Dana Darurat Sebaiknya Dimasukkan Kemana?

dunkz's picture

rekan kita NewBeginning menanyakan:


Saya kan baru mulai mengerti tentang pentingnyainvestasi dan memiliki juga dana cadangan/darurat. Saya mau tanya saya memiliki dana darurat yang jadi pertanyaan saya adalah apakah lebih baik saya mendiamkannya saja di bank saya. Saya malah bawaan jadi pengen diambil dan melihat bunganya yang sangat kecil bahkan bisa jadi minus dana saya karena saya punya dana darurat juga kecil sekali. Apa lebih baik saya masukin ke reksadana money market /fixed income/deposito? saya kurang paham ketiganya itu dalam kaitannya dengan keamanan uang dana darurat saya tersebut dan tingkat pengembaliannya.

@NewBeginning,

Sesuai dengan namanya, dana darurat harus memiliki sifat sebagai berikut:

1. Tidak boleh digunakan semau kita (hanya digunakan dalam kondisi darurat).

2. Terjaga nilainya.

3. Dapat dipergunakan langsung saat dibutuhkan (tanpa harus menunggu lagi).

Sebenarnya
paling bagus ya di tabungan. Tetapi kalau agak concern mengenai bunga yang kecil, mungkin alternatifnya adalah deposito. Sayangnya jika kita menaruh dana kita dalam deposito, poin no 3 agak susah dipenuhi. Mungkin bisa disiasati dengan memecah dana dalam 2 deposito dengan waktu jatuh tempo yang berbeda.

BR,

dunkz

 

Comments

mau mulai..

Em_gabriel's picture

salam,bro.salam untuk smua jg..

sy masih tergolong baru ni.br kerja dan br akan memulai investasi.umur 22thn.pghasilan skitar3jt/bulan.

rencana:

1.pgn invest tp bingung mau di instrument apa(selain saham).

2.2-3 thn lg pgn married hehe..

jadi,sebaiknya di mana yak?

kalo dana darurat kalo g salah 3-4 kali gaji kn?

thx bwt sarannya.

-Em-

jd mo sharing jg, sy jg nubi

tukiwul's picture

jd mo sharing jg, sy jg nubi di dunia investasi, baru sekitar 2 minggu baca2 internet ama buku reksadana, trus baru sminggu yg lalu nempatin di RDS dgn alasan

1. masi muda, 24 taon, mo portfolio agresip

2. dah siapin mental buat tekor dengan prinsip high risk high return

3. duit yg ditaro bner2 buat invest, bukan buat kbutuhan...

buat bro em, met berinvestasi, banyak2 browsing di internet aja, soal invest mah yg penting banyak blajar dan sesuain invest dgn profil km sndiri, bro war_no bilang RDPT lebih cocok, tp klo sy lebih cocok RDS, tergantung masing2...

yg penting mah dari penghasilanmu itu, brapa % yg bisa km sisihin buat invest ? slama ini sy pgn nabung dgn target 60%, tapi ujung2nya cuman terealisasi skitar 40%, krn dana darurat dah ada, smuanya diniatin invest, dan yg penting utk nubi kek kita, invest musti rutin... moga2 aja bisa numpuk buat modal kawin... modal gedein anak, modal nyekolahin anak, modal rumah, modal mobil, modal pensiun...

 

enggak RDPT doang koq

war_no's picture

Sekedar ngelurusin,  

Ane bilang cocok ke RDI (reksadana Indeks) ame RDPT, koq. enggak  RDPT doang, biar bisa Rebalancing, gitu.

lam kenal, 

mulailah dari diri sendiri

mulai dari yang kecil

mulai sekarang juga

kalo menurut suhu2 di sini

war_no's picture

kalo menurut suhu2 di sini dan diluar sono, disarankan sbb:

1. lunasi hutang, kalo enggak punya, hutang saya juga boleh dilunasin, ikhlas koq, hehehe...

2. siapkan dana darurat, boleh 2 kali sampe 6 kali gaji, taruh di deposito aja, dipecah jadi 3 ato empat dengan selisih tgl jatuh tempo. kalo enggak percaya ama bank, boleh titipin saya ato bro autogebet.

3. ikut asuransi jiwa murni juga boleh, tapi jangan UNIT LINK, yaa...

