Investasi Saham Anti-Mainstream dengan metode gebetSaham

autogebet's picture

PortalReksadana kok ngomongin saham? Tenang, ini masih sangat berkaitan. Kita yang sudah lama investasi di reksadana, bisa jadi kita termasuk yang merasa "begitu-begitu aja". Metode evaluasi kinerja reksadana memang relatif sederhana, tidak rumit, tinggal kita lakukan dengan konsisten. Sebagian dari kita yang suka high risk, atau secara usia masih memungkinkan berinvestasi high risk, seringkali tergerak ingin merasakan imbal hasil (return) lebih tinggi dengan investasi langsung di saham. Sudah mencoba? Bagaimana hasilnya? Lebih sering untung atau "nyangkut"? ^_^

Pengalaman saya pribadi di investasi saham, saya tidak bisa konsisten dapat untung tinggi, termasuk sering "nyangkut" juga. Saya merasa lebih cocok dengan metode value investing, ingin seperti Lo Kheng Hong yang legendaris itu, tapi tidak bisa disiplin melakukan analisa fundamental, yaa lelah juga harus hitung-hitung fair value apalagi sumber data laporan keuangan masih manual. Sampai disini, mayoritas kita menjadi tidak lagi terlalu berminat di saham, membiarkan entah sampai kapan portfolio saham bisa menghijau lagi.

Selama ini di dunia saham, ada satu hal yang sangat-sangat mengusik pikiran saya. Kenapa ya setiap kali kita mau beli saham, kok selalu ada yang jualan. Demikian sebaliknya, kenapa ya saat kita mau jual saham, kok selalu ada yang membeli. Ketika ada berita bagus tentang suatu saham, tercipta eforia yang menjadikan banyak investor berbondong-bondong ikutan beli sehingga terjadi rally harga naik dan semakin naik tinggi. Saya wondering, siapa ya yang saat itu kok malah jualan? Kenapa kok tidak semuanya beli dan beli? Ketika ada berita jelek, tercipta ketakutan dan kecemasan yang menjadikan banyak investor berbondong-bondong menjual sehingga harga jatuh dan semakin jatuh. Siapa ya mereka itu kok tidak ikut dalam kecemasan? Kemudian, apa yang selalu terjadi saat kita masuk di harga sudah tinggi? Yes, seringnya kemudian di hari berikutnya terjadi koreksi harga, harga turun bahkan bisa jatuh, itulah terjadi "nyangkut", kita sudah beli di harga tinggi, kemudian lamaaa sekali kita harus menunggu harga kembali naik.

Saat itulah saya mulai mencoba berpikir secara terbalik, mencoba melihat secara anti-mainstream. Saat dihembuskan sentimen/berita bagus, para investor mainstream akan ikut dalam eforia beli dan beli. Di sisi lain, pasti ada pihak lain yang saat itu malah jualan, mereka ini sudah punya tumpukan saham untuk dijual sehingga bisa merealisasikan keuntungan. Kok bisa? Pastinya mereka ini sudah melakukan akumulasi beli saham sejak jauh-jauh hari, mereka ini somehow sudah tahu kalau suatu hari kelak bisa mendapat untung dari tumpukan saham ini. Atau, setidaknya mereka bisa "mengkondisikan" agar tumpukan saham ini bisa laku dijual. Mereka inilah para investor anti-mainstream, mereka yang melihat kecemasan dan ketakutan malah sebagai suatu opportunity untuk melakukan akumulasi saham, dan pada akhirnya mereka yang anti-mainstream inilah yang mendapatkan keuntungan paling besar. Sementara kita kaum investor retail yang mayoritas penganut mainstream lebih sering menjadi korban "nyangkut".

Itulah sekapur sirih yang kemudian memicu lahirnya gebetSaham, sebuah metode sekaligus alat bantu untuk "membaca" secara anti-mainstream apa yang sebenarnya terjadi terhadap suatu saham. Metode ini ditujukan bagi para investor reksadana saham, mereka yang masih newbie dalam dunia saham, tidak mempersyaratkan harus menguasai technical analysis bahkan tidak perlu juga fundamental analysis, tapi tentu sah-sah saja jika ingin dikombinasikan. Tetaplah diingat bahwa ini metode anti-mainstream, apa kata candlestick akan dibaca secara terbalik oleh para anti-mainstream. Metode ini ditujukan bagi kita yang sibuk (dan "malas" seperti saya) dimana analisa saham hanya dilakukan di waktu senggang yang terbatas. Metode ini menjadikan kita bisa mengikuti mereka para investor anti-mainstream, dimana mereka ini memiliki keahlian yang jauh lebih baik dari kita dalam hal analisa ekonomi, bisnis, pemodelan dan penerawangan kinerja finansial masa depan.

