Kinerja RDS Syariah

sayogo's picture

Ternyata harapan saya benar bro, RDS Syariah dapat menunjukkan kinerja yang melampaui RDS biasa. Untuk kinerja 6 bulan (terima kasih sekali lagi pada bro autogebet yang telah menyediakan datanya) juaranya adalah:

  1. Jisawi saham.
  2. PNM ekuitas syariah.
  3. Euro Peregrine equity.

Untuk kinerja 3 bulan, juaranya adalah:

  1. Euro Peregrine equity.
  2. PNM ekuitas syariah.
  3. Reliance equity fund.

Untuk kinerja 1 bulan,

  1. Euru Peregrine equity.
  2. PNM ekuitas syariah.

Jadi terbukti PNM ekuitas syariah konsisten dan stabil dalam pencapaian
returnnya, hanya kalah tipis dari Euro Peregrine equity. Kalau kita
akan membeli RDS saat ini, pilihan ini layak merupakan prioritas untuk
dipertimbangkan.

Comments

Tanya tips trik utk PNM ES

voidfire's picture

Sebelumnya mohon maaf karena saya angkat lagi artikel ini. Tapi daripada bikin baru, saya pikir lebih baik dilanjutkan saja ^^;;

Langsung saja, hari ini saya meminta dokumen2 dari PNM dan alhamdulillah langsung dikirim via email. Dalam email dikatakan biaya pembelian 3% (tapi bebas biaya sampe akhir juli 2009 ini loh...^^)

Nah, yg ingin saya tanyain, ada tips trik ga untuk menekan biaya lain2 ini nih.. Mengingat saya tidak punya account di agen penjual, tapi kalo lewat MI langsung akan ada biaya macem2 kan spt transfer, pindahbuku, dll. Saya tertarik untuk buka di PNM ES, tapi biaya2 beli max.3%, Redempt max.1%, switch max.0.5%, biaya bank++ ini membuat saya berpikir dua kali.

Ditunggu balesannya dari rekan2 semua. Terimakasih banyak loh sebelumnya ^^

Seminar RD

Agus Mulia's picture

+ Hallo Mas Sayogo dan members lain, apa kemarin siang s/d sore ada yg ikut seminar RD ( intermediate ) yg diadakan oleh Infovesta ? Kalau ada yg ikut, bagi-bagi dong oleh2nya diportal ini - terima kasih.

+ Hallo Bro Autogebet, untuk even yg mungkin ada gunanya bagi member lain spt tsb diatas, bagaimana kalau kita buka donatur - dana terkumpul untuk membayar ikut seminar  member yg ditunjuk & punya waktu ikut even tsb. Dengan catatan member tertunjuk wajib mengembalikan berbentuk oleh2 tulisan untuk portal ini. Rasanya banyak even penting yg mestinya perlu diikuti - namun keterbatan waktu sering tdk bisa dikompromi. Masak 8500 member kok kondangan semua. Setuju ?

Seminar RD Infovesta

sayogo's picture

Ane memang ditawari untuk ikut seminar tersebut, tapi karena ane kurang berminat dan kebetulan juga ada acara, jadi tidak ikut. Sebenarnya ane bermaksud untuk memberikan informasi mengenai seminar ini di portal kita, tapi karena ane pikir agak berbau promosi, jadi batal.

Tapi kalau teman-teman memang berminat, untuk y.a.d. semua informasi mengenai seminar atau kursus yang terkait reksadana akan ane informasikan di portal ini. Tentunya dengan seizin bro autogebet hehehe.

Tak tau

barkah's picture

Waduh saya ndak tahu tuh kalo ada acaranya. Besok-besok kalo ada yang tahu seminar tentang investasi, terutama reksadana, saya anjurkan untuk mengumumkannya disini agar banyak orang yang tahu.

