WALLSTREET 19 SEPTEMBER 2008

Hardjoeno's picture

Pemerintahan SBY-JK diuji pasar
Bank komersial wajib belajar mengelola utang dengan baik, karena dana yang dikumpulkan dari para nasabahnya adalah dana yang dikumpulkan secara bertahap yang diperoleh dengan memeras keringat .
Pemerintah harus mempertimbangkan penerbitan SUN yang penggunaannya dicadangkan untuk menambal defisit. Lebih baik mengurangi subsidi dan menghadapi demonstran untuk diajak diskusi dari pada menghadapi kehancuran .

Setelah tanggal 15 September penulis menurunkan berita WALLSTREET BERANTAKAN, bak tsunami di pasar bursa, para pendekar Amerika Serikat yang terdiri dari Presiden Bush, Boss the Fed Ben Bernanke, Menteri Keuangan AS yang juga berfungsi tugas selaku Treasury Secretary Henry Paulson, mereka mengambil peran yang sangat penting memperbaiki pasar bursa Amerika yang sempat mencapai titik terendah di 10.609 pada 17 Sept 2008 yang lalu.
Pada hari Jum’at tanggal 19 September 2008, pasar Amerika sudah rebound , dibuka pada 11.027 dan ditutup 11.388 atau naik sekitar 368 atau 3,35%

 

 

KRISMON 10 TAHUN yang lalu di INDONESIA terjadi sekarang di AMERIKA.

Menurut informasi pemerintah AS melalui Departemen Keuangan nya mengusulkan penyelamatan keuangan dalam negeri kepada Kongres untuk penyelamatan asset bermasalah di lembaga keuangan dan sekaligus untuk menjaga stabilitas pasar guna melindungi para investor dan ekonomi AS. Dana yang diusulkan sekitar US $ 700 Milliard.

Kalau di Indonesia, hal itu mirip dengan BLBI, yang kemudian pemerintah membentuk BPPN, karena dana yang diajukan ke kongres tersebut akan dipakai untuk membeli asset rumah gadai (mortgage) dan rumah hunian serta gedung commercial. Bedanya dengan Indonesia apabila Kongres Amerika sudah menyetujui, Menteri Keuangan nya tidak akan terkena tuntutan pengadilan.

Di Indonesia langkah-langkah penyelamatan melalui BLBI yang menghasilkan pembentukan BPPN dan dilanjutkan dengan PT.PPA, masih menuai kritik dan masalah yang hari ini masih ditangan Kejagung.

ANALISA dan PENGAMATAN PASAR SAHAM INDONESIA

Pasar Bursa saham mata uang dunia anjlok setelah muncul sentimen negatif bangkrutnya LEHMAB BROTHERS dan BOA mengakuisisi MERRIL LYNCH, minyak dan emas naik lagi, dan harga CPO turun sehingga memperburuk situasi pasar saham

Kondisi seperti diuraikan diatas sebenarnya hampir mirip di Indonesia 10 tahun yang lalu yg lebih familiar disebut “krismon”, atau TMP (tight money policy).
Kondisi buruk dimulai juga dari Thailand, bedanya selain Bankok Bank masih punya exposure investment lebih dari US 100 Juta di Lehman, beberapa hari yang lalu Thailand dilanda masalah politik dan sempat menutup pasar bursa saham dinegara itu.

Rusia sempat menutup dua hari dan kondisi dalam negeri nya diawali dengan penyerbuan pasukan ke Georgia. China juga sempat melakukan suspend.

BLACK MONDAY

Nilai Rupiah juga anjlog sampai pada 9500 an dan disusul dengan IHSG yang menyentuh angka terendah tahun ini pada hari senin 15 September 2008 pada angka 1.719, sama dengan kondisi di Amerika.

Pemerintah AS yang menyelamatkan FREDDY & FANNIE beberapa minggu lalu dengan beban setara Rp 5.800 trilliun, menghadapi masalah lain, yakni AIG yang juga punya cabang di Indonesia perlu penyelamatan sekitar UD $ 85 milliard.

MERRILL LYNCH yang mengalami kerugian, sangat beruntung karena di take over sebagian sahamnya (US $ 50 Milliard) oleh Bank of Amerika (BOA).

MORGAN STANLEY sahamnya melorot sekitar 24% menjadi US$ 21.75 sedang mengadakan pembicaraan dengan beberapa lembaga keuangan dari ASIA (hebat ya) al : HSBC, Wachovia Corporation, CITIC China .