4. baru investasi, untuk pemula seperti kita, koq sepertinya cocok punya 2 jenis reksadana: reksadana indeks, ama RDPT. agar bisa rebalancing tiap akhir tahun untuk mengurangi resiko fluktuasi.

5. Istiqomah, alias teguh pendirian, jangan pernah tergoda untuk bongkar investasi, biarpun MU mau bertanding lawan Badoet All Star, hehehe...

6. kalo udah, cuci kaki dan berdoa sebelum tidur, sehabis kecapekan baca balesannya, hehehe...

 

Newbie bin beginner member

mulailah dari diri sendiri

mulai dari yang kecil

mulai sekarang juga

Om dunkz Saya mau bertanya

gogglefive's picture

Om dunkz

Saya mau bertanya yg mirip dengan topik yg anda bahas. Sebenarnya darurat banget sih nggak karena saya masih ada orang tua yg tergolong mampu untuk dipinjami duit. 

Saat ini alokasi investasi saya sbb:

  1. Bulanan 500rb dr gaji untuk beli reksadana index saham (via IMD di Danareksa Sekuritas) 
  2. Tabungan 31%
  3. Reksadana Campuran 14%, beli lumpsum bareng RDS
  4. Reksadana Saham 10%
  5. ORI 1 10%, jatuh tempo Agustus 2009
  6. Saham 30%
  7. LM emas 6%

Saat ini saya lagi bingung untuk mengalokasikan tabungan yg 31%. Rencananya porsinya akan saya jadikan 15 - 20% saja. Trus ORI saya juga jatuh tempo Agustus nanti. Dimana sebaiknya saya alokasi tabungan dan ORI yg akan jatuh tempo itu?  Jgn bilang deposito, bunga terlalu kecil apalagi sejak BI rate turun jadi 6.25%. Apakah pilihan Reksadana Pendapatan Tetap bisa jadi pilihan di saat BI rate turun jadi 6.25%?

 Untuk saham/RDS/RDC saya tidak ingin menambahnya lagi. Saya sedang mencari investasi yg risikonya lebih kecil dari saham/RDS/RDC tetapi dengan return yg lebih tinggi dari deposito, mudah cair, dan biaya beli yg relatif kecil

 Terima kasih untuk sarannya

hai googlefive mau coba bantu

NewBeginning's picture

Dari pengalamanku dana daruratku akhirnya masuk ke deposito tapi ke bank BPR (yang dijamin LPS) jadi bunganya lebih besar dari bunga deposito biasa. aku punya sekitar 10% bunganya saat ini. Tapi mesti dicek juga laporan keuangannya BPR itu karena banyak BPR yang bermasalah keuangannya. diceknya bisa dari  http://www.bi.go.id/web/id/Publikasi/Laporan+Keuangan+Publikasi+Bank/Bank/BPR+Konvensional/laporan_si_bpr_id 

tapi kata banyak orang BPR itu kurang aman karena istilahnya dana kelolaannya lebih kecil dari yang dikelola bank besar. jadi katanya jangan banyak2. jadi disclaimer is on ya :)

^ lupa

mine_hudson's picture

 lupa login

Best Regards,
Yoga
selalu teringat kata2 "invest your time before invest your money"

Dana nganggur untuk investasi

ekopurwanto19's picture

Dear bro and sis yg baik,

Sorry kalo numpang threatnya bro Dunkz, abis bingung cari untuk buka threat baru dengn topik yg hampir mirip.

Saya rencana mau buka Reksadana untuk mendevirsifikasi investment saya selain tabungan dan asuransi/deposito. Setelah beberapa hari ini coba baca baca info di portalreksadana ini, saya sangat tertarik untuk mencoba lagi. Dulu saya pernah ikutan reksadana lewat MI trimegah dan nikko securities tapi sudah cukup lama saya tinggalkan krn ada perlu untuk beli Rumah.

Karena sempet off dalam waktu lama dan tidak cukup mengikuti perkembangan Reksadana, saya mau minta pendapat utk "dana free" yg saya mau pakai untuk long term investment 3-5 thn atau bahkan 10 thn dgn top up routine perbulan kira kira RD mana yg prospectusnya baik? apa baiknya ambil 2-3 RD ketimbang di satu jenis RD?