Rekomendasi

barkah's picture

Saya merekomendasikan agar membeli MITRAS. Harga perdananya 1000, sekarang 930-960, dan ada kemungkinan akhir Mei diatas 1000. Waktu saya beli tanggal 4 April, harganya 880 an,terus barusan baru beli dengan harga 930 an. kalo mau aman, belinya 2 juta aja juga cukup, kurang juga gak papa.

boleh mi emailnya pak..

puji hariyanto's picture

bpk

saya mo belajar investasi

 

boleh mt alamatnya emailnya bapak.thanks

 

hallo mas

puji hariyanto's picture

hello mas sayoga

 

aku anggota baru nih,baru aje mo ikutan

saham bank mandiri kan mao di jual untuk kls mnengah

klo amo beli yang jangka 3 bln

mohon infonya

thanksq

Saham bank mandiri

sayogo's picture

Maaf, ane kurang mengerti maksudnya apa ya. Sepengetahuan ane tidak ada saham bank mandiri yang khusus untuk kls menengah dan berjangka 3 bulan. Mohon dijelaskan dapat info dari mana ya? Mungkin ada teman-teman yang dapat membantu?

Rekomendasi MITRAS

sayogo's picture

Betul bro, kinerja MITRAS sangat bagus, hanya kalah oleh PNM ES. Tapi ada keuntungan lainnya: subsciption fee MITRAS hanya 0,5 %.

Jadi RD MITRAS ini sangat cocok untuk yang melakukan cost averaging, artinya membeli RD secara berkala, bisa sebulan sekali, atau beberapa bulan sekali, dan untuk tujuan jangka menengah.

Kinerja Mitras

amarch's picture

Saya setuju dengan rekomendasi sodara sayogo& barkah. memang Mitras mampu memberikan return yg cukup optimal dibandingkan RD biasa&memang hanya kalah dari PNM ES (dibandingkan dari semua RD syariah). Dan juga fee nya yg cukup kecil,,,hanya saja masalah flexibilitas nya saja yg masih kurang memuaskan.

Dimana kita harus datang ke bank mandiri tempat kita membeli dan gak bisa di bank mandiiri lainnya.

Mungkin itu saja sedikit tambahan dari saya..

-a.marhadi

pembelian MITRAS

Anonymous's picture

Gmana caranya beli unit MITRAS?
min berapa Rp?
ada alamat web-nya buat baca prospektusnya ga?

ririe

Tentang MITRAS

sayogo's picture

Tentang MITRAS anda dapat membaca posting teman-teman bila anda meneruskan membuka komentar artikel ini.

Anda dapat membelinya di Kantor Cabang Bank Mandiri, min Rp 500 rb (menurut info teman-teman) walaupun di prospektus tertulis min Rp 50 rb.

Alamat web: www.mandirinvestasi.co.id atau cari saja lewat google.

Semoga membantu.

Top Up MITRAS

Anonymous's picture

@bro Sayogo, dimana bisa top up MITRAS tanpa harus datang ke Bank Mandiri. Menurut agen penjual pada saat saya beli pertama kali, kita harus datang langsung kalau mau top up (subscript lagi).

Trims
Opick

pake Internet Banking dan SMS banking BISA !!

salimbanget's picture

Mas Opick,

Kalo repot ngantri ato gak sempat, bisa kok Top Up pake internet banking dan SMS banking mandiri.

Makanya, aktifkan dulu fasilitas i-banking, and jangan lupa bawa aja token pin kemana2 biar gak ketinggalan momen "goldencross"

 

Salim

di Nias Island

Top Up MITRAS --> tinggal call

Anonymous's picture

Bro Opick..
Kalau mau top up sebenarnya di bank Mandiri tidak perlu datang langsung...
Saya selama ini biasa minta top up tinggal call ke CS Mandiri untuk dipotong langsung dari rekening...bisa kok.
Jadi gak perlu susah2 datang langsung ke banknya...
Atau sebenarnya bank Mandiri punya account khusus dimana nasabah yg ingin top up secara berkala..kita tinggal transfer ke rekening itu, nanti langsung dipotong dari account tsb..
Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi CS mandiri anda,

Salam Investor
Tukul

Top up MITRAS @bro Opick

sayogo's picture

Setahu ane memang harus ke Bank Mandiri. Inilah yang merupakan kelemahan MITRAS: kurang fleksibel. Tapi dengan kinerja yang cukup baik dan fee yang relatif murah, kelemahan ini masih dapat ditoleransi.

