Ngobrol Bebas

autogebet's picture

menindaklanjuti usul dari bro Yoga yang dilatarbelakangi sulitnya memilih thread artikel yg tepat utk bertanya, maka saya sediakan thread Ngobrol Bebas ini.

Sebaiknya, semua pertanyaan tetap diajukan pada artikel yang relevan untuk mempermudah pengorganisasian content. Pastikan sudah melakukan searching untuk mencari topik yang relevan.

Thread Ngobrol Bebas ini boleh dipakai diskusi apa aja, sejauh masih dalam koridor investasi. Boleh juga membahas ide pengembangan portal lebih lanjut. Jika ada kesempatan, tentu setiap diskusi yang telah sampai kesimpulan akan berusaha saya compile dalam artikel tersendiri.

Pls dicatat bhw setiap postingan yang bermuatan iklan akn dihapus. Selamat menikmati :)

 

Comments

Ada peluang rebound, tapi...

iie's picture

Sumbang pendapat ya...

Untuk jangka pendek, secara teknikal memungkinkan untuk rebound, karena banyak saham yang sudah oversold. Tapi kapan mantulnya, dan sampai sejauh mana, itu pertanyaannya.

Untuk jangka menengah, harus lihat dulu kondisi nasional, regional, dan global. Dari sisi nasional ada ancaman inflasi tinggi, defisit neraca perdagangan, dan kemungkinan perlambatan pertumbuhan ekonomi. Data perdagangan Cina juga kurang bagus, padahal merupakan mitra dagang utama Indonesia. Ditambah lagi dengan berita membaiknya ekonomi Amerika, membuat pesona emerging market tidak lagi terlalu memikat. Jadi untuk jangka menengah, mungkin setelah lebaran baru akan teraba arahnya kemana. Sekarang para investor juga masih dalam posisi wait and see, nunggu laporan keuangan perusahaan Q2 untuk menentukan langkah selanjutnya.

Untuk jangka panjang, hmmm... karena pasar modal masih ada sampai sekarang, itu artinya kita selalu survived dari bearish market.

Sekarang tinggal dikira-kira saja, apakah 'jangka panjang' tersebut tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan horison investasi kita. Kalau dirasa terlalu panjang dan kita merasa nggak nyaman sehingga ingin keluar, tunggu IHSG rebound dulu supaya kalopun rugi, maka nggak rugi-rugi amat. Jadi jika IHSG rebound dalam waktu dekat ini, jangan langsung menganggapnya sebagai konfirmasi rebound jangka menengah sebelum ada tanda-tanda positif dari kondisi nasional, regional dan global.

Karena tujuan dan horison investasi tiap orang berbeda, profil risiko juga berbeda, maka tidak ada strategi yang akan pas untuk semua orang. Mau cut loss atau hold, maka sebagai investor/trader, kita yang harus mengambil keputusan sendiri.

Kalo horison investasi kita masih sangat panjang, rasanya nggak perlu terlalu khawatir. Nggak usah sering-sering memantau IHSG, supaya nggak jadi galau. Tetap DCA saja secara rutin, untuk mendapatkan harga rata-rata yang optimal.

Badai (biasanya) pasti berlalu. Semoga...

Yang sabar aja ya..

:)

indeks terbang lagi

the net punch's picture

wah sudah naik pagi ini indeks. padahal baru lempar granat. belum lepas rudal nih.. pasang petasan aja deh iseng2

Kesempatan bagus

iie's picture

Indeks terbang adalah kesempatan bagus buat yang kemarin-kemarin merasa hatinya tak tenang. Mungkin masih akan rebound untuk beberapa hari lagi, tergantung kondisi hati para pemain pasar lokal, apakah lebih dipengaruhi oleh greed ataukah fear. Setelah itu? Who knows... Investor asing juga masih belum kembali masuk pasar.

Meskipun sudah ada berita 'positif' dari The Fed, tapi regional dan nasional masih belum bisa dibilang positif. Sebaiknya tetap waspada.

