Antara IHSG, Emas, dan Inflasi (Sebuah Perbandingan)

dunkz's picture

Melonjaknya harga emas belakangan ini menyebabkan banyak orang yang mengalihkan investasinya ke emas. Selama dua dekade terakhir ini memang harga emas mengalami kenaikan yang cukup luar biasa. Sebagai komoditas dengan fungsi pelindung nilai, sejatinya harga emas memang seharusnya meningkat sebanding dengan inflasi. Mari kita lihat perbandingan perubahan harga emas terhadap inflasi:

Harga Emas Terhadap Inflasi

Terlihat bahwa sampai dengan tahun 1997, tampaknya memang benar bahwa dengan menyimpan emas kita dapat menahan inflasi. Yang menarik, sejak tahun 1998 dan terus berlanjut hingga tahun 2010, emas tampaknya naik secara kumulatif jauh di atas perubahan kumulatif inflasi. Apakah ada kaitannya dengan ancaman ketidakstabilan ekonomi Indonesia yang dipicu oleh krisis moneter 1997?

Sebagai seorang investor saham, tentu kita bertanya-tanya apakah dengan kenaikan harga emas yang begitu pesat, layakkah kita berinvestasi di bursa saham? Mungkin grafik di bawah bisa membantu. Saya menggunakan data tahunan dari tahun 1984 s.d 2010.

Saham vs Emas

Tampaknya IHSG berjalan seiring dengan harga emas (sudah disesuaikan dengan kurs rupiah pada tahun yang bersangkutan). Meskipun begitu, terlihat bahwa IHSG lebih fluktuatif dibandingkan dengan emas.

Tanggung rasanya apabila kita tidak membandingkan ketiga parameter tersebut (IHSG, emas, dan inflasi) dalam satu grafik.

IHSG, Emas & Inflasi

Terlihat jelas bahwa:

  1. IHSG dan emas dapat mengalahkan inflasi.
  2. Walaupun lebih fluktuatif, terlihat bahwa secara kumulatif IHSG mampu untuk mengungguli kinerja emas.

Dengan demikian tampaknya berinvestasi di bursa saham terlihat masih cukup prospektif :)

Jangan lupa, nilai IHSG di atas belum termasuk dividen sehingga seharusnya kinerja IHSG lebih baik lagi daripada yang terlihat di grafik.

Tambahan lagi. Seandainya suku bunga deposito adalah sekitar 10% per tahun (mestinya di bawah itu karena ada pajak bunga sebesar 20%). Maka dalam kurun waktu 1985-2010, secara kumulatif kita akan mendapatkan return sebesar sekitar 983%. Angka ini masih di bawah tingkat inflasi kumulatif (1.084%). Masih mau menaruh uang di dalam deposito saja?

Comments

Dear Mas DewAsmara... Mas,

Raissa Almira Rusmansyah's picture

Dear Mas DewAsmara...
Mas, mana lebih baik dan maksimal return investasi r/d saham
dengan sistem DCA VS VA ya ?
Saya tertarik r/d Pendapatan tetap BNP Paribas Prima II
masih baik kah kira-kira returnnya untuk tahun ini ya ?
Mohon pencerahan dan sarannya, terima- kasih.

bagaimana dengan perak?

NewBeginning's picture

msu tanya selain logam mulia emas, apakah perak bisa dijadikan alat lindung nilai terhadap inflasi? dan bagaimana dengan pasar perak (kalau mau jual lagi apakah mudah seperti emas) ?

numpang jawab

hotakaata's picture

numpang jawab ya, cmiiw.
Bisa tapi lihat siklusnya dulu. Kalo beli perak yang kertas saja, antam tidak mau membeli kembali peraknya, sedang yang mau buy back ya gerai2 dinar dirham. Toko2 perhiasan perak mau membeli rugi.

@bro hotakaata tx

NewBeginning's picture

tx atas jawabannya. jadi repot juga ya kalau mau beli perak ga seperti emas yg banyak yg mau beli. btw emang kalau beli perak yang kertas tuh seperti apa bro?

perak yang kertas

hotakaata's picture

perak yang kertas maksud saya hanya membeli sertifikat kepemilikan saja.