Kemana artikel RD Terproteksi

wyn's picture

Allow smua... Di portal ini kmrn smpt muncul artikel RD Terproteksi vs .... Kmn ya skrg?

Tq.

wyn

Testimonial

EcoSyariah's picture

Alhamdulillaah... akhirnya saya mendapatkan tempat menimba ilmu khususnya mengenai RD Syariah di PortalReksadana.com ini.

Semoga mas autogebet dan kontributor lainnya diberikan kemauan dan semangat untuk terus mensyiarkan syariah melalui RD Syariah.

Sukses selalu PortalReksadana.com di jalan yang diredhoi Allah SWT.

Salam Syariah
EcoSyariah

@ bro eco

abucyber's picture

bro eco,
ane mo tanya ni, menurut bro reksadana syariah apa aja sih yang mudah buat jarak jauh? soalnya waktu sangat penting buat ane..

crita dong bro pengalaman-pengalaman ente di reksadana syariah. muda-mudahan bisa kita ambil sebagai pelajaran. ok bro..

mohon pencerahannya bro..

JAGOAN RDS 3 BULAN & 6 BULAN

amsi_82's picture

Mau tahu jagoan RDS untuk 3 bulan dan 6 bulan?Ini dia hasil rekapitulasi saya dari portal ini per tanggal 31 Januari 2008:·         Untuk tiga bulan (dari segi return)

1
REKSA DANA PNM EKUITAS SYARIAH
10.61

2
SYAILENDRA EQUITY OPPORTUNITY FUND
7.47

3
REKSA DANA RELIANCE EQUITY FUND
6.92

 ·         Untuk tiga bulan (dari segi sharpe ratio)

1
REKSA DANA PNM EKUITAS SYARIAH
0.10

2
SYAILENDRA EQUITY OPPORTUNITY FUND
0.06

3
GMT DANA EKUITAS
0.06

 ·         Untuk enam bulan (dari segi return)

1
REKSA DANA PNM EKUITAS SYARIAH
46.14

2
REKSA DANA EURO PEREGRINE EQUITY
42.49

3
REKSA DANA JISAWI SAHAM
41.57

 ·         Untuk enam bulan (dari segi sharpe ratio)

1
REKSA DANA PNM EKUITAS SYARIAH
0.17

2
REKSA DANA JISAWI SAHAM
0.16

3
CIMB ISLAMIC EQUITY GROWTH SYARIAH
0.16

 Untuk kesekian kalinya PNM EKUITAS SYARIAH membuktikan dirinya masih yang terbaik meskipun masih tergolong ’newbie’di RD Saham, bahkan mampu mengalahkan RDS-RDS ’status quo’ yang sudah mapan dan sering menjadi favorit para investor. Mudah-mudahan hal ini menjadi suatu yang positif bagi perkembangan reksadana syariah, sehingga dapat menjadi alternatif investasi yang menjanjikan.

saya adl mhs yang sedang

SUPARJO's picture

saya adl mhs yang sedang melakukan penelitian mengenai RDSy PNM Ekutas syariah, data nav sudah saya dapatkan, namun proporsi nav belum ada, saya mohon bantuannya untuk bersedia mengirim berapa proporsi nav dari 1 agustus 07 s/d 30 april 08. demikian dan terima kasih. saya tunggu balsan di. 5up4rj0attelkom [dot] net

Bukti kepemilikan unit penyertaan molor dikirim?

mochamadfahim's picture

salam kenal....

Ane baru pertama buka rekening di PNM EKUITAS SYARIAH (PES), ane datang sendiri ke kantornya di sudirman..ane buka tanggal 17 jan 2008 kemeren tapi sampe sekarang (4 FEB 2008) belum dapat SURAT KONFIRMASI KEPEMILIKAN UNIT PENYERTAAN..ane dah kontak ke PNM, alasan mereka mungkin keterlambatan di kurir si custodian (HSBC, red)...klo ga salah ada member portalreksadana yang pernah beli di PES juga, yang ane tanya :

emang bener ya bukti kepemilikan unit penyertaan molor dikirim? bukanya aturan BAPEPAM maksimal 7 hari bursa? ni malah udah 12 hari bursa.. mohon jawabanya bagi yang tahu... tengkyu.

