Indeks Acuan Reksadana

Sun, 02/10/2008 - 07:56
p3k's picture

Saya ingin tanya mengenai indeks acuan.. Selama ini kan kita menggunakan IHSG sebagai acuan imbal hasil reksa dana saham... Dan kalau saya tidak salah, untuk reksa dana pendapatan tetap / obligasi ada yang menggunakan iBoxx ABF Indonesia Index seperti yang jadi acuannya ABF IBI Fund keluaran Bahana TCW...

yang saya ingin tanyakan, kalau reksa dana campuran pake indeks apa ya?
kemudian, kira-kira di Indonesia ada atau tidak ya indeks khusus untuk
reksa dana (baik reksa dana saham, pendapatan tetap, campuran, terproteksi,
pasar uang)?..

ps: soalnya kemarin saya menemukan iklan dari Prospera Indonesia. Dan
dalam iklan tersebut dalam menggambarkan grafiknya, mereka pake indeks
reksa dana sebagai acuan untuk produk reksa dana campuran mereka.

terima kasih atas tanggapannya

 

Comments

Benchmark = ukuran

Anonymous's picture

Karena benchmark merupakan ukuran kinerja suatu RD, maka sesuai definisi benchmark yang baik (AIMR, association of investment management & research sekarang CFA Institute):
- tidak ambigu (jelas)
- measureable (dapat diukur)
- investable (dapat diinvestasikan)
- appropriate (kepatutan)
- specified in advance (ditentukan di awal)
- reflective of current investment policy (merefleksikan kebijakan investasi)

Karena itu suatu RD campuran, harus diukur dengan benchmark yang sesuai dan patut, tidak bisa IHSG (overstated) atau SBI (understated). Harus jelas (market index), dapat diukur returnnya, dapat diinvestasikan atau direplikasikan (artinya MI yang ingin pasif terhadap index dapat mengikuti patokan mereplikasi komposisi konstituen index tsb), ditentukan di awal (ditetapkan dalam prospektus) penggunaan suatu index (baik yg dibuat sendiri atau dibuat oleh index provider), dan yang terakhir harus merefleksikan kebijakan investasi dalam prospektus. Kalau kebijakan investasi RD Campuran tsb gabungan antara growth dan preservation of capital, ya ga tepat kalau index yg dipakai adalah 90% saham + 10% SBI.

Masalah index apa yang dipakai dan bagaimana komposisinya, ya tergantung dari MI/komite yang menetapkan dan dicantumkan dalam prospektus. Tugas investor adalah melihat, apakah benchmark yang dipakai untuk ukuran tsb, kemudian tepat. Kalau tidak tepat ya jangan dibeli. Karena kalau bias understated, maka MI akan gampang untuk outperform (tidak optimal) sedangkan kalau bias overstated maka RD tersebut akan sangat risky karena mencoba membeat benchmark yang sulit untuk dicapai dengan komposisi portfolio yang diperbolehkan --> tidak optimal juga (risk-return trade-off).

Mudah-mudahan membantu.

Salam,
Tigor Siagian
http://tigorsiagian.com

indeks acuan RD

budikurniawan's picture

bro, kalo mau itung harian, bro bisa bandingkan prosentase kenaikan/penurunan NAV RD pake rumus

(NAV saat ini : NAV acuan) - 1 x 100.

Misal: NAV saat ini 6837 trus NAV kemaren 6900, maka prosentase penurunan NAV saat ini dibandingkan kemaren adalah

(6837 : 6900) - 1 x 100 = -0,91%

Nilai ini dibandingkan dengan prosentase penurunan index (IHSG untuk RD saham). Dari situ bisa diliat RD mana yang kinclong dan bagus untuk dikoleksi..

cmiiw,

regards

BK

untuk lebih melihat acuan

sihezan's picture

untuk lebih melihat acuan reksa dana, kita melihat ke fund fact sheet dari reksa dana tersebut. karena tidak bisa kita pukul rata reksa dana saham akan mengacu ke IHSG (meskipun hampir sebagian besar mengacu ke IHSG) ada kalanya reksa dana saham tersebut mengacu ke indeks finansial, indeks infrastruktur dll (fortis infrastruktur plus) atau gabungan antara IHSG dengan SBI (reksadana campuran fortis equitra) dll....

please cmiiw, untuk penentuan benchmark ini setiap reksa dana bisa berbeda beda karena berkaitan dengan strategi pengelolaan masing masing reksa dana.

jadi akan lebih akurat kalo kita mengacu ke fund fact sheet reksa dana yang bersangkutan.

 

always diversify....

remember, greedy won't make you rich.

hezan 08159119234

tanya lagi

p3k's picture

tapi kira-kira ada gak ya indeks yang ditunjukkan secara langsung dan secara harian,

kan biasanya cuman ditunjukkan dengan grafik ya kalo di fund fact sheet....

thanks for comments

Index acuan

budikurniawan's picture

Setau sy, index acuan buat reksa dana pendapatan tetap/obligasi adlh bond index yang dikeluarkan oleh BES (ato skr BEI).

Kalo buat reksa dana campuran maka benchmark nya adlh IHSG dan bond index, misalnya; IHSG 60% + Bond Index 40%

CMIIW,

regards

BK

Acuan RDCampuran

ngawur's picture

Saya sendiri mempunyai RD Campuran dari schroder. biasanya saya tidak pernah benchmark RDC ini karena masalah kita tidak tahu tepatnya berapa % alokasi ke saham dan %money market. dalam prospektus pun biasanya ditulis: 60-80%saham dan 20-40%money market. yang berarti proporsi akan ber-fluktuasi.

Memang untuk memperindah prospektus biasanya dibandingkan dengan 50%JCI+50%money market. karena porsi saham >50% dan saham lagi bagus maka grafik return RDC ini akan diatas benchmark, yang overall juga tidak bisa menjadi pedoman.

Saran saya pribadi bila punya RDC sebaiknya cukup monitor return dibanding RDSaham. bila RDS naik RDC naik sedikit, bila RDS turun, RDC turun sedikit. Namun bila RDC anda diluar standard ini ada baiknya mengetahui lebih detail tentang RDC anda. Juga bandingkan dengan RDC lain.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.