Kalo ada yg mau jualan langsung/recommend ke saya juga silahkan di pm langsung ke email or ym: e_pwtatyahoo [dot] com.

Kemaren sudah sempet tanya tanya melalui Bank Mandiri, tp masih belum menemukan reksadana yg tepat, krn info yg saya dapat dr cust servicenya masih belum lengkap sekali.

Kalo saya bisa sisakan perbulan 2-3jt untuk reksadana apakah nilai ini terlalu kecil untuk ikutan berinvestasi?...

Mohon sharing pengalaman dan infonya.

Thank you yaaah...

 

 

 

 

 

saya pilih RD PU atau deposito

hdedy's picture

cuma mau tambah2 info aja. bukan iklan loh. Bank Panin ada deposito 7 hari. Kemaren saya baru dapet brosurnya.

Kalau saya pilih RD Pasar Uang. Coba aja liat di koran atau infovesta. RD PU ada yg sebulan 1,3%. Kalau 1 tahun jadi 15,6%. (Bener gak yah hitungannya?). Kalau di Bank mau bunga segitu sih musti duit miliaran kali yah.

RD Pasar Uang keluar masuk juga gampang. Cuma kalau lagi sial yah kaya kemaren ada yg di-suspend sementara RD-nya.

Terus sy minimal 2X-seminggu pantau "persen bunganya". Kalau turun2 terus sy keluarin dan masuk ke RD PU lain.

deposito or RDPU

adibe's picture

menurut saya, pilih kedua2nya, sebagian dana untuk deposito n sebagian juga untuk RDPU, lalu pelajari dan evaluasi. Cuma return RDPU agak lebih aktratif sedikit drpd deposito. tapi perlu dijuga tetap untuk invest jangka panjang (RD saham, secara bulan saja), kendatipun sekarang masih terseok2, he he he 

demikian pengalaman saya 2 tahun terakhir ini dgn kendaran investasi tsb.

thanks and regards, dib

gak capek?

Anonymous's picture

gak capek tuh, ngereview 2x seminggu? saya review cukup 1x setahun :D ... lagipula kalau keseringan keluarg masuk, gak sayang kepotong biaya subscribe/redeem?

-lilyardas-

Tergantung horizon investasi

hdedy's picture

Semua RD Pasar Uang tidak kena biaya subscribe & redeem. Saya perlu monitor soalnya RD PU basisnya obligasi dan deposito. Obligasi ini harganya bisa naik turun. Return RD PU bisa aja negatif sesuai pengalaman sy jd hrs dimonitor. Saya rasa tidak merepotkan karena cukup buka koran di bagian reksadana. Kalau review 1x setahun saya pikir kendaraan investasi ibu(bener ibu kan?) tidak se-volatile kendaraan saya yah? Sorry gak kepikiran volatile bahasa Indonesianya apa.

Sementara

barkah's picture

RDPU yang sebulannya 1,3% hanya sementara saja, jadinya tidak menutup kemungkinan akan turun kurang dari 1 %. Jadinya tidak bisa dipatok RDPU yang menghasilkan 1,3 % pada bulan tertentu akan menghasilkan keuntungan 15,6% dalam setahun.

Referensi

barkah's picture

Coba buka

http://qmfinancial.com/content/view/175/70/ 

Terimakasih bro Dunkz

NewBeginning's picture

Terimakasih bro Dunkz,

Maaf ya saya mau bertanya lagi, bukankah kalo deposit itu jika kita ambil sebelum waktunya itu bisa kena pinalti/biaya tambahan? oh ya karena bingung dana darurat mau ditaro mana, akhirnya tadi siang dana darurat saya itu saya masukkan sukuk ritel yang baru launching itu. Menurut Bro Dunkz/teman-teman bagaimana tingkat likuiditas dari Sukuk itu&apakah jika saya jual sebelum waktunya adakah saya akan merugi?

Dana darurat & deposito

rdlshell's picture

Betul biasanya deposito kalau belum jatuh tempo kena penalti, tetapi ada dibeberapa bank yg membolehkan untuk break ditengah jalan, contoh citibank & commonwealth , karena saya menyimpannya disitu, dan sudah melakukannya. Langsung aja telpon ke bank sana.

Ukuran Dana darurat seharusnya disimpan ditempat yang liquid artinya yang bisa dicairkan kurang dari setahun (menurut teori begitu) tapi saya kurang sependapat, harus ada dana darurat yang bisa dicairkan dalam wktu beberapa hari.