@bro hotakaata tx penjelasannya

NewBeginning's picture

bro hotakaata tx penjelasannya. daripada pusing kayaknya aku stick ke emas aja daripada ribet di perak ya..

Bullish or Bull.....?

DewAsmara's picture

Sejak beberapa hari terakhir, terlihat investor sudah mulai cerdas, ini terbukti dengan jelas dengan bertambahnya dana kelolaan beberapa MI besar dan menengah secara signifikan.

Dari sisi technical analysis juga terlihat kurva mulai menunjukan gejala penguatan meski masih condong sideways. Kalaupun bursa belum terlihat jelas bullish, itu lebih karena pasar sepi menjelang tutup tahun, sehingga para fund besar cenderung mengamankan asset dalam posisi net cash.

Data-data ekonomi dari AS/USA juga mulai positif, termasuk turunnya angka pengangguran meski masih tinggi, juga adanya beberapa indikator perbaikan lainnya meski sangat rendah.

So mumpung pasar masih sepi dan bergejolak, ada baiknya mulai masuk tiap kali bursa jatuh. Jika menggunakan ilmu pertumbuhan wajar yang 20% per tahun, maka kenaikan IHSG yang sangat tipis tahun ini, akan berubah menjadi dahsyat di akhir tahun depan dan semakin dahsyat menjelang 2014. Ini kesempatan terakhir menggandakan uang anda sebelum nanti di"sunat" oleh redenominasi :D Saat redenominasi baru amankan dalam pasar property dan emas (racun mode on) hahaha.

waduh..jadi penasaran nih

aisha's picture

waduh..jadi penasaran nih pengen tau Market Outlook 2012 dari bro DewAsmara :)

Kalo yg saya baca, di tahun 2012 tingkat inflasi akan lebih tinggi jadi sekitar 5% (target BI), ada kemungkinan juga oversupply di obligasi pemerintah padahal BI rate diturunkan ke 6% (pdhl setahu saya kl bunga kredit turun, return obligasi bakal naik, jd mungkin investor pada beli obligasi asing)-tolong koreksi jika saya salah. Diluar negeri pun Eropa masih krisis hutang & US masih berusaha menguatkan mata uangnya.

nah berkaitan dengan kondisi di 2012 ini, menurut bro DewAsmara (maupun bro & sis lain) utk investasi awal reksadana lebih baik pegang RDS atau RDPT atau malah RDC?

Apapun baik tergantung horisonnya

DewAsmara's picture

Hai Mbak Aisha,
Menurut saya pribadi, apapun reksadananya baik-baik saja tergantung horison investasinya. Obligasi ya bagus2 saja, sepanjang tetap awas mata terhadap perkembangan global dan dalam negeri. Begitu juga saham.

Yang agak perlu dicermati adalah RD Pasar Uang, karena mulai tahun ini kita mengacu kepada standar IRFS, sehingga acuan PSAK dalam laporan keuangan pasar modal juga mengacu kepada metode IRFS dimana efeknya adalah nilai RD Pasar Uang tidak lagi fix 1000/unit melainkan menjadi variatif seperti RD Pendapatan Tetap pada umumnya.

Jadi harus hati-hati menghitung returnnya, karena nilai pasti akan berubah tidak lagi fix.

Kalau soal keadaan, memang tidak ada yang bisa meramal (kalau bisa saya sudah jadi billionaire dong hehehe) tapi kurang lebihnya bursa kita punya peluang rebound hingga tembus 4300 s/d 4800. Jika memakai perhitungan moderat 20% maka Indeks bisa meraih sekitar 4320-4500 tapi agresif bisa mencapai 4800-5000an. Saya sih cenderung berpendapat kita akan bergerak moderat jika tidak melambat.

Ini karena masalah pencabutan subisidi bbm, apakah menaikan harga premium atau malah memaksakan diri menggunakan pertamax dan BBG. Selain daripada faktor global dan konsumsi domestik.

