Unit Link untuk Asuransi Kesehatan

Wed, 03/12/2008 - 07:17
autogebet's picture

Saya meneruskan pertanyaan dari rekan kita yang ingin anonim saja. Semoga ini masih relevan dalam diskusi kita terkait Unit Link.

Dear Pakar2 dan Org2 yang berpengalaman di Portal Reksadana,

Saya baru jadi member disini. Saya lagi dilema nih. Umur saya 30an thn, saya dan suami ingin ikut asuransi kesehatan. Saya mau nanya selain asuransi yg menggunakan unit link, apa ada asuransi konvensional yang menggunakan kontrak jangka panjang?

Karena kalo memakai asuransi non unit-link, premi kita bisa berubah-ubah dan mereka bisa memutuskan kita di setiap perpanjangan asuransinya. Kalo tidak ada asuransi konvensional yg seperti itu, apa kita memang harus ikut asuransi yang pakai unit link?

Saya tunggu ya sarannya. Terima kasih sebelumnya.

 

Comments

cari asuransi kesehatan

80ronald's picture

Saya pria berusia 30 thn, single.
Saya sedang cari asuransi kesehatan dgn mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:
1. Cashless
2. Platform kamar 500rb/hari
3. Meng-cover rawat jalan (tanpa alami kecelakaan dahulu)
4. meng-cover rawat jalan pasca rawat inap
5. Rawat inap min 90 hari/tahun
6. Premi perbulan max 300rb

Bila ada info, saya sangat menghargai bila bisa di share..thx

@80ronald: pilihan saya

autogebet's picture

saya personally (dan kantor) cukup puas dengan asuransi Askes InHealth, ini askes swasta. jangan bayangkan spt askes PNS, krn askes swasta sama sekali tidak ribet.

*saya tidak ada afiliasi dg Askes InHealth ya, tapi ini sekedar sharing*

InHealth ini modelnya provider (sama sekali tidak keluar uang). Jadi kalau sakit apapun (pilek, demam, dsb), harus datang dulu ke dokter keluarga (banyak pilihan, bs pilih yg terdekat). sesudah dapat rujukan, bs digunakan utk seluruh rangkaian yang menyertai tanpa bayar (cek lab, periksa ke spesialis, rawat inap, pasca rawat inap, dsb).

mengenai plafon kamar, prinsipnya adl sesuai dengan kelas yang dipilih (tertera pada kartu). jika ikut kelas 1, maka seluruh biaya RS kelas 1 akan dicover, tidak peduli di RS manapun (asal kita nginep di kelas 1). jika kita nginap di kelas VIP, maka itu namanya "naik kelas" dan kita harus membayar selisihnya saja.

mengenai apa saja penyakit/perawatan yg dicover, itu jg tergantung jenis kartunya. kalau kartu Gold, sdh mengcover bedah jantung.

setahu saya tidak ada limit rawat inap. jika kita sering klaim, maka biaya premi tahun berikutnya akan disesuaikan. demikian jg jika kita jarang klaim, maka premi thn mendatang akn lbh murah.

mengenai kisaran premi, ini akan tergantung dari jumlah peserta kolektif (semakin besar group, semakin murah. tapi kalau peserta nya tua2, preminya mahal lho hehe). sbg ilustrasi ya, saya ikut InHealth Gold bayar premi sktr 250rb per bulan. anak saya yang usia 20 bulan, bayar preminya 120rb per bulan.

ok deh semoga ini memberikan gambaran ya, tetap lebih baik hubungi langsung Askes InHealth terdekat hehe.

@Autogebet: InHealth?

sbastian's picture

Bro, informasi produknya bisa dilihat dimana?

Hasil survey saya, smentara ini yg ok asuransi dari sinarmas.
Hitungna ilustrasi untuk satu keluarga saya(2D+2A), total premi tidak sampai 5jt (kelas kamar 500ribu). Limit max 400jt/th. kalau tdk salah sdh termasuk transplantasi ginjal.

Saya sendiri belum closing dengan mana2...masih milih2..smentara di cover oleh asuransi kantor dulu

Asuransi kesehatan Jangka Panjang

Anonymous's picture

Jika ada agen yang bilang asuransi kesehatan di Unit Link bisa untuk jangka panjang, sebaiknya cross check dulu dengan bagian customer service.

Saya pernah rider kesehatan pada Unit Link 'P' bisa terus diperpanjang walaupun nasabah sudah klaim critical illness. Tapi itu mungkin hanya untuk kondisi critical illness, alias usia nasabah tidak lama lagi.

