Kapan Mulai Investasi di Reksadana?

Sat, 10/06/2007 - 07:35
autogebet's picture

Salam kenal,
Saya bener2 baru nih dalam reksadana, boleh dibilang pengetahuan masih NOL
:( Saya berencana untuk melakukan investasi di reksadana, yang saya mau
tanyakan adalah:

1. Setahu saya Reksadana sejalan dengan IHSG, jika IHSG turun maka
Reksadana juga turun, apakah benar?

2. Apakah saat ini saat yang tepat untuk investasi pada reksadana? karena
IHSG sedang berada pada titik tertinggi.

3. Mohon tips2 untuk investasi reksadana, terutama kapan saat yang terbaik
untuk beli atau tambah.....

Mohon masukan rekan2 yg sudah expert.
Terima kasih.

 

Comments

NAV Up-to-date?

bekicotliar's picture

Dear all,

Apakah ada yg tahu di mana kita bisa memantau NAV/UP yg paling up-to-date (min. T-1) utk semua reksadana selain Bloomberg & Infovesta?
Saya lihat di Bloomberg, tampaknya tidak begitu fresh (kalau tdk salah pernah sampai T-3). Sedangkan di Infovesta tampaknya kurang lengkap, contohnya Danareksa Indeks Syariah tidak ada.
TIA.

- addy

belajar reksadana

nandito's picture

saya masih awam soal reksa dana, dan baru mulai belajar. ada hal
yang ingin saya tanyakan, ketika membaca artikel di majalah investor
saya menemukan bahwa istilah asset under manajemen/dana kelolaan itu
berbeda dengan NAB/NAV. ketika melihat sebuah data reksadana dari
sebuah situs,, nilai NAB sama besar dengan nilai AUM, sebenarnya apa
sih yang dimaksud dengan Asset Under manajemen/dana kelolaan sebuah
reksadana, dan apakah sama pengertiannya dengan NAB?

trs mengapa penilaian reksa dana biasanya menggunakan rentang waktu 1, 3, dan 5 tahun??

 dan yang terakhir,, saya sedang mencari data dana kelolaan tiap2 reksa dana saham yang aktif pada rentang waktu 2005-2008,, kemana saya harus mencari???

+2=^.^

bro, sy punya semua data yg

autogebet's picture

bro, sy punya semua data yg dibutuhkan. krn range waktu yg diminta cukup panjang, ini menjadikan ukuran datanya cukup besar, hrs nunggu pas internet tdk lambat. nanti sy kontak japri.

terimakasih bung

nandito's picture

terimakasih bung autogebet,,,

sebagai mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, saya jadi terbantu dengan bantuannya.. seperti menemukan oasis di padang pasir..hee..

saya tunggu datanya,,,

 sekali lagi thanks,,

+2=^.^

jadinya bgmn? oasisnya

autogebet's picture

jadinya bgmn? oasisnya ketemu di portalreksadana atau infovesta? hehehe..

portalreksadana

nandito's picture

sudah jelas di portalreksadana,, soalnya persyaratan dari infovesta saat meminta data terasa memberatkan, terutama bagi mahasiswa. jadi bukannya ketemu oasis malah fatamorgana.hee.hee

 jadi sya bnr-bnr nantikan oasisnya,,

top buat bung autogebet!!!!!!

+2=^.^

mencari tahu..

nandito's picture

ditunggu datanya lho... hee.,..

 o,ya. knapa di bagian produk reksadana, ada beberapa reksa dana yang tidak ada komposisi portofolionya???,, trs. pas dibagian proporsi portofolio terkadang tercantum besarnya proporsi efek lain walaupun tidak tercantum pada komposisi, misalnya pada mandiri investa atraktif, di komposisi hanya tercantum efek saham saja, tapi pada proporsi tercantum juga efek dari pasar uang,, mohon penjelasannya??

terima kasih 

+2=^.^

kenapa bbrp produk reksadana

autogebet's picture

kenapa bbrp produk reksadana tdk ada data komposisi portfolio, pastinya karena situs bapepam yang sudah tidak dapat diakses lagi :p

seluruh data ini bersumber dari bapepam. utk crosscheck nanti bs dilakukan saat situs bapepam sdh sembuh.

nilai

nandito's picture

 mau nanya pendapat soal penilaian reksadana,,

pada majalah investor, penilaian reksadana dilakukan dengan menggunakan beberapa kriteria, seperti risk and return, aum, dan pertumbuhan unit. jika bung autogebet yang melakukan penilaian,, kriteria apa saja yang akan digunakan??