Good News nya pemerintah akan mencoba mengubah ketetapan MenKeu mengenai APBN 2012 yang telah disetujui oleh DPR sebelumnya, dari hanya opsi konversi ke BBG menjadi ada pilihan opsi kenaikan harga premium. Kabarnya pemerintah akan mencoba melobi DPR lagi supaya bisa tersedia opsi kenaikan harga premium, karena inflasinya lebih bisa terukur dan gejolak di masyarakat lebih kecil.

Soal Zona Euro, pastinya akan ada upaya penanggulangan, meski andaikan Yunani dan Portugal dikeluarkan ataupun default tetap ada jalan keluar, lihat saja Indonesia saja pernah keluar dari jurang default (meskipun katanya tertolong barter dengan kebijakan asing/IMF).

Lainnya sih prediksi masih gelap, tapi harus tetap positif thinking terhadap berbagai gejolak. Karena begini, beberapa waktu yang lalu saya pernah ke salah satu sekuritas penerbit RDS, waktu itu bursa baru mulai pulih dari shock awal tahun 2011, marketing sekuritas itu hanya bilang, masuk saja kalau mau masuk, market lagi mulai running, saya tanya abc soal ancaman Euro dsb, dia bilang ya saat ini belum ada indikasi akan koreksi. Dan perkataan beliau benar, koreksinya ternyata masih lama sekali, baru menjelang Q3-Q4 koreksi ke 3217.

Saat ini sih peluang koreksi mulai menipis, ini per hari Kamis-Jumat minggu lalu lho ya. Karena kabar nego utang Yunani sudah positif. Rupiah juga mulai menguat tipis atas USD. Belum tahu tiga bulan lagi mau bagaimana. Tapi saya rasa dengan adanya sejumlah kesepakatan baru (karena berita berkembang sangat cepat), rasanya peluang down semakin kecil, meski tetap harus hati-hati.

Kopdar bareng bro DewAsmara

autogebet's picture

bro DewAsmara, someday kita harus kumpul bareng, tidak harus dlm event KDR, kumpul2 santai aja informal. Sambil pulang kerja, mampir minum kopi dimana gitu, member2 yang deket lokasi bisa sekalian ikutan. Pastinya kita pengen dapet lebih banyak insight dari bro DewAsmara :)

*tunggu saya ke Jakarta ya* :p

Waduh saya hanya orang biasa

DewAsmara's picture

Waduh Bro,
Saya hanya orang biasa, hanya pengangguran pensiunan (sesuai data npwp hehehe). Jangan terlalu menyanjung, nanti saya lupa diri :)

Tapi saya sering "penampakan" di sekitaran BEI, Menara Stanchart, WTC Sudirman. Kalo ada waktu sekedar silahturahmi monggo saja, tapi jangan expect yang terlalu canggih, karena namanya juga pengangguran, ya pasti asal ngomong saja isi omongannya :)

Feel free untuk sekedar kopdar, mumpung saya belum turunkan tulisan mengenai market outlook 2012 di Kompasiana. Dari kemaren sih tangan dah gatel mau ngetik, tapi saya pikir mendingan ngaso dulu ah, sambil liat perkembangan ECB :)

Antam Surabaya??

udihermawan's picture

Kalau beli emas antam di surabaya, dimana ya??

Target Indeks 3740 - 3993 ?

DewAsmara's picture

Sekedar berbagi,
Menurut Morgan Stanley (http://investasi.kontan.co.id/v2/read/1313805626/75824/Kena-tulah-proyek...), target indeks akhir tahun ada pada level 3740 - 3993 atau hanya tumbuh 1 persen menjadi 3740 kalau dilihat dari pencapaian akhir 2010, atau menjadi 3993 jika mengacu pada level 16 Agustus 2011.

Apa pun keputusan investasi anda, pertimbangkan secara baik-baik, jangan panik, dan jangan biarkan emosi menguasai. Pertimbangkan secara bijaksana faktor risiko dan juga diversifikasi portfolio anda.

Sekedar catatan, emas sudah tembus 1880, namun ingat, jangan keblinger oleh euforia sesaat dari kepanikan pasar.

Happy Investing,
Regards,
DewAsmara

GTI dan fenomena over-expectation

DewAsmara's picture

Saya, dari dulu paling benci kalau orang over-optimism. Bukan karena saya penganut faham pesimism. Akan tetapi, sesuatu yang melampaui nilai pertumbuhan wajar dari bisnis riil, itu sudah mengarah kepada judi atau spekulasi.

