Analisa Sederhana Daya Tahan RD

EcoSyariah's picture

Latar Belakang

Berdasarkan data Bapepam LK (lihat Table Komposisi Produk Reksadana), jumlah produk RD Syariah jauh lebih kecil dari produk RD Non Syariah. Entahlah… mungkin karena lahirnya belum lama atau MI kurang agresif atau minat terhadap produk RD Syariah yang masih rendah (monggo bertanya pada diri masing-masing).

Tabel – Komposisi Produk Reksadana

 

Tapi kondisi di atas tidak membuat cinta ane pada RD Syariah luntur, bahkan gejolak bursa belakangan ini bikin ane penasaran untuk membuat analisa sederhana (mudah2an gak salah) dengan tujuan untuk mengetahui apakah RD Syariah tahan banting dalam kondisi bursa yang ajrut-ajrutan. Tadinya kolom Total NAV Analysis dan Maturity tidak ada, setelah baca postingan Memetakan RD oleh bro Dunkz ane pikir ada baiknya ditambahin.

Harapan

Mudah-mudahan analisa sederhana ini bisa melengkapi analisa yang sudah ada di Portal RD dan tentunya bermanfaat. Mohon masukan Bro n Sis agar analisa ini bisa lebih dipertajam lagi.

Hasil Analisa

Hasil analisa bisa dilihat pada Tabel Perbandingan #1 sd #4 di file Excel.

Catatan:

  1. Data yang disajikan berupa sampling aja dan tdk ada maksud promo dsb atau mendiskreditkan suatu produk.
  2. Untuk mempermudah analisis periode +/-3,5 bulanan, maka periode awal disamakan yaitu tgl 2 Jan 2008 (kecuali RD Mandiri Investa Atraktif Syariah, periode awalnya 28 Jan 08), dan periode akhir untuk semua produk adalah 11 April 2008.
  3. Untuk analisis dgn periode 1 tahun, hanya untuk RD yang umurnya sudah mencapai 1 tahun atau lebih, dengan periode awal 11 April 2007 dan periode akhir 11 April 2008.
  4. Umur RD dihitung dengan cara tanggal akhir periode analisis (11 April 2008) dikurangi tanggal tertua RD ybs pada table NAB dari sumber data, dibagi 30hari kemudian dibagi 12bulan.
  5. Sumber Data: http://www.bapepamlk.depkeu.go.id/reksadana/

Opini Personal

Silahkan dinilai sendiri, tapi kalau buat ane hasil analisis tersebut menggambarkan:

  1. RD Syariah ternyata tahan banting dalam gejolak bursa (Periode 3,5bulan)
  2. MI mana yang kompeten mengelola produknya
  3. RD mana yang memberikan return yang sesuai harapan
  4. Usia RD tidak selalu menjamin kinerja dan daya tahannya (lihat RD Trim Kapital, Danareksa Syariah Berimbang, Schroder Dana Mantap Plus, Samuel Dana Pasti, dll)

Buat ane Kriteria Reksadana Ideal adalah:

  1. Sesuai Syariah Islam (lebih menenteramkan dunia akherat) dan terbukti tahan banting,
  2. NAB/UP kalau bisa yang naik terus (return positif), boleh turun tp dikiiit aja… hehe..
  3. Total NAB relatif stabil bahkan terus naik (indikasi kapabilitas MI dan kepercayaan investor pada produknya),
  4. Memiliki Daya Tahan yang baik dalam berselancar di gelombang bursa (Kapabilitas MI dalam mengelola portofolio),
  5. Fee murah (potential high gain),
  6. MI handal dgn prosedur mudah, CS-nya mengerti betul ttg RD dan servicenya baik, ada online transaction, dan syarat minimal untuk bisa invest relatif kecil (terjangkau semua kalangan),
  7. Maka kalau ke 6 kriteria di atas dah terpenuhi, mau syarat apa lagi ?