+2=^.^

Penilaian reksadana

Passion4U's picture

Walaupun pertanyaannya ditujukan ke bro gebet, namun karena bro gebet udah teriak minta bantuan (hehehe) ane bantu jawab ya bro gebet ...

Ane rasa bro gebet, bro dunkz, ane dan beberapa kontributor lainnya sudah menuangkan dengan sangat jelas sekali bagaimana kita menilai suatu reksadana. Penilaian itu dipaparkan dengan sangat jelas sekali dalam feature PortalReksadanaMatrix ... ntu animasi yang ada di kiri atas protal ini ... kita menilai reksadana dengan menggunakan 4 kriteria penilaian (out of beberapa kriteria penilaian yang dulu kita diskusikan dalam diskusi offline terbatas antar para kontributor). 4 penilaian itu adalah weighted return, volatility, total AUM dan relative NAB size. Bukan berarti cuma ada 4 kriteria dalam menilai reksadana, cuma saat itu kita berpikir 4 kriteria ini lach yang kita nilai lebih penting dibandingkan dengan yang lain dan layak kita rekomendasikan untuk dilirik lebih lanjut.

Mana yang lebih penting diantara 4 criteria itu ? itu kita serahkan pada masing-masing individual investor, karena cara memandangnya beda-beda. So kita bikin tools yang mendidik investor untuk berfikir secara multidimensional bukan terikat pada satu kriteria saja. Sebagai contoh buat ane, reputasi MI adalah diatas segalanya (lebih dari sekedar return), walaupun ane juga memperhatikan return dan volatility ... So karena reputasi adalah acuan utama ane, filter pertama ane adalah AUM size (ane hanya invest pada reksadana dgn warna hijau), kemudian baru diikuti oleh filter weighted return, volatility & relative NAB size ... Mungkin investor lain berpandangan berbeda dengan ane ... nggak papa toch pendapatnya beda, yang penting kita mengerti betul akan pilihan kita.

Para kontributor di PRD percaya, dengan membuat PRD Matrix dalam bentuk kuadran multidimensi, kita bisa memberikan gambaran lebih jelas pada investor, syukur-syukur bisa diapresiasi lebih daripada rating majalah investor atau bahkan rating ala morningstar (tentunya dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing) ... hehehe

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

Analisis portofolio reksadana ???

toni_sa's picture

halo kenapa kebanyakan analisis and table di portalreksadana.com cuma liat sharpe ratio or return ??

kenapa gak ada analisis RESIKO dari portofolio ? khususnya buat orang2 yang tidak percaya kalo resiko di liat dari VOLATILITY (sprti saya)
or stewardness grade ? so investor bisa liat risk and returnnya ?

setelah kebanyakan reksadana saham crash tahun 2008 ini saya gak liat banyak fund manager yang berkoar kaya tahun kemaren ... hihihihi

kita bisa liat banyak sekali fund performance yang lebih buruk dari index karena komposisi portofolio nya yang lebih tereksposes market downturn..

thanks...

rule no.1 dont lose ur money no.2 dont forget rule no.1

eh kok tanya sy? sy lempar

autogebet's picture

eh kok tanya sy? sy lempar saja ke bro dunkz, passion, melinda, dan rekan lainnya sajah.

*kaburr, soale lg buat proyeksi 2009*

belajar reksa dana

mnwiria's picture

Mas Nandito,

Setiap bulan MI menerbitkan laporan ringkas yang dikenal dengan sebutan fund fact sheet. Dalam fund fact sheet dimuat informasi tentang batasan investasi reksa dana, komposisi per asset class pada akhir bulan, 5 besar penempatan (top 5 holding) serta tabel kinerja reksa dana. Tabel kinerja ini memuat kinerja selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sejak awal tahun (YTD), 1 tahun, 3 tahun serta sejak peluncuran (since inception).