Jadi bagi yang mau redeem dan menenangkan hati, silahkan cari saat yang pas untuk keluar/switch, sebelum keburu nyangkut lagi dan depresi lagi.

Untuk yang invest jangka panjang, ya tenang aja, tetap DCA seperti biasa. Indeks naik turun itu sudah biasa.

:)

Bergantung kepada keputusan The Fed dan BI

DewAsmara's picture

Bapak/Ibu yth, saat ini yang pusing bukan hanya investor, tapi juga pemerintah. Karena lonjakan inflasi menjadi liar di luar kontrol.

Pertamanya akibat terlambat menaikan bbm, terjadilah serial effect yang membuat kolaps. Karena berbarengan dengan bulan ramadhan, tahun ajaran baru, dan statement Ben Bernanke untuk mulai menghentikan stimulus.

Sembilan dari sepuluh ekonom besar yang di interview, meramalkan besok BI akan menaikan suku bunga. Ini akan semakin membuat panik pasar, danareksa bahkan meminta agar hal ini tidak dilakukan karena pasar modal akan kolaps.

Namun operasi pasar sendiri dipandang gagal, dan pemerintah kemungkinan akan melakukan apapun untuk menghentikan inflasi yang di luar kontrol.

Saat ini fokus pasar juga terarah pada hasil rapat FOMC dan The Fed besok, dan apa yang akan dikatakan Bernanke soal penghentian stimulus, karena pasar masih cukup nervous.

Asing sendiri tampaknya memilih menjual semua asset sampai level aman, karena khawatir dengan chaos kebijakan ekonomi kita plus kisruh regional.

Saat ini transaksi relatif sepi, sehingga sedikit saja aksi sell akan membuat IHSG terjungkal.

Saran saya pribadi, tahan saja tapi kalau tidak kuat mental ya switch ke pasar uang. Namun saya pribadi condong memilih dca bertahap tiap nyungsep 500 point.

IHSG Merah Membara, sdh bisa nyicil DCA dengan peluru tajam

arnanda70's picture

Hari ini IHSG merah membara, bagi yg mau DCA mungkin sdh bisa dimulai dengan melempar sedikit peluru buat memperkecil average NAV nya. Sambil menunggu kesempatan emas membuang bom yg lebih dasyat.

IHSG Merah Tapi Yang lain Hijau

oethies23's picture

Semua saham di Asia / Pasific pada hijau.
Kenapa IHSG merah sendirian ya.

Ada apa ini ?

wih mayan nih

jolyonwak's picture

saatnya mencoba aplikasi online baru :) peluru jg udah siap walopun belom bom hehe..

Usul penambahan feature Bro Autogebet

the net punch's picture

Dear Bro Autogebet

Saya usul beberapa hal:

1. agar performa RDS 1th, 3th, 5 thn di ganti saja jadi CAGR 1th, 3 thn, 5 thn mirip seperti di bloomberg. (contoh http://www.bloomberg.com/quote/PTPDMAI:IJ)

2. agar ditambahkan kinerja IHSG 1th, 3th, 5th selain yg di grafik tetapi juga ditampilkan pula dibawah dibagian performa produk sebagai pembanding.

3.agar di tambahkan suatu feature seberapa konsistenya RDS tersebut beat the market setiap tahunnya.
Tentu menyenangkan bila bisa memiliki RDS yg konsisten selalu mengalahkan kinerja pasar setiap tahunnya..

My Reksadana sudah annualized

autogebet's picture

bro the net punch, usul yang baik sekali, secara teknis feasible untuk dieksekusi. Malam ini langsung saya eksekusi rikues poin 1, sekarang ini di fitur My Reksadana, untuk kinerja 1YR, 3YR dan 5YR sudah sepenuhnya disetahunkan (annualized) seperti di Bloomberg. Dengan ini, kita bisa lihat apakah suatu produk punya kinerja yang lebih baik di jangka panjang atau jangka pendek. Saya sendiri baru sadar, ternyata lebih enak menganalisa dengan pendekatan ini, terima kasih bro!