Kesimpulan

Menurut ane berikut ini beberapa alasan kenapa memilih RD Syariah:

  1. Produk RD Syariah sudah diseleksi dengan ketat sesuai dengan Ketentuan-ketentuan Syariah Islam.
  2. Sebagai muslim tentu (wajib) lebih mengutamakan produk yang sesuai syariah Islam.
  3. Lebih menenteramkan karena bebas BUNGA yang HARAM (ada proses cleansing).
  4. Return/keuntungan yang di dapat tidak hanya di dunia tapi juga akherat.
  5. Tahan banting terhadap gejolak bursa (lihat lagi table analisis).
  6. Silahkan ditambahin…

Disamping itu, salah satu keuntungan memilih RD Syariah karena ada ketentuan DER (Debt to Equity Ratio) yang max 82% (45% Hutang 55%Modal), sehingga secara FA perusahaan2 yang masuk dalam portofolio RS Syariah dah oke, apalagi kalau DERnya < 82%. Artinya perusahaan tsb modalnya sangat kuat dan gak perlu ngutang…

Pertanyaan Tersisa

1. KONTRADIKTIF

a. Indikasi apa jika disatu sisi NAB/UP turun tapi disisi lain Total NAB nya meningkat (eg: PNM Ekuitas Syariah, dll), atau bisa dikatakan performa jelek tapi kepercayaan investor meningkat? Apakah RD dengan performance spt ini layak dipegang?

b. Kebalikan dari nomor 1.a., NAB/UP naik tapi Total NAB nya turun (eg: Mega Dana Obligasi Syariah,dll). Apakah RD dengan performance spt ini layak dipegang?

c.Ada RD yang sudah berumur tapi Total NAB nya relatif kecil. Sebaliknya ada RD yang masih muda tapi Total NAB nya relatif besar, koq bisa ya?

2. SEJALAN

a. NAB/UP naik, Total NAB naik (eg: BNI Dana Syariah, Batasa Syariah)

b. NAB/UP turun, Total NAB turun (eg: Danareksa Syariah Berimbang, dll)

c. Mengapa ini bisa terjadi dan kenapa bisa berbeda dengan nomor 1?

3. Beberapa RD mengalami kenaikan dan penurunan Total NAB secara fantastis (diatas 500% bahkan ribuan persen), mengapa hal ini bisa terjadi, apakah kenaikan Total NAB fantastis karena RD tsb popular/dipercaya, apakah penurunan Total NAB fantastis karena RD tsb sudah tua dan mau dilikuidasi (bisa ya?), atau ada penyebab lain?

4. Bagaimana investor mengantisipasi kejadian nomor 3 di atas, dan apa yang harus dilakukan?

Semoga bermanfaat dan ditunggu masukan dan koreksinya.

I LOVE RD SYARIAH FOREVER
Syiar Syariah dengan RD Syariah

Comments

MI untuk RDS Syariah

nadnis's picture

Salam semuanyaa :)
Saya nubie disini, sangat tertarik untuk invest RD Saham Syariah untuk keperluan jangka panjang (diatas 15 thn, salah 1 nya utk beli rumah idamaaan dan dana pensiun, huehe). Umur skarang 23 thn, single, dana darurat udah terkumpul kira2 untuk setahun hidup, LM jg ada sedikittt bgt, hehhe jd ini yg diinvest betul2 dana nganggur walaupun sedikit2 dan akan pake sistem DCA tiap bulan :)
Setelah cari2 info, baca prospektus, fund fact sheet dll jd ada bbrp pilihan:
1. BNP Paribas Pesona Amanah (Launch Mei 2007, % 1thn: 20.66%, 3thn: 42.53%)
2. Cipta Syariah Equity (Launch April 2008,% 1thn: 22.24%, 3thn 29.08%)

Bagaimana pendapat para master dan suhu RD disini? :D Ada saran lain? Walaupun performa RD Syariah ga secemerlang RD konvensional ga apa deh hehee
Mohon Pencerahannya yaa :)) Terimakasih..

Nanya tentang RD Indeks Syariah

dwiay's picture

Salam semua, saya baru coba berinvestasi di RD indeks DINAR, rencana RD ini buat tujuan jangka panjang minimal 10 tahun, misal tiap bulan saya pakai DCA saja (kadang campuran juga kalau centang hijau akan saya top up lebih) prediksi saya dalam kurun waktu jangka panjang besar kemungkinan trennya indeks yg jadi patokannya akan bisa naik dari sekarang, apa ada saran lain?