@ mas fahim

abucyber's picture

hehe, ini mas fahim ya...
mas makasih ya kemarin udah nganterin ane ke pnm. eh ya mas fahim masih ninggal prospektus di tempat saya loh kemarin waktu jumatan.

yup, met ngerjain skripsi ya. doaen ane mudah-mudahan ane dapat penempatan yang bagus dan gampang buat akses reksadana yang ane punya...

. : mangkang-otista : .
. : terasa jauh sekali : .

Konfirmasi pembelian PNM ES

Risyadmum's picture

@ Bro Mochamad, coba kontak Putri untuk minta konfirmasi di fax sambil mencari tahu dimana surat konfirmasi-nya nyangkut.

Kebetulan saya top up tanggal 25 Jan, pukul 11.30, pakai RTGS dan dapat NAB sama dengan bro Kosegu. Surat konfirmasi sudah datang tanggal 04 Feb. Kemungkinan surat konfirmasi milik bro Mochamad nyangkut di kurir.

Menurut saya sih surat dari PNM lebih cepat dari Trimegah dalam mengirim surat konfirmasi pembelian, tetapi Trimegah bisa bantu kirim konfirmasi by e-mail hari itu juga kalau marketing yang ngurusin kita baik.

 Tapi memang staff marketing di PNM sedikit banget, susah kalau nyari by phone.

 

Konf pembelian PNM ES

herusugi's picture

saya sudah beberapa kali melakukan pembelian RD di PNM, ketika pertama kali disebabkan alamat yang kurang jelas, surat tidak terkirim. setelah diperbaiki, konfirmasi pembelian diterima paling lambat 1 minggu.

 

Konfirmasi kepemilikan RDS PNM Ekuitas Syariah

sayogo's picture

Ane sudah tiga kali beli RDS PNM Ekuitas Syariah dan selama ini tidak ada masalah dengan konfirmasi kepemilikan. Biasanya surat tersebut sudah ane terima kurang dari seminggu, sekitar 3 - 4 hari sesudah transaksi.

Kalau terlalu molor, coba hubungi lagi PNM dan cek alamat pengiriman serta minta tolong agar menghubungi bank kostudiannya agar konfirmasi segera dikirim.

Mudaha-mudahan berhasil.

Re: Bukti kepemilikan unit penyertaan molor dikirim

kosegu's picture

Salam Kenal juga,

Ane juga mo nyampein unek2 yang ane punya mengenai RD PNM ES ini. Mungkin ini adalah salah satu dari permasalahan yang tampak dipermukaan, Ane telah membeli RD PNM ES pada tanggal 24 jan 08 menurut informasi yang Ane dapat seharusnya surat konfirmasi telah Ane terima paling telat 7 hari setelah pembelian namun baru kemarin ( 4 Feb 08) surat konfirmasi ane terima-itu pun setelah beberapa kali Ane kontak marketing di sana .

Untuk para suhu Ane ada pertanyaan, mohon pencerahannya .

Ane melakukan transaksi pembelian RD PNM ES pada tanggal 24 jan 08 pada pukul 14.00 WIB. Setelah Ana kontak marketing PNM, beliau mengatakan Ana mendapatkan NAB 1.376,17 namun pada surat konfirmasi yang ana terima pada tanggal 4 Feb 08 NAB yang ana terima 1.441,34. Yang jadi pertanyaan NAB manakah yang benar? bila NAB 1.441,34 yang benar ana telah loss UP yang lumayan besar (164,2779 UP) .

 Terimakasih.

Justru ini yang penting

Anonymous's picture

Menurut saya justru informasi seperti ini yang lebih perlu dibahas di portal ini. Membaca tulisan kosegu saya berkesimpulan bahwa dia belum memahami pengetahuan dasar reksadana. Ini berarti portal ini telah gagal dalam memberikan pendidikan tentang reksadana. Selama ini portal ini didominasi teknikal analisis dan metoda swing yang sebenarnya tidak sesuai dengan jiwa reksadana.

