SAHAM BUMN (Kesempatan berinvestasi disaat merah)

Hardjoeno's picture

SAHAM BUMN (Kesempatan berinvestasi disaat merah) Saham BUMN yang sudah diperdagangan di pasar bursa saham juga mengalami penurunan. Namun saham-saham tersebut memiliki fundamental yang baik, sehingga diharapkan dapat terangkat cepat diasaat pasar rebound. Seperti terlihat pada graphik saham BUMN, saat ini terbagi dalam 5 sektor yaitu :

  1. Sektor Keuangan adalah :
    1. BBRI
    2. BMRI
    3. BBNI
  2. Sektor Konstruksi & Infrastruktur adalah :
    1. ADHI
    2. WIKA
    3. JSMR
    4. CMNP
    5. PGAS
    6. TLKM
  3. Sektor Tambang adalah
    1. PTBA
    2. ANTM
    3. TINS
    4. ELSA
  4. Sektor Trading adalah
    1. Indo farma
    2. Kimia farma

Bagi mereka yang berminat untuk berinvestasi pada perusahaan BUMN, graphic ini dapat dipakai sebagai pedoman. Graphik ini diperbandingkan sejak tanggal 1 Januari 2008 s/d 12 September 2008.

 

 

 

Comments

Apakah ini saat yang tepat

awie's picture

Apakah ini saat yang tepat untuk Membeli RD perdana milik Nikko (produk terbaru RD Campuran BUMMN nya)? mohn tanggapan orang pintar disini dong

Thanks

Awie

Discount...

Tukul's picture

Numpang comment Pak...

Kondisi bearish begini mmg menjadi kesempatan bagi yg masih punya duit cash (nganggur) yg lumayan...ada byk emiten (BUMN) yg terdiscount murah...

Hanya saja, bagi yg ingin membeli untuk jangka panjang ada baiknya melihat kinerja keuangannya terlebih dahulu...apakah sudah cukup terdiscount?, ataukah penurunan ini hanya menurunkan harganya ke posisi normal?, setelah sebelumnya overvalue akibat bullish thn2 kemarin...contohnya PTBA, yg PEnya tertinggi diantara saham batubara yg lain...apakah penurunan saat ini sudah bikin murah jika dibandingkan dgn labanya?, atau jangan2 skrg adalah harga normalnya..bukan dalam posisi discount

Yg mesti di cermati adalah Aneka Tambang...penurunan harga nikel yg jatuh dalam sejak thn kemarin (US$ 51000 / ton ke US$ 17000 / ton), plus berhentinya pasokan nikel dari INCO di pomalaa sudah menurunkan laba bersihnya - 40% dari thn kemarin...bisa jadi penurunan sahamnya sekarang ini pun masih terbilang mahal dgn proyeksi laba yg dapat dihasilkan thn ini.

Untuk perbankan : BBRI dan Mandiri, tidak diragukan lagi bisa jadi pilihan terbaik, dari lap 1H2008, profitnya masih akan naik. untuk BBNI rasanya masih cukup mahal, PEnya masih tinggi, tidak sebanding dgn proyeksi kenaikan laba bersih Laba bersihnya.

Untuk yg lain, he he, maaf..belum sempat lihat lap keu-nya, jadi belum bisa comment...tapi jika dalam kondisi ekonomi seperti ini masih mencetak kenaikan laba yg tinggi&konsisten...yakinlah dia cukup layak koleksi.

Salam,
Pemula

Discount

Anonymous's picture

Saran :
pada saat seseorang senang bermain saham ada dua (2) model yakni sebagai investor atau sebagai trader.
Hitungan sebagai Investor tiap pemeain saham berbeda kurun waktunya (Bagi saya kalau dalam waktu 3 bulan tidak memberi gain lebih dari +/-15%, sifatnya akan jadi investor jangka panjang atau segera harus dijual. Sedang sebagai trader kalau dalam 5 hari kerja tidak menghasilkan 5% harus segera saya jual. Pada RD saya kira berbeda jauh.
Info untuk ANTM, yang MENGHENTIKAN pasokan dari inco adalah ANTM, krn FENI (Ferro nickle) di Halmahera sdh beroperasi, dan ANTM mempunyai cadangan terukur yg besar sekali di Halmahera, bahkan di P.Pakal (Mal-ut) cadangannya akan lebih dari 50 th. Yang menyebabkan Nickle jatuh krn INCO (JO canada & Japan) kehilangan pasar dari ANTM, shg harganya anjlog.
ANTM sekarang diversivikasi dari emas, ke nickle, dan yad ke batubara. Saat ini emas naik disaat pasar uang sedang bermasalah (F&F, AIG, ML,Lehman).
Anda sangat benar belajar bermain saham memang harus belajar fundamental perusahaan, dan kemudian belajar TA (technical analysis).
Sebagai contoh pd saat penulis menurunkan artikel diatas, paginya saya beli ANTM 1220 dan kamis saya lepas di 1420, profit 200 atau dalam 3 hari profit +/- 16,4% dan ongkosnya 0,6% . Profit netto sekitar 15,8%. Cukup kan????
Salam (Hardjoeno

Bagaimana cara berinvestasi

Anonymous's picture

Bagaimana cara berinvestasi ( membeli saham BUMN) ? apakah membelinya melalui sekuritas spt reksadana?
indah

bagaimana cara berinvestasi

Anonymous's picture

Benar Ibu Indah, anda harus memiliki account di salah satu perusahaan securities.
Salam (hardjoeno)

tambahan komentar

Hardjoeno's picture

Rekan pembaca,

Tulisan diatas, Mohon tidak diartikan bahwa anda yg masih punya cadangan dana , harus belanja hari senin nya . Silahkan menunggu sampai harga benar2 ke harga dasarnya. Terimakasih.

RH

 

Kapan harga benar2 ke dasarnya?

tobago999's picture

Halo Bro...

kira2 kapan harga benar2 ke harga dasarnya ya...

Thx

Kapan harga benar2 ke dasarnya?

Anonymous's picture

hi Bro
Saya kira tidak ada yg bisa mengetahui ke harga dasarnya,
Rekomendasi saya, berdasarkan pengamatan selama bermain saham lebih dari 10 tahun, bisa dipastikan bahwa harga2 tersebut sudah banyak yang mendekati dasar, melewati dibawah harga dasar (harga IPO wika, elsa), dan bisa dikatakan murah karena jarang menyentuh harga sperti sekarang (ANTM, PTBA, BBRI, PGAS).
Catatan : asumsi harga dasar = hg pd saat IPO.
salam
Hradjoeno

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.