RD syariah campuran

dini828's picture

saya newbie di RD,baru punya dua PNM ES sama MITRAS..pgn punya yg campuran tp yg syariah jg..ada datanya ga yg performa nya bagus yg mana?

saya lg consider danareksa syariah berimbang, PNM syariah sama Mitra syariah berimbang...

koq enggak RDPT aja

war_no's picture

menurut saya yang nubie ini, kalo udah punya RDS syariah, mending satunya RDPT Syariah, jadi sebagai tempat pengimbang dalam rangka Aset alocation yang disarankan oleh suhu-suhu disini.
di PNM RDPTnya ada PNM amanah syariah, yang lainnya bisa dicari di portal ini di "Reksadana Syariah"
Correct me if i'm wrong.

saya mau

mine_hudson's picture

saya mau menanggapi komentar bro Ecosyariah: tentang RD Syariah "Tahan banting terhadap gejolak bursa" (eh pertanyaan denk ujung2nya hehe..). Mungkin hal ini disebabkan oleh saham2 yang masuk kategori "syariah" memang hanya sedikit terpengaruh dengan kondisi bursa saat ini. Tapi bagaimana apabila kondisi bursa sedang bullish, apakah return yang dihasilkan oleh RD Syariah lebih tinggi dari pada RD konvensional?? Kalau dilihat dari kasus sebelum bursa bearish bukankah RD Syariah kalah performance dengan RD yang lain. Mungkin kesimpulan yang bisa diambil adalah saham2 yang masuk kategori "syariah" tidak terlalu volatile (bener ga ya pemakaian istilahnya, CMIIW).

Beli PNM ES

barkah's picture

Saya mau numpang nanya, kalau mau membeli reksadana PNM ES dimanaya selain di Bank Comenwealth.

Soalnya saya mau membeli reksadana tersebut dan saat ini hanya memiliki MITRAS. Saya tanya di Mandiri, dia tidak menjual produk tersebut.

Setuju banget bout analisis RD syariah

amarch's picture

Saya sangat setuju dengan analisa sederhana dari sodara EcoSYariah, sebab saya juga mengamati secara sederhana baik dari segi return harian, mingguan, maupun bulanan (maklum saya baru belajar reksdana kurang dari 6 bulan).

Dan hasil analisa saya juga memberikan kesimpulan yg hampir sama,secara statistik (maaf blum bisa menampilkan data actualnya disini) ternyata RD Syariah memang lebih tahan banting ketika pasar dalam keadaan turun tapi menjadi bisa lebih agresif naik ketika pasar dalam kondisi naek..

Dalam catatan saya, RD syariah mampu meminimumkan penurunan menjadi skitar 60-70% dibandingkan RD biasa maupun IHSG. tapi soal kenaikan bisa berkisar 90-130% dibandingkn RD biasa....

Catatan:

Hanya saja untuk RD syariah saya masih sedikit skali menemukan RD yg fee nya relatif kecil, PNM ES memang memliki return yg relatif besar bahkan untuk kondisi pasar yg sedang tidak stabil sperti ini,tapi dari segi fee PNM ES mempunyai fee yg relatif besar juga..Apakah sodara/teman2 ada yg tw detail&daftar fee untuk RD syariah..

Untuk saat ini Mitra Syariah cukup baik soal return dan minimum dalam fee (krn lagi promosi B.Mandiri yg subscript&redempt fee cm 0.5%)

Untuk analisa diatas semua berdasarkan data RD saham saja,,tidak temasuk RD campuran.

Sekian tanggapan dari saya,,kalo ada yg salah mohon di koreksi...