Belajar Investasi

kosegu's picture

Dear Rekans sekalian,

 

Mo sharing aja pengalaman ane mengenai dunia investasi khususnya di Reksadana. Ane sendiri juga seorang newbie, ane join di portalreksadana ini di pertengahan januari 2008 (+/- 14 Jan 08) sebelum ane join ane masih nggak ngerti apa itu investasi? apalagi dengan umur ane ini yang bisa dibilang masih muda, masih kental dengan gaya hidup mewah, bersenang-senang.

Di portal ini sudah tersedia berbagai informasi yang berharga yang telah diberikan oleh para kontributor secara sukarela secara tersirat maupun tersurat, tinggal kita menyelaminya dan mempelajarinya.

Ilmu yang didapat dari portal ini haruslah dilengkapi dengan pengalaman nyata, yaitu nyebur langsung dengan membeli instrument investasi-RD, ORI, Saham, dll. Oleh karena itu seorang mahasiswa harus melengkapi kemampuan yang telah didapatnya dikampus dengan pengalaman nyata didunia kerja, Seorang atlet beladiri dengan mengikuti pertandingan. Dengan begitu kita akan mengetahui ada diposisi mana kita saat ini.

Tetap Semangat!!!

 

Teori dan Praktek Investasi seiring sejalan

isna's picture

Saya setuju dengan bro Kosegu, Belajar investasi akan lebih baik jika bisa sekaligus dipraktekkan. Muda bukan berarti tidak boleh hura2 tetapi mulailah mengurangi dengan menyisihkan dananya tuk dimasukkan ke investasi. Tuk praktek investasi tidak perlu harus menggunakan dana yang besar misalnya dg langsung membeli ORI, Saham dll, tetapi bisa melalui instrumen RD yg biasanya minimal investasinya terjangkau. Disini saya coba memberi gambaran berinvestasi yang diambil dari budget tuk hura2. Misalnya kita kurangi Nongkrong n Makan di cafe menjadi maks. 4x dalam sebulan (hanya malam minggu saja), Nonton dihari Senin-Jum'at shg dpt NonMat. Perbanyak menggunakan Motor atau busway jk berpergian shg bisa irit bensin Mobil. Call teman after jam 11 malam biar dapat tarif hemat dan masih banyak yang lain lagi. Saya rasa dengan cara smart seperti ini dipastikan bahwa hura2 jalan - belajar investasi juga semakin lancar.

Muda tetapi tetap cerah ceria dimasa kini dan nanti ......

Salam Investasi

Ingin share ilmu? Monggo sekali...

autogebet's picture

content portal ini sebenarnya justru banyak disumbangkan oleh rekan2 member yang memiliki semangat sharing. saya hanya memfasilitasi publikasi artikel di portal ini. hal-hal basic tentang reksadana sebenarnya ada di artikel dengan kategori Tutorial.

selain bro 4m4r4 yang sering berkontribusi di artikel kategori ini, tentu tetap terbuka kesempatan bagi rekan lain yang ingin sharing artikel sehingga tersedia lengkap komplit semua hal-hal mendasar ttg investasi reksadana.

Hal-hal yang sering ditanyakan member (mis: konseling), nanti akan saya compile untuk masuk ke artikel berkategori FAQ. so rekan bs always cek dulu di kategori FAQ atau Konseling, siapa tahu sudah pernah ditanyakan disana.

bagaimana cara kirim artikel? silakan details ada di:
http://www.portalreksadana.com/?q=node/163

monggo juga jika ada masukan untuk kategorisasi artikel yang lebih informatif, mis: Tutorial, Swing Trading, Fundamentalist, etc.

Tetap Semangat! ™

PERIODE DASAR

Cilly's picture

MAAF PAK SEBELUNYA MO NGREPOTIN N NGREPOTIN LG.

NUMPANG TNYA, SYA SKG SDANG NGERJAKAN SKRIPSI TTG PERBANDINGAN KINERJA rd SYARIAH DN KONVENSIONAL  PERIODE 2003-2007 TP SYA BINGUNG BWT NENTUIN THUN DASARNYA.??N SYA JG BINGUNG ALAT UKUR YG PALING BAIK DPAKE SHARE, TREYNOR /JENSEN?