Pemberian 30 persen up lalu faktor 2% per bulan itu basis hitungannya dari mana? Nggak ada di buku investment manapun! Jelas ini suatu saat bisa menjadi masalah besar, meskipun mungkin saja tidak ada niatan menipu model bisnis2 MLM bodong ataupun skema Ponzi.

Booming emas, saat ini terjadi karena "Kapal Titanic Economy US" sedang tenggelam, dan Kejayaan bangsa Eropa jatuh ke titik nadir. Tapi apa iya akan begitu terus? Anda harus melihat faktor tikus yang belajar. Manusia itu punya perangai mirip tikus, pertama kali takut lihat api besar, namun suatu saat akan bergerombol menyebrangi lautan api melewati jalur-jalur yang tidak disentuh api.

Pada masanya, orang akan kembali meninggalkan emas kembali ke uang sebagai alat barter, ini fundamental sekali, namun sering diabaikan saat pasar sedang histeria. Kalau tidak, kenapa para nenek moyang kita mengembangkan uang sebagai alat pengganti emas? Kan awalnya untuk menggantikan faktor mobilitas, selain juga karena emas akan semakin langka.

Jadi apa yang terjadi pada GTI maupun berkebun emas dan gadai emas, saya tidak sarankan, kalau memang ingin main emas, pegang fisiknya dan beli secara full cash, jangan pakai faktor leverage entah berupa simpan pinjam atau lainnya. It is very fundamental folks.

rame juga ya mengenai gti

jewe's picture

rame juga ya mengenai gti, udah lama ga mampir di PR, ternyata ngomongin gti...gti pada dasarnya adalah toko emas tepatnya gold bullion company namun mempunyai konsep.. jika ada yg bilang mlm atau ponzi.. sangat2 jauh dari itu...info lengkap bisa hubungi saya

Produk :Deposito Emas & Deposito Angsa Emas

JafRIANto Wiza
Marketing Executive Senior GTI (SAP) / peserta KDR1 dan KDR2

Investasi EMAS

satr1a's picture

He...He...He... faktor tikus ..:))

Kek nya baru kemaren dibahas ttg Tujuan Investasi, Jangka Investasi, Maksud dan Niat Investasi. Malah ada yg pengen nikmati pensiun dari hasil Investasi. Tiba2... skrg bahas Simpan Pinjam dan Gadai? Wahh.... visi misi nya dah berubah nih :)

Spt bro DewaAsmara tulis, booming emas saat ini krn ada krisis di Eropa dan USA. Pertanyaannya adalah Kenapa Emas yg diburu?
Emas bisa dikatakan sbg tempat berlindung aman terhadap krisis yang mana pun ekonomi, politik, sosial atau mata uang.
Sayang nya emas bukan alat barter yg nyaman, gak mungkin kan kita ke mall bawa emas buat belanja, berat booo bawa nya ... Atau gak mungkin pula beli RD dgn emas, wong NAB nya dalam Rupiah bukan onz :))

Anyway, memang bijaksana untuk membeli emas karena peringatan masalah ekonomi, politik, sosial atau mata uang. Emas menawarkan hal yang sederhana untuk menghindarkan resiko, tapi pastikan Anda membeli fisik logam, bukan “emas kertas”. Terdapat perbedaan besar antara logam dan hanya memiliki janji untuk membayar logam untuk Anda. Kadang-kadang janji ini tidak seperti apa yang dijanjikan.

Berinvestasi emas fisik yang dapat dimiliki, adalah seperti perhiasan dengan kadar kemurnian emas yang tinggi, seperti yang ditawarkan oleh Logam Mulia (antam) atau lainnya.

Contoh “emas kertas” adalah emas sertifikat yang dikeluarkan oleh bank dan securitas, sebuah rekening masa depan yang tercantum NYSE jual-beli.
Dengan produk tersebut Anda akan memiliki sepotong kertas daripada emas itu sendiri. Kertas produk ini memberikan pengelihatan harga emas, tetapi mereka datang dengan risiko standar, yaitu, bahwa Anda tidak akan mampu untuk mendapatkan logam ketika Anda membutuhkannya.