Inisiatif untuk memulai metode ini sudah dimulai sejak lebaran tahun 2017. Saya pribadi sudah mencoba metode ini untuk actual investasi di saham sejak Maret 2018. Saya tidak akan sesumbar mengklaim 100% UNTUNG. Faktanya, memang cukup sering bisa dapat untung (realized profit) diatas 5-10% dalam durasi 10-30 hari, lebih kurang setara dengan untung 3,7% dalam sebulan. Seorang kawan day trader saham yang sehari-harinya trading for living juga sudah mencoba metode ini dan mengakui mendapatkan konsistensi keuntungan 5-10% per bulan. Fakta lainnya, dengan metode ini saya juga mengalami "nyangkut", bahkan sampai minus puluhan persen. Justru menjadi pengalaman pembelajaran yang berharga sebagai hasil uji coba empiris atas sebuah metode baru, dapat menjadi konfirmasi seberapa metode ini valid.

Postingan ini ditujukan untuk menggugah kita berinvestasi ke saham, agar kita tidak lagi takut atau ragu berinvestasi saham. Bersama ini saya ingin mengundang member PortalReksadana untuk turut serta menguji bersama, melakukan validasi atas metode ini. Syaratnya: sudah familiar di reksadana saham, tidak ada batasan usia, masih awam di dunia saham (sudah menguasai ilmu candlesticks atau fundamental pun boleh), serta bersedia sharing posting pengalaman sesudah mencoba metode ini sedikitnya 1 bulan. Semakin beragam member yang berkenan turut serta mencoba, akan semakin memperkaya dan mempertajam teknik investasi saham dengan tools ini.

Bagi yang berminat dapat posting comment disini, nanti akan saya aktifkan akunnya satu per satu, beserta link untuk join group Telegram sebagai sarana kita untuk belajar bareng. Member yang bergabung akan mendapatkan fasilitas-fasilitas ini:
1. Grafik setiap saham yang memberikan insight apakah sedang terjadi akumulasi (saatnya ikut membeli) atau distribusi (sebaiknya kita hindari). Seperti apa transaksi yang sedang terjadi scr realtime (intraday) juga terpantau.

2. Dashboard untuk memantau semua pergerakan saham secara sekaligus.

3. Bagi yang ingin merasakan mendapat untung puluhan persen dalam sehari, disediakan fasilitas notifikasi melalui Telegram jika terjadi anomali lonjakan transaksi (spike) pada saham yang kita miliki.

Dan nantinya masih banyak lagi, begitu banyak ide yang masih akan dikembangkan kedepannya.

Sedikit memberikan gambaran teknis teknologi, sistem gebetSaham terhubung dengan live transaksi realtime yang terjadi di bursa, sama seperti kalau kita melihat layar running trade di aplikasi online trading. Apa yang terjadi di balik layar ada para agents yang bertugas mendampingi masing-masing saham. Satu agent untuk satu saham. Agent ini bertugas memantau secara realtime apabila terjadi anomali transaksi, atau ketika terjadi perubahan pola transaksi saham. Saat ini para agent sudah diajarkan untuk mendeteksi anomali transaksi, nantinya akan semakin banyak yang bisa dikreasikan untuk diajarkan kepada para agent.

Silakan dapat memanfaatkan early opportunity ini. Undangan ini terbatas, mohon dapat dimaklumi jika nantinya stop dulu pendaftaran, karena sumber daya komputasi masih terbatas, masih ditanggung saya pribadi. Karena keterbatasan komputasi, mohon dapat dimaklumi baru bisa ada 14 agents yang siap bertugas. Mohon dapat dimaklumi juga jika tampilan web nya masih seadanya. Semoga yang sedikit ini sudah bisa memberikan insight memandu kita dalam berinvestasi saham.