 KLO TDK KBERATAN TLG DKRIM KE E-MAIL SYA cilly_arthaatyahoo [dot] co [dot] id

TRIMA KASIH 4 SARANNYYA

Maaf

Anonymous's picture

Maaf br autogebet. Saya tidak bermaksud mengecilkan sumbangan anda terhadap kemajuan reksadana. Terus terang saya sangat mengagumi dan menghargai upaya anda selama ini. Yang saya maksud dengan portal adalah komunitas ini. Meski memilih tetap anonymous, saya juga merasa bagian dari komunitas dan sudah mencoba sharing apa yang saya ketahui tentang reksadana.

Mungkin pada pesan saya terdahulu saya ingin mengatakan: buat apa kita belajar teknik macam-macam kalau dalam praktek kita tidak tahu kapan beli/jual unit reksadana. Melakukan transaksi reksadana lewat jam 13.00 adalah sebuah kesalahan besar bagi orang yang peduli sama timing. Ada tiga sesi perdagangan saham yang harus dilewati untuk mengetahui NAB yang kita dapat, siang hari itu, besok pagi dan besok siang. Ini belum memperhatikan apakan NAB tersebut yang terendah atau masih bisa turun lagi. Transaksi sebelum jam 13.00 pun masih menyisakan satu sesi dengan hasil yang bisa di luar perhitungan kita. Tapi, ini adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan. Apalagi kalau didasari analisa yang bagus.

Wajib baca

Risyadmum's picture

Barangkali Boss bisa membuat warning artikel kategori Tutorial mana saja yang wajib dibaca member sebelum mengajukan pertanyaan.

Forum tetap terbuka sejauh materinya masih seputar Reksadana. Saya kira ini tantangan bagi kontributor fundamentalist dan basic tutorial untuk menulis artikel yang tidak kalah menarik dari gaya Bro Passion4U.

Artikel Bro Anak Bali juga yahud. Bro 4m4r4, yang cantik, semampai dan berambut panjang :) ayo nulis lagi....

 

Betul bro

sayogo's picture

Betul bro. Untuk pembelian sebelum jam 13.00 NAB yang berlaku adalah NAB hari itu, artinya NAB yang baru diketahui saat penutupan bursa hari itu dan datanya dapat dibaca di Kontan atau Bisnis Indonesia keesokan harinya. Selewat jam 13.00 NAB yang berlaku adalah NAB hari berikutnya, dan dapat dibaca esok lusa.

Jadi sebenarnya marketing MI tidak akan mengetahui NAB yang akan kita dapatkan, karena baru akan diketahui setelah penutupan bursa sore harinya. Itulah sebabnya masalah timing ini adalah pengetahuan dasar yang seharusnya kita pahami, baik kita mau menjadi swing trader maupun menjadi investor jangka panjang. Mudah-mudahan rencana Kursus Dasar Reksadana cepat terealisasi, karena kita sangat memerlukannya bro....

Tapi tidak apa-apa bro, memang agak rugi sedikit tapi perlu disyukuri bahwa sampai hari ini anda masih dapat return yang cukup besar hehehe.

Terimakasih Bro

kosegu's picture

Terimakasih bro Sayogo atas masukannya,

Memang timing merupakan permasalahan utama yang harus kita perhatikan dalam berinvestasi. Selain itu kecepatan transfer antar bank pun menjadi salah satu faktor. Ana pake bank yang berbeda sih, untung hanya butuh satu hari dah bisa sampe jadi dapat deh NAB besoknya....

Ngomong-ngomong tentang KDR, kok sampe sekarang gak ada kabarnya lagi y? Ya betul, kita pasti butuh KDR nih. Mungkin diantara kita sudah ada yang bisa menggunakan Metastock dan belajar menganalisanya, tapi kita tetap butuh inputan dari para suhu sebagai bahan pembanding...

Terimakasih

IHSG anjlok

edig's picture

Salam investor!