 

ina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

deposito citibank

rdlshell's picture

Sharing aja, deposito di citibank bisa dibreak kapan aja, tidak kena penalti, tp bungai dihitung proposional. Misal kontrak 1 tahun, dibreak wkt 2,5 bulan, berarti bunganya dihitung yg 1 bulan. tapi dari pokok enggak dikenakan penalti

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Deposito BCA

sunrise's picture

Mohon maaf sebelumnya, saya newbie juga tapi mau berbagi sedikit informasi tentang deposito di bank BCA. 2 hari yang lalu saya buka deposito di BCA , saya pilih yang 3 bulan, suku bunganya 7,75% pa.

Enaknya bisa di break kpn aja tanpa kena penalti, tapi perhitungan bunganya sesuai denganpaket yang kita pilih. Saya rasa ini bisa menjadi salah satu alternatif buat nyimpan dana cadangan kita.

Salam kenal semua.

Deposito BCA

roselyn_pure's picture

Mau tanya..

Untuk deposito BCA, ada biaya administrasi atau biaya lainnya ngga? 

 

IHSG

ma_kara's picture

bro sis..... tentunya sudah mulai senyum2 melihat portfolio RD nya.... dibandingkan awal tahun.....  RD mulai sedikit memperlihatkan kekuatannya... .... apalagi yg masuk dr index 1100.....

hari ini tembus gak ya 1700..........  hope mode on

 

ma_kara

Tembus 1700

Elisabeth's picture

Akhirnya IHSG berhasil menembus angka 1700.  Syukurlah akhirnya dapet profit juga (sementara).

tembus 1700

ma_kara's picture

dear sis elisabeth....

iya neh akhirnya....

he he he dah bisa senyum sedikit ya....      besok rawan take profit...

 

salam

ma_kara

ihsg

Agus Mulia's picture

+ setuju bro ma_kara, soalnya portal ini jadi ikutan lesu darah sebab ihsg nyungsep terus sejak awal 2008 - smp bro gebet lupa tulis oleh2 KDR2 disini.

+ semoga 2000 saja sih lewat 2009 ini, soalnya pilpres sdh >95% sukses & biar bro sayogo / tukul / anak bali dll yg lagi pd bertapa segera muncul kembali disini.

IHSG

ma_kara's picture

iya bro agus mulia..... semoga tahun 2009 ini tembus 2000....

padahal saya berharap sekali kontributor2 portal banyak beri artikel yg buat kita terus bersemangat utuk berinvestasi..... krn terutama saya msh newbi sekali.......

 

salam

ma_kara

IHSG

St. Mas's picture

Same Here Mas,

Lesu yah..

Ini hasil pilpres udah "yah katakanlah" ada, BI udah turunin rate bunga, inflasi bagus..tapi koq ya ndak bangkit2 ini IHSGnya..

Mungkin karena modal kita (investor indonesia, besar dan kecil) semua dijadiin satu masih kalah sama 50%nya modal asing (pihak luar negri yang juga beli paper investment indonesia) ya ?..Udah gitu hobi kita juga ikut nggoreng2 ya..

Prihatin, sama yang masuk RD di periode 2007 akhir - 2008 akhir, sabar ya.., nabung terus pantang mundur.

dan dagang aja deh, lebih real & tactical hasilnya. 

-stmas-

hiks IHSG

rdlshell's picture

ayo donk.... naek IHSG nya....

Rina DL

FP

IHSG 2100

Elisabeth's picture

Akhirnya nyampe juga di 2100 - an stlh brp lama pusing ngeliatnya alias volatile...moga2 besok nggak nyungsep terlalu byk (kalo bisa sih naik).He..He...He

Dana Darurat

Andi Ilham's picture

bagi2 pengalaman, memang betul saat akan mencairkan deposito harus pada saat jatuh tempo apakah sebulan,3,6,12 bulan.dan biasanya bank memberlakukan otomatis dalam perpanjangannnya dalam artian jika kita tidak tidak mencairkan dalam waktu(mislnya 1 bulan)maka berlanjut satu bulan berikutnya dan dalam mencairkan dana deposito harus sesuai tanggal yang btercantum pada sertifikatnya(saat membeli)dan alternatif apabila tidak mau kena penalty, deposito kita bisa di hold dengan menghubungi pihak bank terlebih dahulu.