Terima kasih atas perkenannya membaca tulisan yang panjang sekali ini. Tetap SEMANGAT!

Comments

Ikut...

echi_oktari's picture

Saya baru mau belajar, boleh ikutan pak...

bos ikutan dong

the net punch's picture

Saya lagi bingung trus googling2 kenapa panin dana maksima bisa loyo perfromanya dan kok turun AUM nya jadi tinggal 2T... eh ketemu gebetsaham... hehehe
bos ikutan dong...

@the net punch: welcome to the club!

autogebet's picture

bro the net punch, apakabar broo... syukurlah Google kembali mempertemukan kita ^_^

pas banget ini, mendadak market merah pagi ini, kondisi seperti inilah awal mula lahir gebetSaham. silakan dicek imel ya bro, segera dicoba yaa, kita lanjut diskusinya di Telegram :)

ikutan juga Oom

nidibi's picture

Ooom autogebet, mohon ikutan juga ya

@nidibi: done. pas momentumnya nih market sedang drop

autogebet's picture

bro @nidibi, welcome to the club ya. pas momentumnya nih market sedang drop kmrn. cermati bgmn perilaku pelaku pasar di grafik gebetSaham yaa

Suku bunga

gomes's picture

BI menaikkan suku bunga apakah centang merah akan muncul yaa....nunggu pencerahaannya suhu

IHSG dan BI Rate

autogebet's picture

bro gomes, kita memang harus lebih cermat waspada pada hari2 ini, kondisi ekonomi domestik maupun global belum kondusif. Kenaikan suku bunga memang bisa berdampak kepada bursa. Saya jadi penasaran seperti apa dampak kenaikan BI Rate terhadap bursa secara historis. Saya sudah buat kompilasi data IHSG dan BI Rate, hasilnya nampak seperti grafik berikut ini.

Kenaikan BI Rate yang cukup tinggi terjadi pada periode Juli-Desember 2005, naik dari 8,5% menjadi 12,75%. IHSG turun -1,6% (dari 1.182 menjadi 1.163).

Kenaikan BI Rate berikutnya pada periode Februari-November 2008, naik dari 8% menjadi 9,5%. IHSG turun -54% (dari 2.722 menjadi 1.242).

Kenaikan BI Rate berikutnya pada periode Mei-Desember 2013, naik dari 5,75% menjadi 7,5%. IHSG turun -15% (dari 5.069 menjadi 4.274).

Sayangnya tidak ada data BI Rate untuk periode sebelum Juli 2005, karena tahun 1998 terjadi krisis yang cukup kelam. Gambaran saat itu dari kutipan berita, pertumbuhan ekonomi Indonesia -13%, inflasi 82%, BI Rate 60%, IHSG turun -64% (dari 736 menjadi 275). Sumber: https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-1041264/menakar-tingkat-kerendahan-ihsg

Beruntung kondisi kita sekarang sudah jauh berbeda dibandingkan masa-masa itu. Bisa dicermati dari perbandingan beberapa indikator ekonomi makro dari berita, semakin kesini kondisinya semakin bagus dibandingkan saat 1998.

So, BI Rate kita sekarang mulai merangkak naik, posisi sekarang di 5,5%. Sebagai investor retail yang bukan ekonom, saya hanya bisa melihat data historis (bukan meramal ya), ini yang menjadi bekal saya untuk menata hati. Jika BI Rate masih terus naik, bisa jadi IHSG turun sampai -15%. Sejak Feb 2018, IHSG sudah turun -12% (dari 6.597 menjadi 5.783). Walaupun kita tidak tahu seberapa IHSG bisa jatuh, secara keseluruhan grafik IHSG dalam jangka panjang selalu naik dan naik. Sehingga, setiap penurunan IHSG merupakan kesempatan untuk berinvestasi, karena periode rebound (pemulihan) biasanya selalu lebih cepat ketimbang periode krisis.

Mesin waktu sudah datang, mari kita manfaatkan dengan penuh kehati-hatian :)

Insight terbaru dari metode gebetSaham

autogebet's picture

Semenjak seminggu terakhir ada penambahan fitur grafik akumulasi dana asing, jadi dapat insight baru.