Coba saja kalau ada kasus penyakit yang bukan critical illness, tapi penyakit yg diderita menjadi kronis misalnya kusta, TBC atau epilepsi, apakah manfaat rider kesehatan tsb masih akan diperpanjang?

di indonesia kayanya gak ada

priyadi's picture

di indonesia kayanya gak ada asuransi kesehatan retail yang punya kontrak jangka panjang, semuanya produk tahunan, termasuk juga rider di unit link. perusahaan asuransi berhak untuk memutuskan kontrak sewaktu2 kalo misalnya kesehatan nasabah terganggu, ini termasuk juga rider di unit link.

kalau merasa rider kesehatan di unit link itu kontrak jangka panjang, mungkin agennya yang nakal :). justru saya merasa rider kesehatan di unit link itu 'jebakan batman', gunanya supaya perusahaan asuransi tahu terus kondisi kesehatan nasabah. dan kalau ada gangguan kesehatan, mereka punya data untuk menaikkan harga premi asuransi jiwanya. dalam beberapa unit link mereka gak ngejamin besarnya premi asuransi jiwa yang harus dibayar nasabah tahun depan.

askes jangka panjang

rdlshell's picture

Rider asuransi kesehatan di UL, bukan kontrak jangka panjang. Benar kata bro pri, perusahaan asuransi bisa memutuskan kontrak asuransi kesehatannya (hanya asuransi kesehatannya saja yg diputus, tidak asuransi jiwanya), bila penyakitnya diperkirakan akan terus menerus di rawat di RS. Tetapi selama dalam kontrak 1 tahun, nasabah punya hak untuk dirawat selama 180 hari.

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Batman adalah idola UL dan TL

kasuari's picture

Yang bener, baik di UL ataupun di TL terhadap riders asuransi kesehatan yang selalu berlaku adalah "Batman Forever".

Jadi dalam asuransi kesehatan, "Batman" bukanlah monopoli UL, bukan juga monopoli TL. Keduanya, baik TL ataupun UL, sama-sama bisa menambah besarnya biaya asuransi, atao menolak perpanjangan masa proteksi bahkan memutuskan kontrak perlindungan atas riders kesehatan terhadap nasabah, jika si nasabah berdasarkan analisa underwriting telah diketahui memiliki riwayat penyakit, perkembangan penyakit, atau sudah tidak layak asuransi lagi.

Sehingga setiap perubahan dan perkembangan profile resiko kesehatan si nasabah (tertanggung utama/tambahan) sebagai peserta UL plus riders kesehatan ataupun sebagai peserta TL plus riders kesehatan dipastikan akan menjadi penyebab kemunculan tokoh super hero "Batman For(who)ever".

batman

rdlshell's picture

Sebenarnya saya kurang paham dengan istilah Batman. yang dimaksud asuransi kesehatannya yang ada di UL atau in patient? TL ada rider kesehatan inpatient? atau penyakit kritis?

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

asuransi kesehatan murah

redcross's picture

 

menurut saya sih ada asuransi kesehatan terpisah dari unit link atau tanpa premi asuransi jiwa, spt punya asuransi kesehatan milik sinarmas, Alliance, AIA. kalo saya sih ambil yg alliance krn benefitnya banyak premi mulai 700rban pertahun tergantung umur,

benefitnya spt rawat inap, UGD, Ambulance, operasi, dokter (saat rwt inap), after rwt inap jg ada dll.cuma emang sifatnya hangus" anggap aja spt assuransi mobil hehehe

 

tanya asuransi kesehatan yang sip

eagle's picture

mas priyadi..

saya tau anda salah satu pengamat asuransi yg yahud (saya baca tulisan2 di blog anda)...dan salah satu dari sedikit pakar yang dijadikan rujukan ttg masalah asuransi (terutama UL :) )

saya lagi kesulitan cari produk asuransi kesehatan yang paling ideal dibanding yg lain ada...saya sudah search seperti sinarmas, allianz,axa..

kira2 menurut mas pri, manakah asuransi kesehatan yang paling rasional premi dan pertanggungannya dan termasuk paling lengkap cover kesehatannya?

terima kasih banyak

Asuransi Kesehatan yang Sip..

andreyogi's picture

to mas Eagle..

saya mau coba bantu buat tanya asuransi kesehatan yang sip.

kalo boleh saran, lihat dulu kebutuhan mas eagle akan asuransi kesehatannya, jangan lihat dulu manfaat yang diberikan.

Klo lihat manfaatnya saja tanpa tahu kebutuhan diri sendir, nanti ada banyak manfaat yang mubazir.

bila ternyata menemui kesulitan bingung apa kebutuhan dari mas eagle, klo saya sarankan ya lebih baik cari asuransi kesehatan yang hanya menawarkan Santunan Rawat Inap saja..jadi apapun sakitnya ya dibayar sejumlah kontrak dari Santunan yang diinginkan.