Emas harus dilihat sebagai aset kuat dalam portofolio Anda berinvestasi, sehingga jangan mengambil risiko apapun dengannya. Itulah sebabnya miliki logam fisik tersebut sendiri, bukan hanya janji dalam kertas.

Berapa kenaikan harga emas?
Secara umum harga emas terus naik dari masa-masa, antara lain juga krn cadangan/stock emas terbatas. Secara fisik seluruh emas yang berada diatas tanah hanya sekitar 1.???.000 ton. Peningkatan harga emas dunia juga krn semakin berkurangnya cadangan emas di dalam perut bumi.
Spt bro DewAsmara bilang juga karena emas akan semakin langka. Barang langka pasti nanti harganya mahal. Wong barang yg kuno2 aja mahal, apa lagi yg langka qi...qi...qi...qi...

Sekarang bisa jawab ya kenapa "pembeli lbh memilih uangnya kembali drpada menyimpan emas jaminannya"
GTI, keuntungan 2% sebulan, ya mungkin saja kan lagi bulan promosi, ntar kalo harga emas udah stabil mana berani mereka menawarkan sgitu!

ini ada berita menarik terkait EMAS
http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2011/08/03/bank-sentral-korea-beli...

Rgds

Sumber:
ANTAM - http://www.logammulia.com
SINAR REJEKI - http://antamgold.com/
GOLDGRAM - http://www.goldgram.co.id/
http://www.astaganaga.com/rekor/10-penyimpan-emas-terbesar/

Pemberian 30% down dari pasar

mamegoma's picture

Pemberian 30% down dari pasar

mau nambahin lagi nih ..

mamegoma's picture

mau nambahin lagi nih .. minta pendapat, argumentasi yg diberikan begini kenapa dia bisa kasih 2% per bulannya. Katanya uang kita dibelikan dulu emas dari pegadaian dgn harga yg murah. Does that make any sense? Para pakar dan yg sudah bergelut dgn emas? :) Trims~! semoga kita semua bisa trus belajar bersama.

Sorry2 nambah lagi jd

mamegoma's picture

Sorry2 nambah lagi jd untungnya begini menurut mereka.... Beli emas di pegadaian lbh murah dinilainya 80% dari pasar, lalu dijual kembali sebagai perhiasan jd harga lbh mahal dari emas batangan. Gimana menurut rekan2? apa masuk akal? Thanks

nambaih traders emas

diflar's picture

eh iya ada yang kelupaan...jadi tiap kenaikan sekian dolar dalam troyonz pengalinya 100 (kurang tau nih dari mana dpt nya).
jadi seumpama waktu kita transaksi naik sampai $50 kayak hari ini berarti kita dapat $5000..itu manisnyaa..
dan setiap transaksi kita beli dan jual lagi kita di kenakan potongan administrasi $10 dan potongan dari pemerintah sebesar $1/transaksi juga..
untuk masuk ternyata ada mini account minimal 10jt..
dan semua dana dijamin oleh pt.kbi (kalau ga salah kliring berjangka indonesia) tanpa ada minimal jumlah (kalau tidak salah di LPS dana maksimal yang di jamin 1m)
kalau ada yang salah mohon dikoreksi..

maklum pemula.

Golden traders indonesia GTI , untung atau buntung?

mamegoma's picture

dear rekans, apa ada yg sudah pernah dengar atau invest di GTI. Customers ditawarkan 2% return setiap bulan dgn jangka kontrak 6 bln. Sebagai pegangan , diberikan emas dgn nilai 30% lbh tinggi dari pasar. Emas ini kemudian bisa disimpan sehabis kontrak atau uang pokok kita dikembalikan. Menurut rekan apa skema seperti ini menguntungkan? Trims tanggapannya :)

nggak percaya ...

Passion4U's picture

kalo returnnya di-guarantee pokoknya ane nggak percaya ... investasi dimana-mana high return juga biasanya high risk ... even emas pun sebenarnya fluktuasinya lumayan hehehe ...
be careful bro ...

