga NAB ya hari setelahnya/ sore harinya.
adakah yg pake combank juga? please share, padahal klo kek gitu, kok jadi gmbling.

dear sis K1tty86

skyline.hermanto's picture

btw, saya juga pakai commbank, tapi saya pegangnya RD pasar uang di sana, dan saya pakai fitur autoinvest, sehingga tiap bulan akan top up sendiri secara otomatis... dan berhubung NAB RD pasar uang selalu rp. 1.000 setiap hari (sebelum 1 januari 2013), maka saya tidak terlalu memperhatikan NAB kapan yang dipakai...

klo seandainya aturan di commbank memang begitu, berarti secara tidak langsung investor yang dirugikan... karena NAB yg didapat bukan di hari penutupan bursa hari itu...

mungkin rekan member yg lain ada yang punya pengalaman? soalnya saya juga penasaran soal ini..

terima kasih..
:-)

NAB

edoedwin's picture

Coba jawab ya ( dikoreksi sama pakar2 klo salah)
1. Klo beli tgl 26, dengan waktu penutupan beli jam 13.00, NAB nya masih berjalan yg akan diketahui besok tgl 27 nya, atau klo mau cepet tau liat di bloomberg jam 8 an malem.
2. Klo meliat di daftar NAB tgl 26, itu merupakan NAB tgl 25 nya yg baru di list tgl 26 nya.
3. Klo belinya tgl 26 siang (setelah jam 13.00), maka akan diproses atau diikutkan NAB tgl 27 yg akan berjalan, dan hasil NAB nya baru di list tgl 28 nya.
4. Klo untuk PPN 10% dah dijawab ya, dgn pengertiannya, PPN 10% dikenakan dari sub fee, misal beli 100 ribu, dengan sub fee 1%, maka sub fee nya 1000, dari 1000 ini dikenakan PPN nya 10%, yaitu 100 rupiah, jadi yg kita bayarkan adalah 101100.
(CMIIW)

Kurang lebih begitu

DewAsmara's picture

NAB yang ada di koran dan sistem, itu NAB yang hari kemarin. NAB hari ini baru muncul paling cepat itu sekitar satu - dua jam sesudah penutupan bursa. Jadi kalau mau tau NAB hari ini ya tunggu berita di koran esoknya atau mantengin data online sore / malam harinya.

Cut off pembelian reksadana apakah ikut hari ini atau esok, itu tergantung jam pooling transfer bank yang bersangkutan, misalnya beberapa bank asing, membatasi hitungan sebelum jam 11 siang (LLG/SKN), ada yang ikut jam RTGS jam 12 siang. etc.

Makanya saya kalau beli selalu jam delapan / sembilan pagi, begitu pasar buka. redemption juga begitu, selalu sebelum jam 11an siang.

PPN 10%

K1tty86's picture

Saya beli RDS di Combank tgl 26 Des 2012 kemarin, beli RD 500.000 kena biaya PPN 10% dari biaya pembelian RD ya, jadi kira2, kena 8.250.
total yang harus dibayar 508.250 jadi bukan nilai unitnya, baru tahu klo di CIMB NIAGA kena 10% dari unit, rasanya itu terlalu besar ya, atw mereka menyalahi aturan, jadi bingung.

adakah yg tahu dimana artikel ttg RD yg beli di Combank, soalnya saya penasaran sekali, beli NAB hari ini dibawah jam 12, harusnya kena NAB kemarin ya, tpi yg dikenakan NAB dihari ini. penasran mw baca artikel dan coment2 pake member disini,. udah search belum ketemu.

terima kasih

memang NAB hari itu koq.. :-)

skyline.hermanto's picture

untuk NAB yang didapat saat top up RD, sebagian besar MI memang menetapkan bahwa untuk subscription (pembelian) sebelum jam 13:00 (CMIIW), akan menggunakan NAB pada saat penutupan bursa di hari tersebut, sedangkan untuk subscription setelah jam 13:00, akan menggunakan NAB hari berikutnya.