 

Bravo Reksadana Syariah,,,,Semoga berkah dunia & akhirat,,,

-a.marhadi

Penghitungan dengan Sharpe ratio ( 1 )

pramita's picture

Maaf sebelumnya comment saya ini tidak terlalu berkaitan dengan posting diatas. Saya lagi ngumpuln bahan untuk skripsi, membandingkan antara keuntungan inves di reksadana dengan deposito di Bank. Saya lihat di situs ini menyajikan cara mengukur kinerja reksa dana dengan Sharpe Ratio. Pertanyaan saya :

a. Rumus Indeks Sharpe Ratio yang saya tahu : 

Tingkat pengembalian portofolio - Tingkat bunga bebas risiko

Risiko

darimana kita bisa mengetahui nilai tingkat bunga bebas resiko, nilai risiko ?

b. Yang dimaksud dengan Tingkat pengembalian portofolio itu apakah rata - rata tingkat pengembalian dalam kurun waktu tertentu ( bulanan atau tahunan ) dan berapa lama periode penghitungan yang umum digunakan ( apakah bulanan, 3 bulanan, 6 bulanaan, tahunan ) ?

Bagi rekan - rekan yang bisa memmberikan informasi atau penjelasan atas pertanyyaan tersebut saya ucapkan terima kasih banyak, karena informasi ini benar - benar saya perlukan.

mbak paramitha

andree's picture

kalo masalah itu saya bisa coba bantu. Kirim email aja ke saya a_dwi_h2003atyahoo [dot] com kita coba diskusi. terbuka untuk siapa aja yang mau diskusi itung2an kinerja, portofolio optimal buat diskusi akademis.

Reksadana Syariah

kosegu's picture

Ane setuju dengan konsep yang diberikan oleh anda bro EcoSyariah,

RD Syariah lebih menentramkan dunia dan akherat. Kenapa demikian? Ya karena portfolio-portfolio reksadana syariah diambil dari Daftar Efek Syariah, dimana DES ini diseleksi oleh tim ahli yang dapat dipercaya dengan melalui 2 proses screening yang ketat sehingga akan dihasilkan portfolio-portfolio yang kuat secara fundamental. Sehingga dapat bertahan dengan kondisi bursa yang buruk dan terus meroket ketika kondisi bursa sedang bagus.

DES ini diseleksi melalui dua tahapan yaitu :

1. Core Business

Kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah seperti :

> perjudian dan permainan yang tergolong judi atau perdagangan yang dilarang

> menyelenggarakan jasa keuangan yang menerapkan konsep ribawi, jual beli resiko yang mengandung gharar dan atau maisir

> Memproduksi, mendistribusikan, memperdagangkan atau menyediakan :

>>barang dan atau jasa yang haram karena zatnya (haram li-dzatihi)

>>barang atau jasa yang haram bukan karena zatnya (haram li-ghairihi)

>>barang atau jasa yang merusak moral dan bersifat mudharat

 

2. Rasio Keuangan

> Total utang yang berbasis bunga dibandingkan dengan total ekuitas tidak lebih dari 82%

> Utang berbasis bunga dibandingkan dengan total ekuitas tidak lebih dari 45% : 55%

> Total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan tidak lebih dari 10%

Setuju dengan bro EcoSyariah

harsudionoyogi's picture

Kebetulan saya sempat membuat grafik return reksadana selama 7 bulan terakhir dan diantara sembilan reksadana yang saya bandingkan, PNM Ekuitas Syariah memiliki return yang paling tinggi dibandingkan dengan reksadana yang lain (Phinisi Dana Saham, Manulife Dana Saham, Trim Kapital, Mandiri Investa Atraktif, Bahana Dana Prima, Schroder Dana Prestasi Plus, Fortis Ekuitas dan Makinta Mantap).

Relative Performance

Kalau ditelaah lebih jauh lagi, akibat kondisi dari pasar saham di seluruh dunia yang secara umum memburuk, pasar reksadana saham di Indonesia juga terkena imbas yang parah. Trim Kapital yang dulu merupakan salah satu reksadana saham unggulan, sekarang menempati posisi yang terendah (dari sisi return) dibandingkan reksadana pesaing2nya.

 

Maaf ya Bro EcoSyariah, nimbrung upload gambar jadi makan tempat nih. Hehehe.