GTI?? cek n recek ah

rdlshell's picture

Bro Mamegom

mau tanya dulu ni....yang dimaksud diberikan emas dengan 30% lebih tinggi dari pasar seperti apa? apakah beratnya yang ditambah? atau harga taksir emasnya yang dinaikan? cuma pengen ngebahas aja untuk pembelajaran dari member PRD, tetapi kalau buat saya udah gk masuk diakal...bisnis apa yang bisa menghasilkan sebanyak itu...artinya kan seperti dia pinjam uang, kasi hasil kepemberi pinjaman dengan jaminan emas yang harganya 30% lebih tinggi....lah kalo emasnya harganya lebih tinggi napa gk dijual buat puter modal ya? lalu bisnis nya apa yang dijalakan oleh GTI... jangan2 nanti ada bisnis gk legal

Sorry krg jelas, mba hehehe.

mamegoma's picture

Sorry krg jelas, mba hehehe. Maksudnya emasnya dinaikkan dulu harganya dgn 30% lbh tinggi dgn harapan sesudah 6 bln "prmbeli lbh memilih uangnya kembali drpada menyimpan emas jaminannya. Saya ditawarkan, ktnya sih dia untungnya dari membeli2 emas di pegadaian atau lelangan, mknya bisa memberi 2% sebulan. Tentang GTI saya kmrn baca di twitternya kontan. Mungkin mba bisa baca dan ksh opini :) trims.

bro mamegoma...loh kan saya yang tanya..

rdlshell's picture

Loh bro...heheheh kan saya yang tanya... harga emas 30% dari harga pasar itu gimana? apakah harga taksirnya? seperti kalo kita gadai emas di bank syariah...misal di pasaran harganya 100 ribu...harga taksirnya di bank syariah 80 ribu.... jadi dihargai 80 ribu. Nah kalau yang dimaksudnya harga emas 30% lebih tinggi dari pasaran, seperti apa?

Maksudnya kalau di pasaran

mamegoma's picture

Maksudnya kalau di pasaran emas harganya 100 per gram di GTI dihargain 130 per gram Jadi seumpama mba masukin uang 130 juta, dikasihnya emas 1 ton :) nah emas itu kita pegang selama 130 juta msh sama GTI, dan tiap bulan GTI byr ke kita 2% dari 130 juta itu sebagai bunga. Seusai kontrak 6 bln, kita bisa milih may dikembalikan 130 jutanya atau simpan emas 1 tonnya.

huhuhu emas 1 ton

rdlshell's picture

Duuuh Bro... klo 130 juta, emasnya 1,3 ons. Hanya saja, buat saya pribadi enggak masuk di akal, dalam 6 bulan berarti akan mendapat 12% dari return dan 30% harga lebih tinggi dari pasaran. Coba cek lagi aja GTI itu perusahaannya seperti apa?

Bukan donk, mba , dlm 6 bln

mamegoma's picture

Bukan donk, mba , dlm 6 bln berarti dpt return 12% saja :) kan emasnya dikembalikan ke gti, duit mita dibalikin ke kita. Dia ksh ke kita emas jaminan yg lbh sedikit dari harga pasar. Jd seumpama di pasar 130 juta dpt 1,3 ons, di gti jaminan emas nya hanya 1 ons :) iya nih, saya lg mau caritahu sebenernya seperti apa perusahaannya, di mall2 bnyk ditawarkan. Siapa tau member portal reksadana ada yg punya pengalaman dgn Gti. Trims

ada.. bukan customer GTI

jewe's picture

ada.. bukan customer GTI malah, tapi sy marketing executive senior (sap) di gti sejak 2010.. next kdr bisa donk ngasi 1 slot waktu untuk presentasi gti... soalnya disini pada banyak yg comment negative ttg gti ya, biar dilurusin dan buat nambah2 knowledge tentanga deposito emas dan deposito angsa emas GTI.

buat yg mau minta info ttg gti, minta no hp sy di bro adityo ya hehe

JafRIANto Wiza
Marketing Executive Senior GTI (SAP)
Peserta KDR 1 dan KDR 2

traders emas

diflar's picture

kemaren sempat ditawarin dan gobrol panjang lebar tentang traders emas (lain gti)
dia minimum deposit / biaya awal 100jt dan dalam berdagangan online menggunakan satuan lot (1troy ons),perlot harga 10jt..
jadi saat kita beli 1lot diharga emas sebesar X.
maka diusahakan saat menjual harga emas sebesar X ++..