Demikian juga di Daftar Produk Reksadana sudah annualized. Jika melakukan sorting (mis: klik pada kolom "5YR") maka kita bisa lihat produk mana yang paling cemerlang dalam jangka panjang. Disini juga kita bisa lihat berapa rata2 kinerja reksadana dalam jangka 5 tahun. Silakan sesuaikan dengan target kinerja untuk dientrikan ke My Plan :)

Untuk poin lainnya, semoga bisa menyusul ya, Tetap Semangat!

Follow portalreksadana on Twitter

Penasaran dengan Millenium EQuity & Growth Equity

agusp73's picture

Bulan Junikemarin saat market ebrdarah2, doi cuma minus nol koma sekian persen aja... sementara RDS lainnya antara 6-13, dgn rata2 minus 9%.
Bulan Juli ini doi masih berlanjut menunjukkan keperkasaaanya.

Ada yg tau FM ini dan racikannya? mrk lbh banyak di Trade 40%, dan properti/konstruksi 20% koleksi sahamnya kalo dilihat dari fundfactnya bulan Mei & Juni.

Jangan mudah terpengaruh

patrixsk's picture

Tetap hati-hati dan jangan mudah terpengaruh dengan hasil 1-3 bulan, kecuali tujuan nya trading boleh mainan di RDS yang AUM nya kecil. Tapi utk jangka panjang akan lebih baik kalo melirik RDS yang AUM nya besar, paling ga lebih stabil :)

Antisipasi

DewAsmara's picture

Millenium, kemungkinan sudah mengantisipasi krisis dengan mengubah struktur reksadananya ke saham saham sektor trade, consumption, property/construction sejak Mei, saat IHSG mulai goyang.

Ini keunggulan reksadana kelas cibbys/AUM kecil (pinjem istilah ibu ibu milis sebelah yang suka diem diem nyontek ke sini hahaha) dibandingkan reksadana kelas SevensIcons (reksadana AUM besar).

Tapi kekurangannya, dengan modal cekak, cepat kehabisan gas ketika modal sudah all in di bursa. Tapi asal pintar pintar atur nafas dengan pola pola mix antara trading dan invest, maka bisa saja mereka bertahan.

akankah tembus 4250?

hiswardhani's picture

Koreksi beberapa hari terakhir ini apakah akan tembus ke lepel 4250 ??

Ditunggu saja

DewAsmara's picture

Ditunggu saja Pak. Semua pemain kakap masih wait and see.

sam equity

wandr's picture

salam kenal bro dew dan teman semua...mohon saran kalau untuk sam equity gimana?
layak dikoleksi engga?
tks

lumayan bagus

aswan's picture

Dalam 2 tahun ini lumayan bagus, 50% portofolio sy ada di seif separuh lagi di panin

Schroder Dana Prestasi menjadi Reksadana Saham per 28 Juni 2013

iie's picture

Schroder Dana Prestasi berubah dari Reksadana Campuran menjadi Reksadana Saham per 28 Juni 2013.

Berita selengkapnya di sini:
http://www.commbank.co.id/upublic/mod_activity/EventDetail.aspx?code=md_...

:)

SDP di Bapepam

autogebet's picture

terima kasih sis iie, sesudah saya cek di Bapepam, ternyata produk ini masih tetap tercatat sebagai RD Campuran. Prinsipnya, jika data di Bapepam sudah updated, maka PortalReksadana akan mengikuti.

Koreksi IHSG babak 3

DewAsmara's picture

Sesuai prediksi saya di pages facebook, bursa akan kembali terkoreksi. Hari ini penurunannya semakin tajam, nampaknya IHSG berusaha menyelesaikan PR yang belum kelar yakni menabrak bottom di 4200-4250. Ini peluang bagi yang belum sempat masuk. Namun harap hati hati, karena pasar nampaknya meminta diskon yang lebih besar karena penurunan target pertumbuhan Indonesia dari 6.2% menjadi hanya 5.9 persen. Ini berarti IHSG sementara waktu paling kuat mentok di level 4800-4900 saja, jika rebound.