Hari ini, IHSG nyungsep lagi sangat dalam. Berdasarkan www.bei.co.id, IHSG turun sampe 4,8% atau 125,25 poin ke posisi 2.485,88. Siap-siaplah melihat anjloknya NAB besok pagi. Ayo, RDS mana yg turun lebih kecil daripada IHSG en mana yang justru nyungsep lebih dalam....

Sepengetahuan ane, ini-lah saat tepat untuk menambah unit kita di RDS, beli dengan harga murah. Kalo menurut para SUHU di sini, gimana? Ayo dong, bagi-bagi tips buat kita semua......

Selamat berinvestasi!

 

Duo RDS Syariah

sayogo's picture

Saat IHSG nyungsep cukup dalam seperti saat ini ane sempat mengevaluasi kinerja RDS Syariah yang ada. Ternyata bila kita bandingkan dengan turunnya IHSG dengan patokan awal tahun 2008 (jadi diambil NAB 28 Jan 2007), sampai dengan tanggal 22 Jan 2008 (IHSG nyungsep paling dalam), turunnya NAB RDS PNM Ekuitas Syariah dan CIMB Syariah masih lebih kecil dari turunnya IHSG. IHSG turun -16,44%, sedangkan RDS PNM ES turun -12,23% dan CIMB -14.07%. Jadi termasuk yang tahan banting bro. Bandingkan dengan kedua jagoan RDS Fortis (peringkat 2 dan 3 tahun 2007) yang nyungsep lebih dalam dibanding IHSG.

Kalau untuk PNM ES tak perlu komentar lagi, memang kinerjanya cukup kinclong, sedangkan untuk CIMB perlu dievaluasi lebih lanjut. Kalau dihitung return per bulan sejak saat RDS diterbitkan, sampai saat ini RDS CIMB masih menduduki peringkat 1 di antara RDS baru yang berumur kurang dari 1 tahun. Karena itu RDS ini pernah menjadi salah satu RDS terpopuler. Sayangnya sejak dikeluarkannya aturan Daftar Efek Syariah (DES) yang baru, kinerjanya langsung memble. Hal ini terlihat pada kinerjanya bulan Nov dan Des 2007, dan tercermin dalam kinerja 3 bulannya yang sangat memble. Tapi rupanya MI nya mengadakan konsolidasi atau perubahan portofolio dan hasilnya RDS CIMB termasuk 10 besar untuk kinerja 1 bulan. Diharapkan tren kinerjanya mulai pulih seperti semula. Jadi berarti sudah ada dua RDS Syariah yang dapat menembus peringkat atas dari semua RDS yang ada.

Kalau perkembangan ini berlanjut terus, RDS CIMB Syariah ini sangat layak untuk dikoleksi. Apalagi saat harganya murah bro........

Baru booking RDS Mandiri Investa Atraktif Syariah

bu6z's picture

Bro.....

Gue barusan booking untuk pembelian perdana RDS Syariah yang baru keluaran Mandiri Investasi. Namanya Reksadana Mandiri Investa Atraktif Syariah atau disingkat Mitra-Syariah.

Nama MI adalah PT. Mandiri Manajemen Investasi. Penempatan dana awal mereka itu ada 10Milliar rupiah (gue liat di prospektus sihh). Bank Kustodiannya Deutsche Bank. Loe bisa donglot prospektus nya di SINI

Pas gue tanya-tanya ama CS nya Bank Mandiri, dia kasih info gini:

  • Minimum pembelian 500ribu
  • Subscription fee nya 0,5%
  • Redemption fee nya 0,25% kalo di bawah setahun. Di atas setahun jadi 0%
  • Switching fee nya 1,25%
  • Penawaran perdana nya tanggal 25 Januari 2008 nanti
  • Booking NAB-1000 dibuka sampe tanggal 24 Januari 2008 ini

Kalo ada yang hobi ngoleksi RD yang baru mbrojol, bisa dilirik nih. Memang sihh kinerja nya blom terbukti, mudah2an aja kinerja nya sebaik RDS Mandiri Investa Atraktif nya yang bisa masuk 10 besar RD populer versi PortalReksadana.com

Kalau mau tahu bocoran RD baru gimana ya ??