E.g. Santunan Rawat Inap Harian sebesar Rp 1.000.000/hari

Jadi klo Mas Eagle masuk Rumah Sakit karena sebab apapun, maka yang akan dilihat adalah laporan dokter yang menangani dan

jumlah hari dirawat di RS.

Andaikata dirawat untuk 5 hari karena Demam Berdarah, maka yang dibayarkan sejumlah kotrak dikali 5 hari, Rp 5.000.000 

ditransfer ke rekening Mas Eagle karena sistemnya reimburse.

Lebih praktis dan gak mubazir! klo biaya rawat per hari dibawah nilai kontrak ya kita dapet pendapatan tambahan; tapi klo ternyata biaya rawatnya diatas nilai kontrak ya berarti biaya pengobatan kita sudah terbantu sebesar nilai kontraknya.

Yang saya tahu asuransi dengan fasilitas seperti ini AIG dan AXA karena saya sendiri punya polis dan agen AIG dan teman saya di AXA. Santunan Rawat Inap Harian AIG Life sekarang sudah bisa Rp 3.000.000 per hari. Semoga bisa membantu.

askes yang siiiiiiiiiiip

rdlshell's picture

Kalau saya punya pendapat sendiri untuk askes. Saya memilih askes murni, bukan yang santunan. Bro andreyogi, merasa beruntung dengan santunan karena dirawat di RS nya gk berat, tapi kalo harus ada tindakan operasi, kita harus banyak nomboknya. Ini pengalaman pribadi, karena saya mengalami anak saya yang harus dioperasi. Dengan asuransi kesehatan murni saya hanya nombok 4 juta, kalo dengan santunan mungkin nombok saya 25 juta. Asuransi kesehatan yang sip, tentunya yang sesuai dengan kantong kita masing2, dan sesuai dengan kebutuhan

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Term life

idabsa's picture

Dear Pak Priyadi,

Makasih banget lho pertanyaan saya sudah dijawab sebelumnya. Wah, untung belum kejebak dengan unit link yang menjanjikan kalo rider kesehatannya sudah pasti sampai jangka panjang.

Sekarang saya ingin tanya lagi nih, kegunaan ikut asuransi term life itu apa sih? Kan disarankan ambil term life, asuransi kesehatan dan beli2 reksadana. Saya sih udah beli reksadana, asuransi kesehatan lagi dalam tahap pencarian/survey untuk mencari yg terbaik dengan harga premi yg masuk akal. Nah yang saya masih gak 'mudeng' term life itu buat apa? Untuk asuransi jiwanya atau ada hal-hal lain?

Makasih banyak buat waktunya

Please make it anonim :)

jawab termlife

rdlshell's picture

Termlife adalah asuransi jiwa murni, bisa ditambah dengan rider penyakit kritis juga personal accident. Kontrak mulai 1 tahun sd 30 tahun. Produk termlife tidak ada nilai tunai.

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

asuransi kesehatan

nawan's picture

Assalamu'alaykum Wr Wb

saya juga baru, baik di portal ini, maupun di dunia reksadana.

karena saya kerja di salah satu asuransi(syariah), saya tidak akan komentar, pilih unit link, atau pisah saja antara asuransi dengan investasi. dan tanpa bermaksud promosi, yang pasti di perusahaan saya, peserta bisa mengambil asuransi kesehatan sebagai pelengkap dari asuransi termlife, di perusahaan saya maksimal 20 tahun, selanjutnya dilihat lagi. Dan untuk unit link, bisa saja perusahaan asuransi membatalkan asuransi kesehatan yang menjadi pelengkap unit link tersebut(setelah melihat kondisi kesehatan di awal pengajuan, atau mungkin setelah klaim). jadi yang pasti ada, asuransi kesehatan tanpa harus unit link.

Wassalam

Nawan 

asuransi kesehatan

Anonymous's picture

yang saya tau kalo di Takaful, walaupun ambil term-life dengan rider, tetap aja perusahaan berhak menolak perpanjangan berdasarkan evaluasi tiap tahunnya

Yang saya tau juga, asuransi kesehatan yang renewal guarantee itu cuma ada di luar negeri dengan coverage worldwide dan premi yang aduhai USD 700-7,000

lilyardas

asuransi kesehatan lagi

nawan's picture

oh boleh sebut merk yach??? kirain cuma boleh sebut merk reksadana aj diportal ini

yang pasti memang selalu dievaluasi, tapi biasanya sich dievaluasi setelah klaim untuk manfaat kesehatan tersebut, lalu diputuskan tetap dicover atau tidak, tambah premi atau tidak, atau malah tidak dicover lagi kesehatannya. klo yang dijamin mencover dari awal sampai akhir masa perjanjian, kayaknya sich emang ga ada, tapi klo askes yang dimiliki para pns, saya kurang tahu dech. 

Wintrethur

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.