sebagai contoh, misalkan sis K1tty86 melakukan pembelian pada tanggal 26 Des 2012 jam 12:00, maka NAB yang sis dapat adalah NAB pada penutupan bursa hari itu (bukan NAB hari kemarin ya.. :-) ). nah untuk mengetahui berapa NAB pada saat penutupan bursa, biasanya baru bisa diketahui esok harinya, karena MI baru bisa menghitung NAB setelah bursa tutup. NAB tsb bisa dicek di website MI ybs atau website investasi lainnya.

FYI, ini adalah kutipan dari prospektus RDS keluaran salah satu MI asing:

"Formulir sehubungan dengan pemesanan pembelian Unit Penyertaan peserta bukti pembayaran yang telah lengkap dan diterima dengan baik serta disetujui oleh Manajer Investasi sampai dengan pukul 13.00 (tiga belas) Waktu Indonesia Barat dan pembayaran untuk pembelian tersebut diterima dengan baik (in good fund) oleh Bank Kustodian ada hari pembelian, akan diproses oleh Bank Kustodian berdasarkan Nilai Aktiva Bersih xxxxx pada akhir Hari Bursa tersebut."

soal PPN, klo mengacu pada Surat Edaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pajak Nomor SE 121 /PJ/2010, setiap biaya transaksi RD (pembelian, penjualan, dan pengalihan) akan dikenakan PPN 10%. jadi sepertinya memang sudah peraturannya seperti itu.

saya sendiri kurang memperhatikan hal ini. mungkin rekan member yang lain ada yang bisa menambahkan?

terima kasih

coba jawab ya

tianni's picture

Setahu saya sih PPN 10% dari biaya subs. Mis biaya subs Rp100.000, maka PPN nya Rp10.000, shg total biaya Rp110.000. Itu diluar total harga unit ya.

minta pencerahan

wantitut's picture

suhu RD yang baik hati saya mau investasi di RD tp index global msh diguncang sama yunani,yang ingin saya tanyakan disaat index sdg bearish ini investasi apakah yang cocok?? terima kasih

Reksa Dana Online MI lain

Ms. Angel's picture

hai sist dan bro, salam kenal..
penghuni baru di PortalReksadana a.k.a newbie ni.. :)

Mau sharing saja, belakangan ada MI lain selain Danareksa yang mengeluarkan Reksa Dana Online juga. Sebenarnya MI nya itu berawal dari Perusahaan Sekuritas yang sudah besar. Fasilitas yang diberikan sama seperti Reksa Dana Online milik Danareksa. Kemarin sudah coba untuk Registrasi. Asik juga ternyata..
Memang si produk yang ditawarkan tidak selengkap Danareksa, tapi produk-produknya saya rasa cukup unik-unik..

Sekian sharing dari penghuni baru, semoga membantu.. :)

boleh di share please nama MI

tabunganmei's picture

boleh di share please nama MI nya Ms. Angel

thanks in advance

Nama MI

Elisabeth's picture

Kira2 bisa nggak di share nama MInya mbak Angel ?

Nama MI lain yang bisa Online juga

Ms. Angel's picture

to @Elizabeth & @tabunganmei,

Bisa di cek di http://www.premierreksadanaonline.com/.. Ternyata setelah utak-utik webnya, banyak fasilitas yang bisa di dapat secara gratis.. Lumayan, ga perlu ada tambahan biaya lagi.. :D

Semoga bermanfaat untuk sist dan bro..