Disclaimer mode on.

Minta alamat Fb

Hendra_sumaryana's picture

Bro dewasmara

ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

1. Saya sangat tertarik ulasan-ulasan dari suhu DewAsmara dan selalu yg kucari pertama kali setiap membuka portal.

2. Boleh tau alamat FB atau alamat email atau alamat yg lainnya sehingga saya bisa membaca dan mencermati ulasan2 dari Bro DewAsmasa, demi kita semua/kejayaan investor local.

3. Apakah IHSG akan sampai di bottom 4200-4250, seperti ulasan diatas, kira-kira kapan itu terjadi.?

4. menurut prediksi para analisis di akhir tahun IGSH bisa sampai 5.200 - 5.400. dengan dikoreksinya target pertumbuhan, apakah IHSG dpt sampai diangka tersebut?

jawabannya sangat kami tunggu. makasih sekali ya broo..

Alamat FB

DewAsmara's picture

Facebook pages saya: ALJORB Consulting Group

Bottoming 4200-4250 bisa ya bisa tidak tercapai, dengan menimbang faktor sbb:
1. Kenaikan suku bunga oleh Bank Indonesia melebihi espektasi pasar / di atas 6 persen
2. Inflasi selama ramadhan jika melampaui prediksi pasar.
3. Sentimen negatif dari luar secara non stop seperti Ekonomi Tiongkok, Portugal, dsb.
4. Defisit neraca pembayaran jika semakin memburuk.

Namun jika hal hal di atas tidak terjadi, maka kemungkinan indeks hanya bermain di level 4500-4400 saja. Harap perhatikan sektor keuangan dan konsumsi, karena saham sektor ini tulang punggung IHSG diluar sektor tambang/komoditas yang masih suram.

Jika sektor keuangan bisa pulih, kekuatan IHSG akan full power menuju 5000an dengan catatan tidak ada big caps yang memberatkan. Revisi target pertumbuhan tidak akan menghalangi bursa, asalkan:
1. Inflasi tahunan bisa lebih rendah dari prediksi pasar.
2. Daya tarik investasi Indonesia bisa membaik melebihi regional.
3. Kondisi bursa regional tidak bertambah suram.

Saat ini investor asing dan lokal dilanda kecemasan berlebihan atas suramnya ekonomi Tiongkok, padahal asalkan ekonomi Amerika membaik, maka ekspor kita akan cukup tertolong mengkompensasi suramnya ekspor ke Tiongkok dan Uni Eropa.

Siang ini IHSG sudah turun 2,4%

nnur's picture

Trims atas infonya. Berarti nunggu hingga bottom ke angka itu ya?
btw, bro autogebet, grafik IHSG terakhir masih 28 Juni... yang juli belum ada update, jadi ndak kelihatan turunnya.

Kecenderungan IHSG bulan Agustus

Kenji10's picture

Haii semua....

Saya masih newbie di investasi .Saya tertarik di reksadana hampir 1 thn ini . Saya melihat reksadana memberi return yg menarik dibanding produk bank umumnya. Akan tetapi kalo saya cermati pergerakan IHSG tiap bulan agustus kok cenderung koreksi ya seperti thn lalu turun 2% sehingga reksadana juga kena imbasnya. Menurut temen2 semua apa lbh baik rds kita diambil saja di akhir Juli ntar masuk lagi bulan agustus? Mohon sarannya ...thx

Terlambat

DewAsmara's picture

Dengan koreksi sudah 10 persen lebih, anda sudah terlambat untuk menarik dana. Seharusnya jika ingin redemption lakukan saat bursa sedang tinggi tingginya. Lebih baik anda top up saja atau diamkan saja sampai rebound. Lagipula tujuan anda sebenarnya investasi atau trading, bedakan dulu. Karena trik nya berbeda antara trading vs investasi.