GOLDMAN SACH sahamnya juga merosot 13,9% menjadi 114,50 dolar.

LEHMAN BROTHERS, yang sudah berdiri sekitar 158 tahun dan berasset sedemikian besar bisa ambruk. Tapi dia memilih masuk Article 11 atau dipailitkan. (Bagaimana dengan institusi keuangan di Indonesia kalau tidak berhati-hati)

Kasus krismon juga merambat ke Inggris , yang berakhir pada akuisisi terhadap HBOS (Halifax Bank of Scotland) oleh Lloyd Plc yang pada ujungnya akan memegang pasar mortgage terbesar di Inggris dan sepertiga nasabah orang Inggris. Sebuah akuisisi yang bermodel affiliasi dan sekaligus sinergi yang cantik.

Menurut Reuters, Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Haruhiko Kuroda saat membuka konferensi subprime mortgage di Manila Filipina pada hari Kamis 18Sept 2008, juga mengingatkan agar para Gubernur Bank sentral dan Pemerintah Negara Asia terus berkoordinasi lebih erat untuk menjaga kestabilan pasar di kawasan regional.

Penulis meyakini bahwa kondisi perekonomian global yang buruk akan membawa ketidak nyamanan bagi pengambil kebijakan di tingkat pemerintahan, khususnya Presiden dan Wakil Presiden serta Menko Perekonomian dan Gubernur Bank Sentral untuk sekitar enam (6) bulan kedepan. Pada akhir-akhir ini diketahui bahwa SUN (surat utang Negara) yang road show nya dilakukan di Amerika pasti juga dibeli oleh mereka yang mengalami kebangkrutan. Bagaimanakah nasib surat berharga tersebut pasti akan dirasakan oleh pemiliknya.

Pemerintah bersama DPR harus bahu membahu dan berpikir secara ekonomi macro dan sekaligus memikirkan ekonomi mikro, DPR harus melepaskan baju politik masing-masing untuk memikirkan kesinambungan kebijakan ekonomi dalam negeri. Pemerintah wajib memonitor dan dana pembangunan yang sudah didistribusikan agar sector riil berjalan. Pemerintah harus berani memberi sangsi tegas kepada pelanggar penggunaan dana APBN.

DPR harus fleksible memberikan ijin prinsip kepada Meneg BUMN agar pada saat yang tepat bisa Meneg BUMN bisa mengambil langkah privatisasi pada perusahaan yang sudah direncanakan IPO, (al, PTPN, Garuda, PTKS, BTN). Khusus BTN wajib memperoleh dana jangka panjang untuk menjaga kesinambungan institusinya agar dapat diandalkan sebagai Bank pemberi fasilitas pinjaman dibidang perumahan untuk masyarakat bawah.

Perusahaan BUMN Tbk juga perlu membuat corpotrate action dan membahasnya dengan BAPEPAM-LK melalui program buy back agar memperoleh profit guna meningkatkan deviden, karena fundamental perusahaan BUMN Tbk cukup baik, meskipun beberapa saat yang lalu turun drastis. (Lihat posting minggu 14 September 2008, tentang kesempatan investasi saham BUMN)

Langkah para pendekar perekonomian perlu diacungi jempol, karena cukup waspada dalam menghadapi kondisi perekonomian global yang buruk. Namun kewaspadaan perlu ditunjang dengan kekompakan antara Pemerintah dan DPR. Jangan sampai DPR tidak ikut mengantisipasi acuh tak acuh dengan kondisi ini dan hanya memikirkan politik dalam menghadapi pilcaleg dan suksesi tahun 2009.

Comments

Nasib RDS ??

midut's picture

Pagi, bung.. thanks artikelnya bagus n bikin bertanya-tanya ;

1.klo memang kondisinya spt itu,trus gimana gambaran nasib RDS?

2. perkiraan bullish IHSG sampai sejauh mana ya (dihitung dari hr ini)?

3. sebenernya sinyal2 apa sih yg bisa memperkuat IHSG kita?

maaf ya bung klo nanya-nya spt ini,trimakasih.