Mengenai mengapa kinerja reksa dana diukur untuk rentang waktu 1, 3 dan 5 tahun, terus terang saya tidak tahu persis alasannya. Tapi menurut hemat saya ini terkait dengan horison investasi investor Indonesia di mana kurun 5 tahun bagi investor Indonesia sudah dipandang sangat panjang.

perbandingan kinerja reksadana saham dengan kinerja pasar

iluv's picture

dear mnwiria,

saya ingin bertanya mengenai perbandingan kinerja reksadana saham dengan kinerja pasar (IHSG).

kinerja reksadana saham dapat dilihat dengan pengukuran sharpe atau treynor,sedangkan kinerja pasar  yang diwakilkan oleh IHSG dapat kita lihat dari mana?

apakah kita lihat dari return nya?atau apa?

sehingga dapat dibandingkan lebih baik mana,antara kinerja reksa dana saham atau kinerja pasar?

terima kasih.

perbandingan

mnwiria's picture

Tidak perlu pakai Sharpe atau Treynor ratio, cukup pakai perhitungan kinerja biasa (dengan metode Holding Period Return atau HPR) untuk menghitung kinerja reksa dana dan kinerja tolok ukurnya. Metode perhitungan inilah yang dipakai untuk menghitung kinerja sebagaimana tercantum dalam fund fact sheet reksa dana.

terimakasih atas

nandito's picture

terimakasih atas penjelasannya,, 

semoga tidak bosan dengan pertanyaan saya,, soalnya masih ada yang ingin saya tanyakan kelanjutan dari jawaban diatas..

1. bagaimana  kita mengetahui bahwa MI tidak melanggar batasan investasi??

2. apakah MI wajib memuat informasi mengenai komposisi reksadananya? jika wajib, minimalnya informasi apa saja yang harus diutarakan mengenai komposisi reksadananya? soalnya ada beberapa MI yang tidak mengutarakan secara detail efek apa saja yang dia beli, dan ada beberapa MI yang sebaliknya,

+2=^.^

laporan reksa dana

mnwiria's picture

Laporan reksa dana wajib disampaikan oleh bank kustodian ke Bapepam setiap hari paling lambat pukul 9 pagi. Isi laporannya sangat komprehensif, mulai dari data jumlah pembelian (subscription), penjualan kembali (redemption), komposisi per asset class, sampai isi portofolio secara lengkap.Selama ini data tsb biasa dipublikasikan di situs pusat data reksa dana Bapepam, namun sayangnya baru-baru ini pusat data tsb mendadak dihentikan dan sampai kini belum beroperasi kembali. Mungkin anda bisa cek www.infovesta.com - kalau tidak salah data mereka cukup up-to-date.

Mohon dipahami bahwa manajer investasi bertugas mengelola reksa dana sedangkan untuk penyimpanan efek, administrasi rekening nasabah, serta perhitungan NAB dilakukan oleh bank kustodian. Dengan adanya pembagian tugas ini maka bank kustodian berfungsi sebagai watch dog yang melindungi nasabah. Bank kustodian juga bertugas memantau komposisi portofolio reksa dana dan memastikan bahwa manajer investasi tidak melanggar batasan investasi sebagaimana tercantum dalam prospektus dan KIK. Jika terjadi pelanggaran, maka bank kustodian akan memperingati manajer investasi.

Satu hal yang perlu diingat adalah biasanya manajer investasi punya waktu (grace period) 1 tahun sejak pernyataan pendaftaran atas reksa dana dinyatakan efektif oleh Bapepam untuk memenuhi batasan investasi. Jadi bagi reksa dana yang berumur kurang dari 1 tahun bisa saja komposisi portofolionya masih tidak sesuai dengan batasan investasi di KIK dan prospektus karena manajer investasi masih belum merampungkan pembentukan portofolio.

Mega Dana Saham ??

eduboss's picture

Bro, Mega Dana Saham meskipun belum ada 1 th tapi return nya cukup bagus yah. Gimana pendapat Bro tentang Mega Dana Saham ??

Thanks.

coba sharing ...

Passion4U's picture

walaupun ane bukan expert, tapi ane coba dech jawab sepengetahuan ane. Mudah-mudahan membantu.