Saya juga terlambat

jakaboy8's picture

Betul Pak Dewa, saya juga nih terlambat alias telat meredem. Sebenarnya mau diredem pada saat IHSG menyentuh 5100an, namun karena dikira mau tembus ke 5500 jadi ga saya redem dan lagian karena kesibukan. Sesuai saran Pak Dewa saya wait and see aja dulu deh... sambil sesekali ada peluang bagus untuk top up.

Cara Membeli Pratama Saham

ebachtia's picture

Halo para senior,
Mau tanya, kebetulan saya newbie di dunia reksadana ini.

Bagaimana cara membeli reksadana Pratama Saham yah? Saya coba search web mereka tapi tidak ketemu. Mohon pencerahannya. Terima kasih :)

minimal 50 jt

Raissa Almira Rusmansyah's picture

Saya sudah membeli reksadana Pratama saham bbrp bulan yang lalu,
Minimal pembelian 50 jt, tanpa biaya masuk, biaya keluar 0,25 % jika
kurang ari 3 bulan.

Platinum Asset Management

DewAsmara's picture

Google alamat Platinum Asset Management, itu nama mereka sebelum jadi Pratama.

Ini data mereka di bappepam/OJK:
http://aria.bapepam.go.id/reksadana/data.asp?page=manajer-investasi&kode...

RDS Juara di Bulan Juni 2013

agusp73's picture

... dan pemenangnya adalah :
1. Millenium Equity.. 1 bulan loss cuma -0.7%
2. Millenium Equity Growth Fund 1 bulan loss cuma -0.4%

Sementara RDS lainnya semua terpangkas turun dengan range 4-12% di bulan Juni ini saja.

Portfolio Reksadana

arisam's picture

Dear All Portalreksadana-ers,

Saya ingin share, mohon bantu buat rekan2 yang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia reksadana.

Profile investasi saya moderat.

Saat ini saya sudah memiliki 4 jenis reksadana yaitu RDPU, RDPT, RDSC, dan RDS dari 3 MI yang berbeda, yang ingin saya tanyakan adalah :
Apabila saya ingin menambahkan dana pada investasi reksadana, sebaiknya :
1. Pertama, saya lakukan Top Up pada portfolio reksadana yang saya punya yaitu di RDPU, RDPT, RDSC, dan RDS atau
2. Kedua, saya menambahkan portfolio sehingga portfolio reksadana saya menjadi RDPU, RDPT, RDSC, RDS tambah misalnya RDS-2, dan RDS-3 / menjadi RDPU, RDPT, RDSC, RDS tambah misalnya RDSC-2, dan RDSC-3 / kombinasi lain.
Sebaiknya yang mana saya pilih ?

Salam,

Tidak ada aturan baku

iie's picture

Sebaiknya sesuaikan saja dengan tujuan investasi kita.
Saya cenderung untuk membatasi jumlah produk reksadana, jangan sampai terlalu banyak jenisnya sehingga seperti supermarket.

Berdasarkan pengalaman, punya banyak produk reksadana itu hanya bikin pusing saja. Menggunakan 3 MI rasanya sudah sangat cukup untuk diversifikasi risk maupun reward. Nggak perlu nambah MI yang beda lagi.

Komposisi portofolio yang ideal buat saya pribadi (horison investasi jangka panjang, risk taker) adalah: 1 RDPU, 1 RDC, 2 atau 3 RDS (dari 2 MI yang berbeda).

Saya kurang suka dengan RDPT karena menurut saya agak nanggung, apa yang ingin diperoleh dari RDPT bisa juga didapatkan melalui RDC. Tapi apa yang ditawarkan RDC tidak bisa ditemukan di RDPT. Kalo MI-nya canggih, sebenarnya ruang gerak RDC ini lebih lebar dari RD lainnya, bisa digeser-geser ke arah obligasi atau saham, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi pasar.

Tapi ini sih selera pribadi saja. Sesuaikan kembali dengan tujuan investasi dan profil risiko masing-masing.

:)

Thanks 4 ur comments

arisam's picture

Dear IIe,

Terima kasih banyak buat pencerahannya, sangat membantu, mantap.
Maklum saya masuk katagori pemula, dan masih harus banyak belajar terutama dari para senior di portal ini.