 

salam..meski telat boleh

DEWI SARTIKA's picture

salam..meski telat boleh nimbrung yak? Reksa Dana PNM syariah dengan Manajer Investasi PNM-IM, Tbk yang saya ikuti -meski dalam nominal yang tak seberapa- pernah mengalami penurunan NAB saat dunia finansial diguncang krisis beberapa waktu yang lalu..meski tetap tak ter lalu signifikan dibanding pesaingnya..boleh teruji sistem syariah dalam ekonomi (dalam dunia perbankan juga saat krisis 1997) jika teraplikasikan dengan sempurna -pelan walau pasti- membantu menyangga perekonomian menjadi lebih baik..Hope the Best..

Salam 

Syiar Syariah dengan Investasi Syariah

gambarnya hilang

harsudionoyogi's picture

Maaf gambarnya hilang,,alias gak bisa di upload,,suhu gebet dan yang lain mohon bantuannya dong,tapi jika emang gak bisa di upload yowes lah,,kalau mau gambarnya tinggal contact aja ke harsudionoyogiatyahoo [dot] com. Tks

 yogi_newest-bie

pastikan set "Full HTML"

autogebet's picture

rekans sekalian, jika ingin menampilkan gambar atau menyisipkan link, pastikan set input format sebagai "Full HTML".

utk bro yogi, gambarnya sudah tampil :)

divergensi NAB dengan NAB/unit

dunkz's picture

Kalau NAB/unit turun walaupun NAB naik, artinya subscription lebih besar daripada redemption dan efek dari net subscription kepada NAB ini lebih besar daripada efek penurunan asetnya.

Ada 2 kemungkinan:

  1. Investor melihat prospek ke depan bagus dan melihat bahwa penurunan NAB/unit sebagai peluang.
  2. Investor sangat berminat akan tetapi fund manager kurang mampu untuk mengalokasikan dana yang membanjir masuk.

Tanya soal reksadana syariah

maserik's picture

Selamat sore bpk2/ibu2...

saya adalah beginner buat reksadana gini, baru ikutan nyoba sekitar sebulan lalu. Lagi pengen investasi dan kayanya reksadana patut untuk dicoba karna bisa dengan modal alakadarnya...hehe

Saat ini saya punya beberapa produk reksadana, semuanya reksadana syariah...kata mas Eco bener, nentremin hati dunia akhirat...Nah, saya pengen nanya :

- Sbgai pemain baru, saya pengen tau lebih banyak soal reksadana syariah, ada yg bisa bantu..? web atau forum..?

- Produk reksadana syariah jumlahnya kan tidak terlalu banyak, bagaimana memilih yg tepat dan apa saja factornya..?

- Pertnyaan penting : Apakah lebih baik bila kita beli reksadana yang baru aja diluncurkan atau beli reksanada yg sudah matang "mature"..?? Apa saja faktor pertimbangannya..??

 Makasih banyak atas informasinya dan ditunggu jawabannya dari pakar2 reksadana...

 mohon bantuannya..^^

 

 

RE: Tanya Soal RD Syariah

Anonymous's picture

Sama mas, ane juga baru di dunia RD, saran ane gak usah kemana-mana, di sini juga dibahas koq RD Syariah, bisa dilihat di bawah di Kategori Artikel. Kalo Ekonomi Syariah bisa liat di www.pkes.org

Di portal ini, banyak bahasan tentang cara memilih produk RD, silahkan ditelusuri dengan baik, termasuk RD yg baru mbrojol dengan yg udah kakek nenek. Singkatnya, gak direkomen beli RD yg baru karena belum teruji (kecuali sanggup dengan resikonya… ya monggo), dan untuk yg mature periksa lagi performanya dan bandingkan dengan RD Syariah sejenis.

tertarik RD syariah gimana

The_nhie's picture

Jadi tertarik nih liat perkembangan di gambar di atas...sama masih awam juga, lagi mau coba diversifikasi investasi, biasanya cuma tau deposito aja..

kayanya oke juga ya kalau coba2 reksadana apalagi udah ada reksadana syariah, cuma ya itu harus mulai darimana ya, tips & trik cara liat yg bagus gimana, belinya dimana...apa harus lewat MI atau bisa langsung ke banknya

Maaf blum terlalu dalam browsing di portal ini...

makasih ya untuk yang bisa ngasih penjelasan

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.