RD Pasar Uang VS Rd Saham

taufikantares's picture

Hallo Para Reksadanar's
Apa kabar semua, semoga sehat wal afiat dech

Btw sebagai newbie ada sedikit yang membingungkan masalah kinerja(return) yang dihasilkan antara RD pasar uang dengan RD saham.

Contoh RD Gebyar dana liquid (pasar uang) yang berhasil membukukan return dalam 3 bulan sebesar 70%
Sedangkan RD saham Nikko Saham nusantara hanya berhasil membukukan return dalam 3 bulan sebesar 4,05% aja

- Apa saya yang salah memahami atau memang demikian?
- Lalu kalau gitu kenapa tidak pindah kan saja ke RD pasar uang yang lebih stabil jika return nya mengalahkan RD saham yang bikin deg deg deeerr jantung kita?

Mohon pencerahan

tarima kasih

Comments

Nikko bond nusantara

rdlshell's picture

Selamat pagi pakar-pakar, jangan bosen yah ditanya mulu. tapi ini gunanya kan ada website ini. Saya lagi perhatikan fundfact sheet dari Nikko Bond Nusantara, returnnya satu bulan sd 56,18an %?  (lihat di 10 besar kinerja reksadana terbaik berdasarkan return). Padahal kalo liat historynya 3 th returnya 96,82. Mohon pencerahan donk.... makasi yah

Rina DL

Peserta CFP batch 3

nikko bond nusantara

Anonymous's picture

Halo semua...
Saya juga mau tanya nih...
Kalau mau beli nikko bond nusantara di Bandung dimana ya ?
Sebelumnya Thanks buat yang mau jawab......

Salam,
S H

discontinue nikko bond nusantara

rdlshell's picture

Pasti bro SH, terkesan dengan kenaikan NBN dalam beberapa bulan terakhir ini yah... saya punya informasi, langsung dari nikkonya, itu sudah discontinue karena sudah 5 th. saya juga tanya kok bisa tiba2 naik?jawabannya begini (mohon pencerahannya dari bro senior, saya kurang paham dari jawabannya) :jadi seluruh investor NBN sudah dihubungi untuk memindahkan ke RD clonning dari NBN. Ada 2 orang yang tidak bisa dihubungi sehingga masih berada di kelolaan NBN. Menurut manajernya di nikko, karena pembaginya tinggal 2 orang maka NAB nya naik. Beruntunglah ke 2 investor itu, tp sampai sekarang investornya belum tau tuh kalo tiba2 duitnya jadi banyak. Sementara yang lain sudah pindah ke yg baru jadi kurang beruntung. 

Bro2 senior boleh donk dijelaskan lagi jawaban dari Nikko.

 

Rina DL

Peserta CFP batch 3

Apakah anda alergi dgn RDPU?

Xeal's picture

Guys, pengen tanya neh...sebagai investor atau trader RD, apakah u guys alergi dengan RDPU ( low risk low return )??

Kayaknya, in my opinion n baca2 artikel dari LFC, untuk saat ini (saham tidak menentu,sbi naik) disarankan pegang uang cash. Gmana saran dari teman2 ??

Kalau lihat infovesta, yg returnnya masih "hitam" untuk beberapa minggu / bulan, yaitu si RDPU..

Bunga deposito naik

sbastian's picture

Pemerintah mau menaikan bunga deposito. Apakah tepat kalau kita simpan sebagian dana darurat kita di RDPU?

Deposito naik

barkah's picture

Memang saat ini inflasi sedang naik yang mengakbitkan BI rate juga naik, otomatis return Deposito juga naik. Memang return deposito sedang naik, tetapi tetap saja sulit untuk mengalahkan infkasi. Bila anda sedang mengambil jalur aman, deposito menawawarkan keamanan yang baik. Banyak yang memindahkaN dananya dari saham ke deposito karena saat ini saham sedang "tidak bersahabat". Namun saya rasa gejolak ini tidak berlangsung lama, hanya bebrapa bulan saja. Pada saatnya return deposito akan kembali turun bila inflasi dapat dikendalikan kembali, dan kondisi pasar modal mulai berangsur membaik.

Confirmation Letter if Buy via Agen

SWJ's picture

Para Suhu, Bro & Sis semua

Saya NewBie neh..

to the point saja, kalau kita beli RD lewat Agen Penjual (Bank), nah confirmation Letter yang kita dapatkan itu dari mana ?? dari Bank atau MI ?

Awal Bulan kemarin saya beli RD di salah satu Bank, lalu 2 minggu kemudian datang CL dari Bank bersangkutan, dan bukan dari MI-nya ? apakah itu sudah cukup ? atau kita dapat juga CL dari MI? kalau kita dapat juga dari MI, kenapa dah hampir 1 bulan ini, CL dari MI belum datang ya ? sebelum saya tanya ke MI bersangkutan, saya mohon pencerahan dari para suhu semua, Thanks...

Cukup

Anonymous's picture

Kalaupun anda membelinya lewat MI tetap aja anda mendapat CL dari pihak bank , itu istilahnya bank kustodian yaitu bank tempat penitipan dana Investadi kolektif yang sudah mendapat ijin PAPEPAM . sedangkan MI hanya menjalankan usaha Portpolio efek dan kewajibannya sebagai MI .
CL itu sebagai bukti kepemilikan RD anda . dan transaksi selanjutnya semuanya akan lewat bank yang mengeluarkan CL itu sendiri.

