Apakah ada Denda jika Menjual ORI Sebelum Jatuh Tempo?

Thu, 03/06/2008 - 12:25
digitalfriend's picture

Saya berminat membeli ORI-4. Yang ingin saya tanyakan :

  1. ORI-4 jangka waktu 4 tahun , kapan dimulainya ? Apakah setelah masa penawaran berakhir ? Setelah 6-Maret-2008 ?
  2. Misalnya saya menempatkan nominal Rp 10 juta , bagaimana perhitungan pembayaran jika saya ingin menjual setelah 1 tahun saja ( tanpa menunggu jatuh tempo setelah 4 tahun )
  3. Adakah denda karena menjual seluruh unit sebelum masa jatuh tempo 4 tahun ?
  4. Benarkah bahwa setelah jatuh tempo maka ORI-4 akan kembali ke harga awal penawaran ? Apakah setelah jatuh tempo otomatis seluruh dana akan dikembalikan kepada investor ?
  5. Jika memang benar setelah jatuh tempo 4 tahun ORI-4 harganya kembali ke harga awal , apakah lebih menguntungkan jika menjual/melepas ORI-4 sebelum masa jatuh tempo dimana harganya mungkin pada saat itu > daripada harga awal penawaran.
  6. Apakah ada jaminan dari agen(Bank) kalau kita mudah menjual ORI-4 sebelum jatuh tempo ?

Terimakasih sekali sebelumnya

 

Comments

jual ori003 tu gmana ya?

Anonymous's picture

saya mau tanya bagaimana likuidasi ori003 dan brapa yg saya dpt. misal saya punya ori003 mandiri senilai 30 juta,baru berjalan 6 bulan dan utk jangka waktu 2 thn. jika saya akan jual bulan ini,brapa yg akan saya dapat? keuntungan/kerugiannya??
thx

lusi-bdg

Jual ORI3

budikurniawan's picture

Hi Sis,

 Kalo mau jual ORI3 silahkan datang ke agen penjual seperti di bank mandiri, trus tanyain berapa harga kl sis ingin jual. Kalo ternyata harga nya dibawah 100 maka sis akan mengalami capital loss.

Melihat kecenderungan naiknya suku bunga, maka harga ORI saat ini pasti discount ya (harga dibawah 100). Jadi lebih baik disimpan aja ampe jatuh tempo, kecuali sis lagi butuh uang segera sehingga hrs jual ORI.

 cheers!

saya juga beli di BCA dan

antena's picture

saya juga beli di BCA dan cuma dapet bukti pemesanan dan bukti pembelian secarik kertas hasil print.

sempat kawatir juga. tapi kalo demikian bagaimana cara kita menggadaikan..kan di bilang bahwa ORI ini bisa kita gadaikan. apa kita serahkan secarik kertas itu ke penggadaian ?

hasil print ORI BCA (konfirmasi)

Anonymous's picture

Koq kertasnya konfirmasi transaksi (bukan kepemilikan) kelihatan seperti fotocopy-an / print laser (hitam putih) dengan nomor2 di sudut kanan atas terputus?
Bagaimana pelayanan BCA?

Gadai ORI

budikurniawan's picture

Bro,

Secarik kertas yang diperlukan adalah surat konfirmasi dari Kustodian Bank kalo bro memiliki ORI, sama persis kalo kita beli reksadana.

Kalo bro ingin menggadaikan ORI ato istilah kerennya REPO (repurchase order) maka bro bisa langsung menghubungi BCA ato bussines unit di bank ato pegadaian yang bisa melaksanakan REPO dengan bekal surat konfirmasi diatas. Ntar bank nya yang akan melakukan verifikasi data ke kustodian bank dalam hal ini KSEI.

 

Happy Investing

BK

ORI

Agus Mulia's picture

Ikutan komentar soal ORI

+ ORI termasuk saving paperless,tdk spt tabungan / deposito yg dpt buku / sertifikat. Banyak teman yg sulit beralih dari pola saving konvensional,alasannya klasik tdk ada bukti fisik kepemilikan spt sertifikat deposito misalnya.Bgmn jika ada yg mengaku sebagai kita lalu mencairkan dana-bgmn jika mati-ahli waris-dstnya. Ya kalau cuma puluhan juta-kalau ratusan juta apalagi milyar hasil saving tahunan.? ORI  tdk boleh dicairkan oleh siapapun ( termasuk pemilik )secara tunai - pencairan hanya satu dgn credit ke rekening kita.

+ Bagi pemula ORI agar hati2 dgn ulah bank ( oknum ? ) besar yg tdk memberikan bunga tabungan thd dana kita setelah dilocked s/d penjatahan, jika kita tdk dapat jatah ORI.

+ ORI dianjurkan bagi pemula sebagai titik antara, sebelum masuk ke RD / saham. Begitu pula dlm RD coba dulu di  fixed income / pasar uang, sebelum ke mix & saham. Anggap saja sebagai pemanasan, pengertian praktis akan berbeda dgn teori saja. Soal kita memilih sebagai investor konservatif ayau spekulatif, personality kita akan menentukan. Deng Xiao Ping bapak modernisasi Cina bilang bukan kucing putih / hitam atau kucing garong, yg penting ialah kemampuannya menangkap tikus.

+ Welcome to the paperless world.