Salam,

Performa Reksadana Pendapatan tetap

Graskeytary's picture

Dear Mas Dewaasmara,

di saat IHSG rebound kenapa BNP P**bas P**ma II justru turun terus semakin dalam ya? @_@ terima kasih

Yield Obligasi vs Suku Bunga

DewAsmara's picture

Yield Obligasi dipengaruhi oleh suku bunga dan rating. Suku bunga tinggi maka yield nya naik, namun harganya turun. Akibatnya return RDPT anjlok. Rating turun, maka yield naik namun harga turun akibatnya return anjlok. Saat ini dengan inflasi tinggi, imbal hasil obligasi menjadi tidak menarik karena yieldnya naik sementara nilai tukar rupiah anjlok, ditambah kuponnya rendah. Investor asing meminta pemerintah menaikan yield dan kupon setinggi mungkin, dengan harapan jika inflasi turun maka mereka Akan untung besar saat kondisi pasar stabil.

RDPT itu...

iie's picture

RDPT itu tidak bisa dibandingkan dengan IHSG, karena komponen terbesarnya adalah obligasi, bukan saham. Kalau RDS, baru bisa diperbandingkan dengan IHSG.

:)

Dear iie, BI rate naik, BBM

Graskeytary's picture

Dear iie,

BI rate naik, BBM naik yg memicu kenaikan inflasi sehingga harga obligasi di pasaran turun akibatnya return RDPT juga terkerek turun ?

Kurang lebih seperti itu

iie's picture

Untuk lebih jelasnya bisa baca-baca di sini:
http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2012/04/17/pelajarandariperubahanyiel...

:)

bagaimana cara memahami para analis?

the net punch's picture

Ane lagi kerajinan bacain pendapat2 analis2 di twitter atau di blog, atau di media2.
Masalahnya makin banyak baca, ane malah makin bingung.
Soalnya selain metodenya macam2, dengan metode yg samapun hasilnya bisa beda, yg lebih bahaya, sampai philosopinya beda2.
Bahkan terkadang masing2 mempertanyakan philosophi masing2.

jadi bingung sendiri ane gan..

bagi2 pengalaman yg lain dong gan mengenai membaca pendapat pada pakar ini.

Kalau pendapat analis2 itu selalu tepat,kita semua akan kaya....

EmaSonny's picture

hehehehehe......Analisa dari mereka tidak serta merta bisa kita pegang sebagai acuan,tapi juga masih harus kita analisa lagi.....
Kalau semua analisa mereka selalu tepat,kita semua akan kaya mendadak...

Setiap orang adalah analisis

DewAsmara's picture

Pada prinsipnya, setiap orang adalah analisis. Itu sebabnya adalah keliru kalau kita terlalu mengikuti seseorang. Anda harus punya prinsip dan analisa sendiri. Seorang investor handal adalah mereka yang tidak terpengaruh hasil analisa orang dan meluangkan waktunya untuk belajar sendiri via textbook, internet, dan pengalaman sendiri.

Setuju

EmaSonny's picture

Setuju bro DewAsmara.....

Analisis itu...

iie's picture

Kalau menurut saya pribadi, yang namanya analisis itu ujung-ujungnya tak lebih dari sekedar prediksi atau ramalan saja. Artinya, kebenarannya tidak dijamin oleh siapa pun, karena siapa sih yang bisa memastikan apa yang akan terjadi di masa depan? Mbah dukun pun kadang-kadang salah analisis... eh ramalan. Jadi kalau mendengar analisis yang berbeda-beda, jangan terlalu dimasukkan ke hati, supaya nggak jadi tambah pusing.

Ramalan akan berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya, tergantung pada latar belakang ilmu dan tingkat kesaktiannya. Itulah sebabnya sangat penting untuk memiliki investing/trading plan, supaya tidak mudah terombang-ambing oleh hingar-bingar suara-suara di luar sana.