Sedikitbanyak saya sudah membaca dan mulai tertarik dengan RD , tapi belum sempat beli nih......
ada yang udah lama beli RD gak... kasih info dong ( norman-081318982269 ) barangkali bisa pakai MI yang sama . thanks .

Menurut saya da cukup pa.

steeveharyanto's picture

Menurut saya da cukup pa.

Saya ambil RDC dan RDPT dari bank penjual NISP dan cm dapat confirmation pembelian dari NISP aja.

 

CL dari bank itu sudah cukup

9010's picture

CL dari bank itu sudah cukup karena anda membeli dari distributor, jika anda beli langsung dari MI , maka kop surat nya MI nya. Justru tujuan kenapa banyak MI jual RD nya via bank karena masyarakat Indonesia jauh lebih percaya dan terbiasa dealing dengan bank dibanding dealing dengan perusahaan keuangan non-bank. 

Ada beberapa client saya yang justru maunya CL dari bank saya, dia percaya dia deal dgn Commbank via saya ya harus Commbank yang publish CL. selain itu juga via bank lebih mudah untuk lalu lintas dana anda. Semoga membantu . JerryJer

www.jerryjer.com

@9010

dunkz's picture

Bukannya di commonwealth itu CL nya datang dari dua2nya, baik bank maupun MI nya?

Gw biasanya dapet 2 kali.

@ SWJ

Xeal's picture

Sharing juga neh,bro...

Saya juga beli lewat bank mandiri, CL dikirim lansung dari MI, tetapi lebih dari 1bulan sejak pembelian perdana..

Saya sih lebih prefer tanya ke Agen (bank penjual) dulu karena, menurut info neh, data2 kita ada di agen tersebut...begitu. lagipula, mereka ( agen ) kan pihak yg pertama kali yg berhubungan dgn kita.

 

Cheers,

Menu RD Pasar Uang temporarily disabled...

autogebet's picture

hitungan untuk RD Pasar Uang memang paling "unik", dan saya belum mendapatkan formula yang pasti (selain juga ada potensi data garbage).

oleh karena itu, agar rekan lainnya tidak mendapatkan gambaran yang misleading, sementara ini saya disable menu RDPU. jika ada rekan yang berkenan sharing formula untuk menghitung RDPU, pastinya rumus akan saya upgrade dan menu ini bisa tampil kembali.

Data yang benar

sayogo's picture

Bro, biasanya return RDPU dihitung bulanan, jadi return 3 bulan terakhir adalah jumlah dari return dari masing-masing ketiga bulan tersebut.

Data yang benar untuk Danareksa Gebyar Dana Likuid adalah bila disetahunkan setara dengan 7,7781 % atau return rata-rata per bulan adalah 0,6262 %.

Data ini akurat karena ane dapatkan dari forum sebelah dengan berlangganan.

Jadi tetap saja yang returnnya tinggi adalah RD saham/campuran, dengan risiko yang sering bikin jantung deg-degan pula.

Semoga bermanfaat.

Aya aya wae ...

Passion4U's picture

Dugaan ane sich datanya yang salah ... RD Pasar Uang returnnya segitu darimana asalnya ? dari jualan BBM ? hehehe

Kalo ada yang ngasi return segitu dengan resiko yang sangat minimal ... ane alokasikan seluruh duit ane ke RD Pasar Uang itu ... dan ane mo pensiun dini aje ... ini beneran ...

Apalagi kalo bro Taufik Anteras investasi di RD Proteksi Danareksa Proteksi Dinamis Plus ... returnnya Year To Date ... Katanya 2,456,010,000 % ... coba check sendiri di portal ini ... huahahahaha gila banget kali yee ... nggak nyampe 6 bulan returnnya sudah segitu ... kalo ane bilang sich ini jelas jelas data garbage ... hehehe ... aya aya wae ...

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

@ passion

abucyber's picture

maksudnya bro?
rada lelet nih..

trus yang bener gimana bro? jelasin dong sejelas-jelasnya kok dapat angka itu, cara bacanya, dan gimana seharusnya sikap kita....?

Bersikap kritis thd data

Passion4U's picture

Maksud ane ... bersikaplah kritis terhadap data, RD Pasar Uang dalam historisnya sepertinya tidak pernah memberikan return sedasyat itu (70%) ... so cuma ada satu penjelasan ... datanya salah ... ini mungkin saja terjadi karena bro gebet khan ngambil datanya dari Bapepam langsung tanpa ada proses filtering terlebih dahulu, so datanya dari sononya juga sudah tidak bersih ...

Hal yang sama ane dan bro gebet hadapi waktu kita lagi bikin desain untuk PRD Matrix, banyak data sampah berkeliaran yang harus kita bersihkan dulu ...

So ... bener banget yang dikatakan bro Sayogo, return benernya sich paling sekitar 7% kalo disetahunkan (return RDPU memang kurang lebih sekitar itulah) ... nach itu baru ane percaya ... hehehe ... soalnya kalo ada RDPU yg kasi return 70%, wah orang ngapain main saham/punya RD Saham yang resikonya tinggi, masuk aja ke RDPU ... hidup tenang dan kita semua bisa pensiun dini ... hehehe sayangnya itu semua cuma mimpi ...

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.