REGISTRASI DANA REKSA ONLINE, BENAR2 OL 1 HARI JADI

yuliantara's picture

Sekedar sharing; pembukaan rekening RD dapat dilayani oleh Danareksa Online benar-benar online tidak memerlukan datang langsung ke kantor/agen. Prosesnya sangat cepat 1 hari selesai, dengan syarat hanya copy KTP, NPWP dan isian formulir dari web yang dapat dikirimkan via email. Selanjutnya untuk proses transaksi kita mendapatkan virtual account bank Permata atas nama kita sendiri.
Proses registrasi awalnya dapat dilihat di sini: https://www.danareksaonline.com/RDOTRN/pendaftaran/registerCustomer.aspx
Kebetulan saya domisili di Saudi, seluruh proses di approve via email, meskipun seharusnya masih ada kewajiban untuk mengirimkan formulir asli via POS. Benar-benar memudahkan.

Danaresa Online

senoji's picture

Untuk pembukaan rekening RD melalui Danareksa Online ini hanya bisa membeli produk RD dari Danareksa saja ya? Mohon infonya donk bagi yang sudah memiliki rek Danareksa Online. Untuk saat ini saya biasanya membeli produk RD melalui fasilitas internet banking dari bank commonwealth.

Danareksa Online ada dua

yuliantara's picture

Danareksa Online ada dua jenis: Reksadana Online yang dikelola oleh Danareksa Invest Management; ini hanya bisa untuk membeli RD dari Danareksa. Tidak ada minimal deposit.
Yang kedua: Multi Investment Online yang dikelola oleh Danareksa Sekuritas; ini bisa untuk transaksi multi RD, saham, obligasi dll. Untuk pembukaan rkng minimal deposit Rp 5 jt.
Jangan keliru ketika masuk web danareksaonline.com, sebelah kiri untuk Multi Investment Online; sebelah kanan untuk Reksa Dana Online.

Reksadana Online

saving1983's picture

Sebenarnya ada juga produk reksadana Online yang dikelola oleh PT Danareksa yakni Danareksa Investasi Manajemen bahkan sekarang mereka telah mengeluarkan produk IMD (Investasiku Masa Depanku) yakni hanya Rp 200.000/bulan bisa membeli reksadana yang diinginkan...

Coba klik link ini :

http://www.danareksaonline.com/reksadana/MariBertransaksi/ProsedurPembuk...

Danareksaonline Tidak Dibebankan Biaya Pembelian

saving1983's picture

Danareksaonline juga tidak dipungut biaya pembelian dan pembayaran dapat dilakukan melalui jaringan ATM Bersama....

Keadaan pasar juga diberikan kepada kita setiap minggunya..sehingga kita dapat mengambil keputusan dalam berinvestasi...

Disamping itu laporan (Report) diberikan secara berkala yang dikirim melalui email nasabah masing-masing

Perlu diketahui pula bahwa PT Danareksa adalah BUMN, walaupun tidak masuk LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)akan tetapi rasa keamanan nasabah lebih terjamin....

Semoga Bermanfaat...

Itu marketing DIM bilang

lexy's picture

Itu marketing DIM bilang kalau mau buka rekening di DIM harus lewat Bank Permata?apa benar kah itu??

Itu marketing DIM bilang

lexy's picture

Itu marketing DIM bilang kalau mau buka rekening di DIM harus lewat Bank Permata?apa benar kah itu??

Kalau kita membuka rekening

yuliantara's picture

Kalau kita membuka rekening RD online akan mendapatkan Virtual Account Bank Permata secara otomatis, jadi tidak perlu membuka rekening Bank Permata sendiri.
Kalau kita membuka Multi Investment Online akan mendapatkan Virtual Account BCA (kalau tidak salah karena saya tidak jadi proses untuk MI Online tapi RD Online).

Suwun Bro' Yuly

lexy's picture

Tentang Danareksa online.berarti saya gak usah buka rek.di bank permata.mungkin salesnya yg gak paham pertanyaanku atau emank aku yg dudulz hehehe.
Kalau soal NPWP,Saya kan belum punya.soalnya saya masih single dan sudah lebih dari 8 tahun bekerja di luar negeri.sedangkan untuk application nya harus mencantumkan NPWP.?

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.