Orang bijak bilang, 'invest your time before investing your money'. Sebaiknya kita berinvestasi berdasarkan analisis kita sendiri.

Kalau tidak yakin dengan kualitas analisis kita sendiri, pilih 1 analis favorit kita, ikuti segala petunjuk dan petuahnya, tapi terima konsekuensi sepenuhnya, either gain or loss. Jangan gonta-ganti analis. Meskipun tidak ada larangan juga sih...

Kalau masih tidak yakin juga dengan kualitas analis pilihan kita, sebaiknya investasi di instrumen yang aman yang tidak memerlukan banyak analisis.

:)

Mau Tanya nech para senior?

darma9's picture

Mau Tanya nech para senior? ada yang bisa baca chartnexus gakk??? sy pnya chart nexus dan sy tmbahin fitur stokastiknya ,,d fitur ini ada 2 garis biru and merah,,,waktu bearish kmarin scra kbtulan atau tdak garis merah memotong garis biru tgl 07/06/2013 dan 20/06/2013 tgl 12/06/2013 garis biru memotong grs merah, sblum sbaliknya terjadi kmbali pda tgl 20/06/2013, apakah garis biru dan merah ini sama dgn IHSG 6 dan 37 pada indikator bursa,atau hnya kbtulan saja ?,hri ini(26/06/2013) terlihat garis biru memotong grs merah,apakah ini tanda IHSG bakalan rebond dlm jangka pendek/panjang ?,mhon pencerahannya pr senior,soalnya sya penasaran saja dgn fitur stokastik di chartnexus ini?

Belajar dulu Technical Analysis

iie's picture

Indikator Bursa di PortalReksadana menggunakan Simple Moving Average (SMA). Kalo di Chartnexus istilahnya "Moving Average".
http://stockcharts.com/school/doku.php?id=chart_school:technical_indicat...

Stochastic adalah indikator yang lainnya lagi.
http://stockcharts.com/school/doku.php?st=stochastic&id=chart_school:tec...

SMA dan stochastic beda banget sifatnya. Yang satu lagging indicator, satunya lagi leading indicator.

Baca aja sendiri ya...

:)

Panin Dana Maksima vs Panin Dana Prima

edoedwin's picture

Apa perbedaan dari kedua RDS tersebut, dan bagaimana kinerja nya baik untuk return dan volatility nya?

Bedanya

DewAsmara's picture

Maksima basis nya Value Investing, mayoritas jeroannya 2nd liner.
Prima basis nya Blue Chip.

jeroan RDS

alkyl's picture

Dear Mas Bro DewAsmara,

bagaimana kita tahu suatu RDS itu 2nd liner atau blue chip, MI nya menggunakan value investing (SIEF, SEOF dan PDM) atau tidak ? Saya check di bloomberg kok tidak ada infonya secara eksplisit. Terima kasih

Sudah dijawab ya

DewAsmara's picture

Sudah dijawab secara lengkap oleh Sis Mel dan Sis Iie ya.
Sorry spt nya belakangan ini susah akses portalreksadana via wifi di rumah dan tempat umum, harus lewat 3G Tsel baru bisa.

thx buat replynya

alkyl's picture

Iya mas DewAsmara, terima kasih untuk ilmunya...namun yang masih menggelitik untuk strategi value investing apakah tercatat jelas pada prospektusnya..karena saya pelototi kok tidak menemukan kata value investingnya..hal ini penting karena untuk RDS kan horizon waktunya sangat panjang. kata Eyang Warren Buffet untuk investasi ada baiknya menggunakan value investing..terima kasih

Baca di Tujuan dan Kebijakan Investasi

iie's picture

Dari prospektus PDM 28 Maret 2013, di bagian "Tujuan dan Kebijakan Investasi", paragraf 2:

"Bagian terbesar dari portofolio saham akan diinvestasikan pada efek ekuitas yang dinilai rendah (undervalue) dibandingkan dengan kondisi fundamentalnya, untuk menghasilkan apresiasi modal jangka panjang yang optimal".

Itu kan value investing...

:)

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.