 

 

 

 

 

 

Scriptless

budikurniawan's picture

Mungkin yang dimaksud bro Agus Mulia adalah scriptless. Artinya ORI tdk berwujud kertas lagi tapi tercatat di sistem yang dikelola oleh kustodian bank/KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Jadi, kalo bro/sis membeli ORI maka hanya akan mendapatkan surat konfirmasi mengenai detil surat berharga yg dimiliki. Surat konfirmasi ini sama saja dengan surat konfirmasi yg dikeluarkan oleh kustodian bank kalo bo/sis membeli reksadana. Ini lah yang dijadikan pegangan investor kalo ingin mencairkan ato kalo terjadi apa2 (meninggal dsb). Sehingga tdk dipelukan kekhawatiran yang berlebihan mengenai transaksi scriptless spt ini.

Sepanjang pengetahuan sy, kecil sekali kemungkinan nasabah tdk mendapatkan bunga pada rekening tabungan yg diblocked. Pengertian blocked adalah dana kita yg di rekening diblokir s/d tgl penjatahan sehingga bank bisa menjamin dana nasabah ttp tersedia pada saat penjatahan ORI. Sistem blokir itu melalui system, dana nya ttp ada di rekening tabungan cuma tidak bisa ditarik/ditransfer aja. Ini adalah proses blokir di BANK, sy tdk tau mengenai proses blokir dana di securitas ya...

Pembelian ORI yang dilakukan nasabah tdk masuk ke DPK (dana pihak ketiga) bank sehingga kecil kemungkinan bank sebagai agen penjual mempersulit apabila nasabah ingin menjual ORI. Bro/sis tinggal datang ke bank dan blg kalo ingin menjual ORI. Mungkin yang mempersulit adalah securitas yang bertindak sbg agen penjual krn ORI memang termasuk portfolio mereka.

Kalo bro/sis ingin menjual ORI atau menanyakan harga ORI saat ini dan bro/sis dulunya membeli ORI melalui Bank Mandiri, silahkan menghubungi Consumer Banking Treasury Mandiri di 021-5210450 (hunting). Mereka akan dengan senang hati memberikan informasi yang ditanyakan nasabah.

Happy Investing

regards, BK

Digitalfriend, Untuk tgl

budikurniawan's picture

Digitalfriend,

Untuk tgl penerbitan ORI 4 adalh tgl 10 Maret 2008 dan pembayaran kupon setiap tgl 12 tiap bulan.

Kalo ingin jual ORI 4 sebelum jatuh tempo, mis 1 tahun, maka yg diliat adlh harga beli (bid) di market saat itu. Misal, harganya adalah 105% maka dengan modal 10 juta akan didapat nominal 10,5 juta. Artinya anda mendapat 500 rb (capital gain). Itu kalo and jual pada saat tgl pemberian kupon. Sedangkan kalo anda jual sebelum tgl pemberian kupon, maka anda akan mendapat accrued interest, yaitu (selisih hr s/d tgl pemberian kupon dibagi jumlah hr dlm 1 thn) dikalikan dengan 9,5%...(actual/actual). Jadi kalo anda jual maka anda akan dapat capital gain+accrued interest

Tidak ada denda kalo jual ORI sblm jatuh tempo

Iya, stlh jatuh tempo maka harga ORI akan kembali at par (100%) = harga beli di pasar perdana. Setelah jatuh tempo, seluruh dana akan kembali ke investor

Tergantung. Kalo anda tetap menyimpan ORI s/d jatuh tempo maka anda akan mendapat kupon 9,5%/tahun selama 4 thn. Kalo anda jual sebelum jatuh tempo, maka anda akan mendapat capital gain. Silahkan itung apakah capital gain yg anda dapat lebih besar dibandingkan nilai kupon yg akan anda dapat s/d jatuh tempo.

Selama ini agen penjual menjamin apabila kita ingin menjual ORI sblm jatuh tempo. Anda juga bisa menjual ORI anda lwt bank/securitas manapun, silahkan anda hubungi unit treasury dimasing2 bank/securitas.

regards, BK

Untuk menjual ORI, memang

Anonymous's picture

Untuk menjual ORI, memang tidak dikenakan denda atau penalti.
Hanya yang perlu dilihat adalah harga pasarnya, bisa dilihat di Bisnis Indonesia, di bagian indeks2 bisnis keuangan.

Dan satu hal yang perlu diperhatikan lagi adalah, saya menerima beberapa keluhan nasabah yang mengatakan bahwa ORI mereka tidak bisa dijual. Sebenarnya bukan tidak bisa dijual, cuma kebanyakan bank2 distributor ORI tidak ingin kehilangan portofolio mereka, jadi alasan yang itulah yang dianggap cukup ampuh.
Sebenarnya sih.. biasa cuma ngakal2in nasabah aja.

di jual ori-003

daulat10's picture

yg minat colect ori......

daku ada ori-003 sebanyak 4lot, mo daku jual buat perbaiki reksadanaku yg masih nyungsep, kemarin ga sempet redeempt sih, juga buat donasi di poertalrds yg rencana mo daku ambilkan dari gain rds.

asyik juga main rds ada sport jantungnya,

klo ada yg minat daku lepas ajah ori masukin semua ke rds setelah disisihkan buat kdr,

sayang jakarta....indent deh klo da edisi surabaya... 

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.