Somehow para "pelaku pasar" sudah bisa menerawang kinerja suatu emiten sejak jauh2 hari, perilaku pasar berpihak kepada emiten yang berkinerja bagus di masa depan. Kemana pelaku pasar ini menginvestasikan dananya dapat terbaca melalui grafik garis kuning. Kisah selengkapnya ada di http://gebetsaham.com/content/pelaku-pasar-selalu-memilih-saham-bagus

Demikian juga perilaku "dana asing", seringkali ini menjadi pertimbangan tambahan yang lebih menjadi penentu saat memutuskan berinvestasi saham. Dana asing seringkali masuk dalam volume besar, dan tentunya telah disertai dengan perhitungan analisa yang jauh lebih matang. Dengan membaca grafik garis kuning dana asing, keputusan investasi kita bisa menjadi lebih tentram. Kisah selengkapnya ada di http://gebetsaham.com/content/grafik-akumulasi-dana-asing

Semoga bermanfaat.

Mohon ijin ikut

bhayareksa's picture

Mohon ijin Ndan, kami masih boleh ikut...??

Matur suwun...

@bhayareksa: diijinkan

autogebet's picture

Bro bhayareksa, masih boleh, silakan cek imel ya.

Harus ikut

brigitte_krjr's picture

Boleh ikutan Pak.. Terima kasih Pak

brigitte_krjr + wawan21 = done

autogebet's picture

bro wawan21 sdh sy update imelnya ya, pls dicek di imel yang baru.
sis brigitte_krjr, done create akun yaa, pls cek jg di imel.

enjoy :)

Jebakan Betmen Menyertai Hembusan Berita Bagus

autogebet's picture

Baru-baru ini ada kejadian yang mengkonfirmasi bahwa "berita bagus" seringkali "dikondisikan" agar kita-kita para investor mainstream mengikuti apa yang diinginkan oleh para pelaku pasar.

Berita menginformasikan kinerja saham KRAS bagus, penjualan meningkat. Namun apa yang sesungguhnya terjadi, para pelaku pasar yang punya banyak "stok barang" sebenarnya ingin lepas/jual barang. Untuk itu dihembuskanlah berita bagus agar investor mainstream berbondong-bondong datang sebagai pembeli.

Kisah berikutnya sudah ketahuan, terjadilah "nyangkut"... cermati fullstory disini yaa:
http://www.gebetsaham.com/content/jebakan-betmen-menyertai-hembusan-beri...

Ikutan dong :)

ei.khaa's picture

Mau ikutan grup nya dong pak :) thanks

@ei.khaa: done yaa

autogebet's picture

done create akun. silakan cek imel yaa

Boleh ikutan join?

Maskoko's picture

Pak boleh ikutan digrupnya? kebetulan nubie masih belajar invest . Terima kasih.

@maskoko: done create akun

autogebet's picture

masih boleh bro maskoko, done create akun yaa.. welcome to the club.

Masih Bisa Ikut?

emkadeka's picture

Hallo, saya tertarik untuk mendapatkan insight yang ditawarkan, apakah masih bisa bergabung?
Terimakasih.

@emkadeka, done create akun

autogebet's picture

hai sis @emkadeka, sudah dibuat ya akunnya, pls cek imel. jika ada kendala, disambung via menu Kontak Kami yaa.

Berminat. Gmn daftarnya

djworld's picture

Berminat. Gmn daftarnya terima kasih

@djworld: Done create akun

autogebet's picture

sis djworld, sudah sy buatkan akun ya, silakan dicek imelnya :)

Pak kok blm ada emailnya? Tq.

djworld's picture

Pak kok blm ada emailnya?
Tq.

Coba via menu Kontak Kami

autogebet's picture

sudah dicek di folder spam/junk? kalau tidak ada juga, coba hubungi sy via menu Kontak Kami, untuk memastikan emailnya tidak salah.

minat

saturnus's picture

Jika masih ada slot, saya berminat bergabung untuk belajar dan sukses bersama melalui metode anti mainstream gebetsaham.

Terima kasih

@saturnus: done create akun

autogebet's picture

bro Saturnus, setuju... "mari sukses bersama"... tapi metode gebetsaham bukan MLM lho haha... done create akun ya bro, mari belajar bersama ^_^

terima kasih

saturnus's picture

terima kasih Pak, langkah selanjutnya bagaimana?