1. Reksadana sejalan dengan IHSG, secara umum benar kalo reksadananya adalah reksadana saham / campuran yang mempunyai komposisi sebagian besar di saham. Kalo reksadana pasar uang, pendapatan tetap mach kagak ada hubungannya dengan IHSG. Walaupun demikian tidak semua reksadana saham sejalan dengan IHSG, pada umumnya reksadana saham dari MI yang besar yang sejalan dengan IHSG, kenapa ? karena dengan jumlah dana kelolaan yang besar mereka biasanya akan berinvestasi pada saham blue chip yang persentase terhadap bursa juga tinggi. sehingga kelihatan kalo bursa naik dia ikut naik dan kalo bursa turun dia ikut turun. Memilih reksadana yang sejalan dengan bursa sangat penting, karena dengan begitu kita bisa memprediksi kinerja reksadana saham kita dan bisa tahu kapan masuk dan keluar dengan tepat. Kalo MInya suka gorengan, wah susah banget nggak pula pola pergerakan returnnya.

Mau tahu apakah benar reksadana yang anda pilih itu sama dengan pergerakan IHSG, caranya sangat gampang kebetulan bro autogebet yang sangat obsesif itu sudah membuat komparasi reksadana saham dan campuran dengan ihsg pada website ini. anda tinggal pilih reksadana saham yang anda senangi terus lihat grafiknya pilih jangka waktu SI (since inception - sejak terbit gitu) tinggal anda lihat kalo IHSG turun dia ikut turun apa enggak kalo ihsg naik dia ikut naik apa enggak. Secara umum anda akan melihat mereka segendang sepenarian ...

Pilih reksadana yang outperform the market artinya saat IHSG naik 1 dia naiknya 1,5 dan saat IHSG turun satu dia turunnya nggak sampe 1. Terus pilihnya reksadana yang secara konsisten outperform IHSG, jangan cuma sebulan dua bulan aja terus memble, keok dari IHSG. Selanjutnya tinggal lihat MI bonafide nggak (saya hanya akan invest di MI yang dana kelolaannya masuk 10 besar) dan yang tak kalah penting pilih yang fee-nya murah.

2. sekarang masuk reksadana saham ? kalo menurut saya sich udah agak telat. Kalau anda belajar technical analysis anda akan tahu bahwa target tertinggi IHSG dari swing ini adalah sekitar 2700-an ( dari swing ini lho bukan target selamanya, target hanya untuk swing yang sekarang sedang berjalan ... setelah itu dia akan turun dan kemudian baru melanjutkan rally lagi, tapi ada juga kemungkinan dia akan pull back sebelum mencapai 2700). Dari mana saya tahu ini, karena ini adalah titik 161,8 % dari Fibonachi Retracement. Gimana cara narik garisnya ? wah kalo itu panjang ngejelasinnya. Kalo mo belajar lebih lanjut ketik aja di google dan cari fibonachi retracement, nanti akan dijelasin indikator ini apa, kegunaan apa dan intepretasinya gimana. Inget lho intepretasi bukan ilmu eksak, Technical Analysis adalah ilmu probability bukan ilmu pasti.

support terdekat adalah 2400, dengan terbentuknya gap di 2400-an (lihat grafiknya di yahoo finance), so ada kemungkinan kalo terjadi pullback akan menyentuh dekat 2400 lagi, tapi nggak bakalan tembus kecuali ada berita fundamental yang sangat buruk.

walaupun kalo menurut saya sudah telat, secara risk / reward ratio sebenarnya masih masuk. Posisi sekarang 2500 sementara risknya 100 (2500 - 2400) sedangkan rewardnya adalah 200 (2700-2500). Nach masalahnya sekarang anda percaya nggak 2700 akan tercapai dalam 1 kali swing, ataukah malahan sebelum 2700 akan pullback dulu ke 2400 baru kemudian climbing lagi ke 2700. Tidak ada yang tahu pasti, saya biasanya hanya menetapkan target, tapi saya akan memperhatikan betul pola-pola reversal dari candlestick pattern dan chart pattern. so saya selalu adjust decision saya dengan kondisi terupdate di market. Disclaimer ON ya ... saya cuma kemukakan point of view saya, bisa salah bisa bener, decision di tangan anda sendiri.