Sukuk ritel: apabila akan dijual sebelum 1 tahun akan ada potongan juga(ori). nah apakah untung atau rugi itu tergantung harganya hari itu dan untung klo ada yang mo beli karna biasanya tidak langsung ada yang mau beli,perlu ditawarkan terlebih dahulu, apalagi sukuk termasuk baru meskipun tidak beda jauh dengan ori.Klo saya, sukuk bukan dana darurat. 

 

@bro autogebet

ma_kara's picture

halo bro.....

mau menanyakan soal portal reksadana matrix(prm)....

apakah data yg keluar di prm selalu update mksdnya reksadana apasaja yg masuk di zona gold atw yg zona lain, mengingat situs bapepam masih down?

 

thanx bro

ma_kara

PRD Matrix mengikuti data bapepam

autogebet's picture

dear ma_kara, sama seperti feature lainnya, PortalReksadana Matrix mengikuti data yang bersumber dari Bapepam. Sehingga, posisi matrix ini masih per Sept 2008 kmrn sehubungan situs bapepam masih down.

semoga bapepam lekas sembuh ya.

*menghela napas*

@bro autogebet

ma_kara's picture

dear bro.....

thanx atas responnya.....

kita semua berharap bisa pulih kembali situs bapepam....

 

thanx

ma_kara

coba di bank syariah

Anonymous's picture

untuk deposito, bisa dicoba di bank syariah.... saya dulu bikin deposito di bank muammalat, term 6 dan 12 bulan, bisa dicairin walaupun belum jatuh tempo. Hanya dikenakan biaya adm 50ribu, dalam waktu 3 hari sudah cair. Tahun 90an pernah juga nyairin deposito sebelum jatuh tempo di bank bni, kena penalti 25%.... ngekkk!!!

-lilyardas-

ikutan komen ya

Anonymous's picture

bener kata bro dunkz, itu adalah sifat dari dana cadangan. jadi karena memang sifatnya penggunaannya jangka sangat pendek bahkan harus siap digunakan sewaktu-waktu maka hasil dalam hal ini bunga tidak harus menjadi pertimbangan.
Tapi sebenarnya kita bisa mengakali hal ini. Anda bisa masukin ke deposito atau money market,sisakan sekitar 1 kali pengeluaran per bulan di tabungan yang tidak ber ATM (kalo perlu pake BPR he he ) dan sisanya bisa ke deposito atau RD money market. Nah supaya sifatnya yang harus bisa diambil tiap waktu bisa tercapai, Anda bisa gunakan sarana kartu kredit sebagai jalan keluar. Artinya gunakan kartu itu saat ada pengeluaran mendadak dan lunasi kalo pada waktu ada tagihan dengan mencairkan RD money market atau deposito.

semoga membantu

-e-

Trims bro & sis atas saran-sarannya!

NewBeginning's picture

Trims bro & sis atas saran-sarannya!

Saya jadi lebih paham apa keuntungan dan kekurangan masing-masing jenis produk keuangan tsb. Walaupun saya sudah memasukkan dana darurat saya ke Sukuk yang tampaknya bukanlah pilihan terbaik. Ya sud karena sudah tanggung saya akan meneruskan sukuk itu sambil membentuk dana cadangan baru saja deh. Di masa depan saya akan lebih mengerti lagi masing-masing pilihan produk keuangan tsb. Oh ya saya masih belum mengerti mengenai reksadana fixed income dan money market. waktu itu saya pernah menanyakan mengenai dana cadangan darurat masuk kemana secara singkat pada Safir Senduk ketika ada acara seminarnya. Beliau berkata jangan di fixed income karena masih bisa turun nilainya. Saya bingung kenapa tapi tidak bertanya lagi karena buru2. Yang saya bingung adalah penempatan dananya dimana sih kalau reksadana fixed income sehingga nilainya masih bisa turun dibanding money market?

@NewBeginning

dunkz's picture

 Coba cek di sini :

http://www.portalreksadana.com/node/225

Saya pernah menulis ttg hal tsb.

 

"invest your time before invest your money"

visit my blog at http://warung-reksadana.blogspot.com

dan http://parahita.wordpress.com

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.