@saturnus: cek imel ya

autogebet's picture

langkah berikutnya ada di email, dicek yaa

alamat email

saturnus's picture

saya belum pernah menginfokan alamat email saya sebelumnya
maaf. minta tolong kirimkan ke kopral***@***

terima kasih ya Pak.

@saturnus: Done yaa..

autogebet's picture

imel sdh sy update ke yang baru, cek di imel yaa

Done create akun

autogebet's picture

Done create akun utk all request hingga posting ini :)

Dear bro autogebet, sangat

wawan21's picture

Dear bro autogebet, sangat menarik idenya. Bolehkah saya didaftarkan di akun gebetsaham?

Terimakasih.

email gak bisa dibuka

wawan21's picture

Maaf bro autogebet, sy gak bisa buka emailnya (ada masalah di email saya). Tolong dikirim lagi langkah selanjutnya ke email yang baru: variapulsaatyahoo [dot] com

Terimakasih sebelumnya.

Boleh Ikutan gabung?

danies's picture

Sore Bro Gebet, masih ada slot>? kalau masih, boleh ikutan gabung? terima kasih banyak

Request Akun gebetsaham

rowyna's picture

Hmm, menarik jg nih kyanya belajar saham metode anti mainstream. Bro autogebet klo msh ada slot boleh ikut daftar? Tenkyu bro.

Sure bro, done create akun

autogebet's picture

Sure bro, done create akun ya... mari kita belajar bareng, jangan lupa share disini insight nya yaa :)

Terima kasih bro

rowyna's picture

Terima kasih bro autogebet

Request akun gebetsaham

andidmk's picture

Dear bro autogebet, bolehkah saya didaftarkan di akun gebetsaham?

Terima kasih..

@andidmk: done create akun

autogebet's picture

bro andidmk, done create akun yaa, silakan cek di imel, jangan lupa read all panduan gebetSaham, kl sudah masuk group Telegram nanti saya kirim notulen online coaching yaa..

Terima kasih bro

andidmk's picture

Terima kasih bro autogebet

Daftar

liliek's picture

Dear bro autogebet , boleh saya didaftarkan donk. Meskipun sudah abis slot nya , boleh donk dibuka nambah lagi.
Trimakasih

Done create akun gebetSaham

autogebet's picture

Sembari menunggu PRD Matrix hidup lagi, done create akun utk bro Liliek yaa :)

Daftar account gebetSaham

yoebie's picture

Dear Bro Autogebet,
Masih ada slot kah untuk bisa didaftarkan account gebetSaham ?

Terima kasih

Satu demi satu hipotesa gebetSaham terkonfirmasi...

autogebet's picture

sungguh sangat seru hari ini dan kmrn, hipotesa-hipotesa di gebetSaham satu demi satu mulai terkonfirmasi seiring dengan arus dana asing masuk kembali ke pasar modal. semoga nanti kisahnya bisa disampaikan langsung oleh member yang sudah merasakan langsung gebetSaham.

done create akun utk bro yoebie yaa ^_^

Daftar Account gebetSAHAM

Rahadyan KUSUMA's picture

Dear bro Autogebet,
Kalau masih ada slot, berminat untuk di daftarkan guna mendapatkan account gebetSAHAM

Summary online coaching gebetSaham

autogebet's picture

Yes, early opportunity utk menguji bareng gebetSaham still opens :)
Done create akun ya bro. Silakan dicek imelnya. Join juga group telegram nya ya, nanti sy send summary online coaching utk quick start using metode gebetSaham.

Done create akun

autogebet's picture

done create akun utk member yg rikues per posting ini yaa

daftar

vin789's picture

caranya gimana ya kak daftarnyaaa. aku juga minat mau daftar

Daftar gebetSaham

nova_aeriol's picture

Saya juga mau daftar

opportunity still opens :)

autogebet's picture

sis tianni, sure tentu masih bisa :)

done create account untuk sis tianni dan bro masKim yaa. join group Telegram, kmdn bisa follow diskusi saat online coaching sabtu last week, ada cases bbrp saham yg menunjukkan pola2 menarik :)

Hi bro gebet masih bisa joint ga

tianni's picture

Hai bro, lama g buka portal ternyata sdh ada fitur baru, masih bs jointkah. thx a lot

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.