Midut 

 

 

Nasib RDS - termasuk keputusan politik

Anonymous's picture

Bung Midut.
1. Sebagaimana diketahui bersama beberapa tahun yang lalu, indonesia sudah sepakat ikut dalam percaturan pasar global, kalau tidak salah ada kesepakatan sebelum penandatangan Seattle (zaman P.harto), kemudian berlanjut dimana dan terakhir di ratifikasi di Doha , Qatar. Secara ekonomi makro, nasib Indonesia masuk dalam percaturan pasar dunia dan tidak bisa menutup diri / membatasi keluar masuknya uang yang beredar didunia (termasuk dan dari hedge fund), disamping itu pemerintah RI juga menganut pasar bebas. Saya kira kita semua sepaham bahwa Amerika adalah pasar yang sangat besar bagi Indonesia, khususnya bagi barang produksi yang masih banyak mempergunakan tenaga kerja al garment, textiel, meubel dlsb. Dan RDS menurut saya akan dipengaruhi oleh para manager investasi yang menyusun komposisi RDS tsb. Tapi utk RDS di Indonesia rasanya komposisi saham emiten yang produk nya disebut diatas tidak terlalu menonjol, berarti komponen RDS nya juga tidak mencakup saham emiten dari produk itu.
2. Dihitung dari ini, diyakini tidak ada satu analis yang bisa memperkirakan kapan terjadi "bullish" , karena tadi malam tgl 24 september 08 (WIB) saya masih mengikuti live di bloomberg yang dihadiri Ben Bernanke (The fed) , Secretary of Treasury / Finance Minister Paulson, dan para anggota congres yang masih berbeda pendapat tentang model dan cara penyelamatan perusahaan2 keuangan kelas dunia. Morgan memang dibantu penyelamatannya oleh Warren Buffet setelah melalui berbagai alternatif termasuk lembaga keuangan dari ASIA. Merrill Lynch oleh BOA, tapi Freddy & fannie, AIG masih membuka peluang debat dalam resque plan ini. Sedang di Inggris HBOS (Halifax Bank of Scotland terbantu dengan model akuisisi dan sinergi yang sangat cantik oleh Lloyd Plc.
3. Sinyal yang dapat memperkuat IHSG, sebenarnya sangat erat hubungannya dengan ekonomi makro, (terutama saat sekarang). Pertama sejauh mana pemerintah RI mersedia mengendorkan likuiditas yang sekarang sedang diberlakukan (mrt saya skr ini Pem RI sedang melakukan tight money policy) karena inflasi yang sudah tinggi, berarti uang beredar terbatas, maksudnya agar pemilik dana tidak masuk dalam ranah consumerism. Kedua bagaimana penyelesaian masalah keuangan GLOBAL di Amerika dan Eropah bisa segera teratasi, sehingga uang mereka bisa terbang lagi ke pasar BEI karena sebenarnya kondisi politik cukup baik dan didukung dengan index korupsi yang membaik. Kalau di Indonesia, pendekar ekonomi (Menko Ekuin/Menkeu, BI, Meneg BUMN) sudah mengambil langkah yang sangat bagus menurut ekonomi makro, dan secara regional Asian Development Bank juga sudah menghimbau agar pemerintah dan Bank sentral agar lebih kompak menghadapi hal terburuk yang sangat mungkin terjadi dari sebuah keputusan politik di Amerika. Karena like or dislike, "RESCUE PLAN" yang akan diambil ditetapkan secar politis.
4. Tambahan, malam ini saya berharap Amerika mengambil solusi strategic, karena kebijakan (KEPUTUSAN POLITIK) yang akan diambil akan membawa pengaruh pada pasar BEI. Cukup menarik di Bloomberg malam ini karena banyak akademis, Lawyer dan ketua asosiasi home builders dan ikut berbicara, hal ini membuktikan bahwa keprihatinan sdh dirasakan benar di semua lini sehingga senate "LAWMAKERS" sudah diundang (mungkin untuk membantu merancang undang2 penyelamatan).
Kira-kira demikian, dan saran saya bagi pemilik RD atau saham, jangan melakukan cut loss, karena tidak ada seorangpun yang akan mengganti kerugian anda, cukup kiranya ikut mengencangkan ikat pinggang sejenak dari pada pinggangnya hilang.
Saya percaya , PASAR ADALAH SEBUAH AKSI DAN REAKSI, kalau malam ini (wib) keputusan politik yang akan diambil pem AS sifatnya positif, maka besok pagi pasar akan bergerak positif
Hardjoeno

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.