3. cara terbaik kapan beli sudah saya sharing dengan tulisan Reksadana Saham Strategy in Action : Using Moving Average, memang dengan cara itu nggak maksimal. tapi ssstttt ... apakah anda tahu dengan tools yang sangat sederhana itu dari anjuran MA untuk masuk posisi bulan lalu sekarang anda minimal sudah untung 10 %. Itu masih yang pake indikator yang lagging (moving average) gimana kalo pake indikator yang agresif, hehehe ... nanti saya akan coba sharing cara yang lebih agresif walaupun juga lebih beresiko ... tapi nanti ya sekarang belon punya mood buat nulis lagi, soalnya ngejelasin yang agak intermediate susah kalo pake tulisan.

Rekor Tembus IHSG?

autogebet's picture

bro Passion4U, sbnrnya IHSG itu bisa paling tinggi mencapai nilai berapa ya?

kl kita lihat produk legendaris Fortis Ekuitas, harga per unit nya bisa tumbuh menjadi Rp. 9500 dalam 3 tahun.

untuk IHSG, apa bisa kita asumsikan bahwa dalam 3 tahun kedepan masih bisa meningkat lagi (mis: mencapai 10.000)? jika ya, tentu tidak masalah untuk memulai investasi sekarang di reksa dana saha (tidak terlambat2 amat gitu).

rekor tertinggi IHSG

mnwiria's picture

Sejauh ini rekor tertinggi IHSG adalah 2830 yang dicapai di bulan Februari 2008.

lagging

Anonymous's picture

hahaha ...

kadang portal reksadana bisa bikin ane ketawa juga ... @ sis mel ... mungkin sis mel nggak sadar, perhatiin nggak tanggal bro gebet nanya ... bro gebet nanya pertanyaan ini bulan oktober 2007 (yes you are right 1 year ago ... so sis mel jawabnya telat setahun ... huahaha) saat itu bursa masih di kisaran 2500 dan still climbing, ane ditanya berapa target swingnya ... waktu itu prediksi ane di 2700-an (ternyata masih bisa melesat sampe 2800-an), tapi lumayan lach bisa memprediksi walaupun pastinya nggak tepat banget lach ...

Above all, Ane harus mengakui ... sis mel ini orangnya sangat baik hati lho ... hampir semua pertanyaan dijawab dengan tuntas oleh sis mel ... proficiat buat sis mel ... jadi semakin pengen kopi darat sama sis mel ...

emang sengaja koq

mnwiria's picture

Emang sengaja koq. Meskipun pertanyaannya udah setahun lalu tapi sengaja aku jawab kemarin untuk mengangkat kembali topiknya, sekalian untuk mengingatkan bahwa IHSG pernah mencapai level 2800 lho di awal tahun 2008. Jadi biarpun sekarang IHSG masih terpuruk di level 1200, tapi kita tidak boleh patah semangat karena toh IHSG pernah mencapai level 2800 dan pasti bisa kembali ke level itu atau bahkan mungkin lebih tinggi lagi.

mentor yg baik

ma_kara's picture

setuju bro

sis mel memang baik hati sekali..... sy sering jg nanya dan sering pertanyaannya yg gak berkualitas n cupu tp sis mel selalu menjawab dngn telaten......

kl ada kontributor award gw pasti pilih sis mel yg dapat awardnya......

 

thanx

 

hanya berbagi

mnwiria's picture

Terima kasih atas pujiannya, tapi saya masih harus banyak belajar koq. Saya tertarik menjadi kontributor di Portal Reksadana karena saya hobi menulis dan ingin berbagi ilmu dan pengalaman.

Pertanyaan yang sederhana atau mendasar itu justru sering sulit dijawab lho. Jadi buat saya tantangan untuk bisa menjawab pertanyaan2 demikian karena harus bisa menulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti (ga ngejelimet) tapi cukup komprehensif sehingga pembaca bisa mendapatkan edukasi secara lengkap. Kebetulan perusahaan tempat saya bekerja juga dikenal selalu mengedepankan edukasi investor, jadi klop deh :)

NILAI SAHAM BUMI

ma_kara's picture

dear sis mel.....

ada yg ingin sy tanyakan soal nilai saham bumi.... dr awal dibuka susspensi nya saham bumi terus2an terkena auto rejection bawah.... hingga per tgl 19 nov sesi 1 nilainya jd 860.

kl ini terus berlangsung (kena auto rejection bawah) berapakah nilainya terendahnya apakah ada nilai minimum...saya pernah baca kl saham nilainya dibawah Rp. 50 maka akan dikeluarkan dr bursa... terus nilai sahamnya (kl dikeluarkan dr bursa) bagaimana?.. dan nasib investor ritel nya bagaimana?