GTI, garansi buy back 100%?

Uzan's picture

Kalau dilihat dr tawaran GTI cukup menggiurkan, asalkan skenarionya jalan kita dapat return 2%/bln dan setelah masa kontrak emasnya bs buy back 100%, lumayan kan?,tapi kalau tidak minus 30% sudah pasti. ini sama saja kita meminjamkan uang ke GTI dengan jaminan emas dan bunga pinjamanny 2%/bln. sayangnya emasny knp harus lebih mahal 30%, kalau sama dengan harga pasar saya akan ikutan..

Garansi buy back tuh ktnya.

mamegoma's picture

Garansi buy back tuh ktnya. Hmmm baru browse2 kaskus, ada bbrp thread soal GTi, isinya ada yg bilang money game , ada juga yg bilang possible. Tapi bener sih kata bro passion, anything yg menjajikan fixed return patut dicurigakan. Ada bbrp testimonials sih yg positif, tapi siapa tau kerjaannya anak buah GTI hhhh. Conclusion: kalo ada duit lbh banget, ikut skg tapi keluar cepet, tenor 6 bln aja dan pegang fisik emas. Abis itu cau! Jaga2 kalo itu beneran money game.

Obli or gold

ADRI's picture

Mungkin ada yang bisa beri pencerahan, lebih untung mana investasi di obligasi atau emas ? Trims.

Beli emas di goldgram

lannysim's picture

Ada yang udah pernah beli emas di goldgram ga? atau yang punya pool account goldgram? aman ga ya? soalnya masih pemula ni, siapa tau aja ada yang berpengalaman, thanks...

Re:Beli emas di goldgram

sbastian's picture

ane udah setaun disana

Mempertanyakan Goldgram dan sejenisnya

elmauz's picture

Model cicil emas seperti di Goldgram & sejenisnya (Antamgold), menurut saya ini salah satu metode pengumpul dana masyarakat yang high risk. Goldgram sendiri saya lihat hanyalah sebuah toko Emas besar yg memang sih track recordnya sudah lama. Namun belum "too big too fail" suatu saat bisa jatuh.
Yg saya tangkap dari customer goldgram cuman prinsip saling percaya. Sedangkan pelanggan sendiri tak ada proteksi sama sekali jika Suatu saat tiba2 Toko Jatuh bahkan Scam.

Bagaimana customer tahu jumlah fisik emas underlyingnya sesuai.
Bagaimana toko mempersiapkan sisi IT/database yang bagus.
Bagaimana mitigasi Toko pada saat kondisi Rush.

Memang sih High Risk High Gain..dimana seperti kita tahu banyak sekali Fund raiser di masyarakat yg tiba2 scam..(Kasus QSAR, WBG).

Semacam goldgram baiknya diposisikan saja selayaknya toko Emas, dimana kita jual beli fisik emas, lagian disana kasih spread jual-beli yang cukup bagus.

Nggak tertarik dengan Goldgram :D

DewAsmara's picture

Sejak lama saya memang kurang suka dengan investasi sejenis Goldgram dan kawan-kawannya. Ini ujung-ujungnya bisa mirip seperti kasus pialang berjangka. Masih mendingan main di futures Gold sekalian. Ketahuan "judi" nya dan "Bandar" nya.

Lebih baik pegang asset fisiknya saja, jangan dititipi ke toko atau model cicilan. Kalau emas fisiknya selain simpan di lemari besi di rumah alternatif lainnya ya taruh di SDB, tapi taruh di SDB (safe deposit box) yang benar-benar profesional banknya. Jangan seperti kasus pembobolan SDB di beberapa bank tempo hari.

Setuju: Harus Hati-hati dengan "tawaran"

ardicikalmart's picture

Setuju om dewa asmara, sekarang masyarakat dibuat terkecoh dengan pelbagai tawaran investasi, kita harus belajar dari masa lalu (kasus QSAR, dll).