 

thanx

salam ma_kara

silahkan dicek

toni_sa's picture

silahkan di chek :
1. liquidation value nya : net net
2. book value nya
3 intrinsic value nya , terserah mau nilai pake apa
DCF, DDF, dll

nanti akan keluar FAIR VALUE dari bumi KISARAN nya berapa
karena bisnis or company valuation itu bukan ilmu eksak,
kalo gak ngerti bisa digoogling aja ok

thnks

harga saham BUMI

Anonymous's picture

Hallo,

Berdasarkan Press Release dari Bursa Efek Indonesia PR No: 027/BEI.SPR/10-2008 tertanggal 12 Oktober 2008 PT Bursa Efek Indonesia mengeluarkan Surat Edaran No. SE-004/BEI-PSH/10-2008 tentang Pembatasan terhadap harga penawaran tertinggi atau terendah atas saham yang dimasukkan ke JATS di Pasar Reguler dan Pasar Tunai. Mempertimbangkan perkembangan pasar beberapa waktu ini, Bursa memandang perlu untuk melakukan perubahan terhadap ketentuan Auto Rejection sebagaimana yang tertuang dalam SE-009/BEJ/12-2001 tanggal 3 Desember 2001 untuk menjaga terlaksananya perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien. Adapun perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat di http://www.idx.co.id/NewsAnnouncements/EventsPressRelease/tabid/124/arti...

Jadi pada intinya, harga saham saat ini tidak bisa lebih rendah dari Rp. 50/lembar sahamnya.

Dari mana anda mendengar berita bahwa saham BUMI akan delisting jika harganya lebih rendah dari Rp. 50? Sejauh sahamnya masih likuid, emitennya belum bangkrut, atau emitennya belum beralih menjadi perusahaan tertutup (go private), suatu saham tidak bisa di-delisting. Saat ini memang banyak beredar banyak rumor di pasar, jadi sebaiknya hati-hati dan jangan sembarangan forward e-mail tentang rumor pasar atau berita-berita pasar yang kurang bisa dipertanggungjawabkan isinya karena bisa-bisa ditangkap aparat kepolisian karena disinyalir mengguncang kestabilan pasar - seperti kasus yang menimpa seorang staff Bahana Sekuritas baru-baru ini.

saham bumi

ma_kara's picture

thanx bro/sis anonymous atas tangapannya....

kl anda baca dng cermat di tulisan saya, tidak ada komentar saya yg menuliskan "saham bumi akan delisting jika harganya lebih rendah dari Rp. 50?" saya hanya menanyakan suatu saham yg nilainya turun terus sampai nilai tertentu apakah akan di keluarkan dr bursa?

saya ambil contoh saham bumi.....

btw trimakasih telah diingatkan utk lebih berhati2 di kondisi n situasi sekarang ini.

 

salam

dari gaya bahasa dan

autogebet's picture

dari gaya bahasa dan substansi content yg mengandung TA, nampaknya yg posting sbg anonymous itu sbnrnya bro Passion4U (bro ini memang suka lupa login). :D

IHSG in long term

Passion4U's picture

Bro autogebet ...

Jangan salah paham dengan komentar ane ... yang ane maksud target tertinggi dari IHSG di 2700-an adalah target tertinggi dilihat dari swing terakhir starting from 1900-an.

Jadi sejak titik terbawah IHSG terakhir, saya sudah tahu target yang paling tinggi adalah 2700-an nggak akan lebih dari itu, maksudnya kalo sudah mencapai 2700 dia akan jatuh dulu sebelum nanti climbing lagi.