Waktu saya beli emas disalahsatu toko dic*k*n*, mereka menawarkan g*ldgr*m, saat itu saya tanya websitenya saja, untuk dipelajari sistemnya, kurang yakin dengan keamanan investasinya. Saat itu saya rugi beli emas disana, harganya di'marked up' terlalu jauh dari harga Antam resmi, yang saya tahu dulu harga toko emas besar itu lebih murah dari harga antam, sekarang terbalik, mungkin karena masyarakat kita sedang "euforia" naiknya harga emas yag fantastik belakangan ini, pedagang cari untung sebanyak2nya :)

malah ada salahsatu Bank menawarkan model kredit emas, apa tidak high risk tuh, Apakah Bank bisa menjamin ketersediaan barang saat kredit lunas, tidak mungkinkan Bank mau rugi dengan membeli emas saat harganya lebih mahal dari dana yang mereka peroleh dari Nasabah? :)

Alhamdulillah, saat ini saya dapat sumber untuk LM Antam dengan harga yang mengacu ke http://logammulia.com/gold-bar-id.php, tokonya dekat dengan rumah dan kalau untuk gadainya saya sudah bandingkan kebeberapa bank syariah (M*nd*r*, BR*), yang terbaik adalah bank Jabar Syariah, terakhir saya gadai LM bulan ini, biaya Rp.4750/gram/bulan, Taksiran Rp.450.000,-/gram, dengan dana maksimum diperoleh sebesar 90% Taksiran.

Mudah2an infonya bermanfaat, kalau ada yang butuh informasi soal LM, silahkan sebisa mungkin saya bantu.

Logam Mulia di surabaya

kozely's picture

Rekan2, ada yang tahu dimana membeli emas antam di surabaya?saya cek di Logam Mulia jl. genteng kali 67B,ternyata sudah pindah. Thanks

udah ane cobain,, beli receh

irfans's picture

udah ane cobain,, beli receh aja dulu

IHSG vs JII tahun 2010/2011

nadnis's picture

halo.. mau nanya, kalo perbandingan kinerja IHSG dg JII skarang bagaimana yaa? apakah JII masih lebih oke ketimbang Logam Mulia? Soalnya saya berniat untuk invest di RD Saham Syariah, hehe terimakasih..

Deposito untuk Dana darurat aja.

war_no's picture

walaupun saat ini enggak ada dana dideposito lagi, hehehe...
saya masih setuju deposito untuk Hanya untuk Dana Darurat.
lain itu, semua investasi...

Re:Deposito untuk Dana darurat aja.

sbastian's picture

Adakah instrument lain selain deposito sebagai penyimpanan dana darurat? mengingat dana darurat juga disimpan untuk jangka panjang kan?

tempat dana darurat

rdlshell's picture

Haduh..bro sbastian...karena ingetnya saham mulu...jadi lupa reksadana money market juga bisa buat tempat dana darurat...bahkan lebih fleksible

emas

Passion4U's picture

kandidat lain emas batangan ...

Emas untuk Darurat, bagus juga

war_no's picture

Emas untuk Dana Darurat, bagus. Lebih bagus daripada deposito.
saya juga setuju. sama-sama object zakat 2,5%

ok mas Bro.

Re:Emas untuk Darurat, bagus juga

sbastian's picture

permasalahannya di tempat penyimpanan, bro. Dan waktu mencairkan dalam jumlah besar kita harus bawa ke pembeli dan resikonya keamanan.

Apa sudah ada yg coba rekening emas goldgram?

emas goldgram itu emas Asli, apa virtual?

war_no's picture

emas goldgram itu emas Asli(ada fisiknya), apa virtual? kalo virtual, entar lama-lama bisa "bubble emas" dong...
hehehe...

emas asli dong

wondercorn's picture

emasnya sama emas asli juga. kalau mau ditarik juga bisa.

sebenarnya situs sejenis juga ada. antamgold.com adalah salah satu contohnya.

ANTAMGOLD.com

Rahadyan KUSUMA's picture

Bro/sis,
Ada yang udah buka pool account di antamgold.com?
Reviewnya please...tentang keamanan dan kemudahan transaksi.
Thank

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.