Dalam jangka yang sangat panjang IHSG pasti ... ane bilang pasti akan terus climbing. Makanya di setiap artikel ane, ane selalu bilang no doubt in long term IHSG akan terus climbing. Climbingnya sampai berapa ... ya nggak akan ada pernah yang tahu. Dow Jones Industrial Average aja sekarang udah 13.500 dulu mana ada yang ngebayangin sampe setinggi ini.

So kalo investasinya adalah long term ... tidak pernah ada kata terlambat untuk berinvestasi. Yang ane bilang kemaren agak telat adalah entry point untuk swing terakhir, soalnya saat pertanyaan itu muncul IHSG sudah terbang dari 1900 ke 2500 (udah 600 point bo) sementara potensi naiknya maksimal tinggal 200 lagi yaitu ke 2700. Gitu bro ...

In 3 years jadi 10.000 kayaknya terlalu bombastis ya bro ... kalo 3 tahun lagi jadi sekitar 4000-an mungkin ane percaya ... tapi 10.000 hahaha kayaknya terlalu jauh. Ane yakin suatu saat nanti IHSG pasti jadi 10.000 tapi kayaknya tidak dalam jangka waktu 3 tahun. Dulu saat ane mulai invest di saham bursa masih 400-500 an ... kayaknya buat jadi 1000 aja susah tapi sekarang udah 2600-an tuch ... hehehe ...

mudah-mudahan menjawab ... karena ane adalah swing trader point of viewnya adalah short term to medium, jadi prediksinya juga short term to medium juga gitu bro ...

Syarat jadi trader ??

eduboss's picture

Bro, saya liat posting ini si Bro menyatakan diri trader short to
medium, maksudnya cari Profit di naek turun nya reksa dana kan ?

Saya
mau nanya nih apa syarat jadi trader reksa dana ? Duit yang berlipat ?
(karena duit di reksa dana ga bisa langsung cair, kudu nunggu 5-7 hari
kerja)

Harus belajar apa tehnik apa aja Bro ? Metode Swing itu yah ..

Tolong kasi tutorial dari dasar donk. Saya NOL tentang tehnik, tapi mau cobain cari duit dari trading reksa dana.

Bantuin ya Bro.

Thanks.

Memilih MI yang baik....

echo's picture

Bro... ada satu pertanyaan lagi nih.... :)

Gimana cara memilih MI yang baik? Ada tips2nya?

Soalnya sering denger MI bawa kabur uang client-nya (biasanya yang main forex), temen gw jg kena tuh dana 100jt dibawa kabur, sampe sekarang masih terus nguber2 tuh MI yg kabur.

Kalo mau tau MI yang terdaftar di Bapepam bisa diliat dimana yah?

MI Baik = AUM yg gede

Passion4U's picture

Bro echo ...
ini juga udah ane sharing di artikel "panduan memilih reksadana ala Passion4U". Pemilihan MI yang baik ada di urutan prioritas pertama. Caranya gampang, lihat aja yang punya Asset Under Management masuk dalam 10 besar. Kalo mau lebih strict lagi pilih 5 besar aja ... biar aman. Dana kelolaan yang besar menyiratkan banyak orang yang percaya pada MI tersebut, walaupun biasanya kinerjanya tidak akan kinclong karena kegendutan (every movement will affected the market so dia nggak bisa keluar masuk sembarangan).

Ngelihatnya dimana ada di website resminya Bapepam, mungkin bro juga bisa minta tolong bro autogebet untuk masukin di site ini. Kalo mo shortcut bisa lihat di competitor portalreksadana hehehe yaitu di www.infovesta.com di bagian kanan bawah itu ada ranking MI pengelola asset terbanyak. kayaknya namanya nggak jauh-jauh dari manulife, schroeder dech ...

MI yg terdaftar di Bapepam

echo's picture

Thx bro atas masukannya.....

Dari tadi googling, akhirnya ketemu daftar MI yg punya ijin usaha di Bapepam, bagi yg blom ada bisa buka di:

http://www.bapepam.go.id/pasar_modal/publikasi_pm/siaran_pers_pm/2007/pd...

Tertarik juga nih Bro.... bahasan tentang ETF

Tengkyu....

echo's picture

Thx atas sharingnya bung

Sangat membantu sekali buat saya yg baru. saya coba lihat keadaan trend pasar dulu, apakah naik atau turun. Sepertinya akan banyak yang melakukan profit taking.....

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.