SWJ's picture

Suhu dan Bro semua...

aku newbie nih, sebenarnya dah beberapa bulan yang lalu gabung di portal ini, cuma selama ini baru jadi pengamat doang nih :-)

Aku mo tanya, kalau untuk mengetahui bocoran atau informasi mengenai RD baru yang akan muncul bagaimana ya ?? apakah RD tersebut pasti akan diinformasikan ke publik jauh2 hari sebelum "Kick off" atau hanya kalangan tertentu saja yang pertama diberi tahu oleh MI bersangkutan

Terimakasih, dan Thanks ya aku banyak belajar dari Portal ini. Salut untuk para Suhu, Kontributor, dan juga Bro yang aktif di Portal ini...

Salam,

SWJ

 

 

Informasi penerbitan RD baru

sayogo's picture

Setahu ane informasi penerbitan RD baru salah satunya dapat dibaca di Harian Kontan (bukan promosi lho). Seperti berita Kontan hari ini tgl 25 April 2008: Danareksa akan menerbitkan RD terproteksi berbasis ORI dengan nama Danareksa Proteksi Melati Prima (sekali lagi bukan promosi, hanya sekedar contoh), dan RD ETF berbasis LQ45.

Biasanya informasinya sangat lengkap, siapa agen penjualnya, berapa jumlah minimum investasi, kapan mulai penjualan dll.

Kalau hanya sekedar informasi memang cukup memadai, hanya apakah ada keuntungan kalau kita mengetahui lebih dulu RD yang akan terbit ?

RD Baru - beli pas launching ato sesudah launching?

suz3n's picture

Bro n Sis,

aku sendiri saat ini lebih pilih beli RD sesudah launching, bukan beli di hari (H) RD launching. Nov 2007 sempat booking RD yg akan launching tentunya beli di harga NAV 1,000.  Eh sekarang NAV di 800-an.  Jadi ga liat benefit dr beli pas launching. 

Kalau mau lihat RD yg baru launching, bisa liat di harian bisnis (bisnis indonesia, sindo, koran tempo, etc), indicator nya adalah harga NAV sekitar 1,000-an tipis atau malah di bawah 1,000. Tinggal cari tau RD tsb milik MI mana, dijual dimana, prospectus dan data lainnya.

Hope it helps.

aku orang baru dalam RD,

Anonymous's picture

aku orang baru dalam RD, coba2 ikutan mitra syariah. tapi ko cuma dapet copian formulir/aplikasi pembelian aja ya? apa ga ada semacam polis (klo asuransi) gitu? juga ga ada keterangan berapa unit yang kita dapat dengan nominal yang sudah kita bayarkan. sdh tanya pihak bank dan MI-nya, tp tdk dapat jwban yang memuaskan.apa cukup kuat sebagai bukti kepemilikan?

Hak-hak Pemilik Reksadana

isna's picture

Bro Anonymous; Pa khabarnya nih.... Mat ketemu lagi yach.

Saya akan coba bantu membantu menjawab pertanyaan dari bro. Apabila investor membeli RD maka investor tersebut akan memperoleh Haknya sebagai pemegang Unit Penyertaan. Hak tersebut adalah :

  1. HAK MEMPEROLEH PEMBAGIAN HASIL INVESTASI SESUAI DENGAN KEBIJAKAN PEMBAGIAN HASIL INVESTASI. RD akan membagikan hasil bersih investasi kepada Pemegang Unit Penyertaan, secara proporsional, sesuai dengan Kebijakan Pembagian Hasil Investasi yang ditetapkan.  
  2. HAK MENJUAL KEMBALI (PELUNASAN) DAN MENGALIHKAN SEBAGIAN ATAU SELURUH  UNIT PENYERTAAN RD. Pemegang Unit Penyertaan berhak menjual kembali sebagian atau seluruh Unit Penyertaannya yang dimilikinya dalam RD kepada Manajer Investasi dan Manajer Investasi wajib membeli kembali Unit Penyertaan tersebut sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan pada Hari Bursa yang bersangkutan. Pemegang Unit Penyertaan juga berhak untuk mengalihkan sebagian atau seluruh investasinya dalam Unit Penyertaan RD ke Reksa Dana lainnya, (kecuali Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana terstruktur) yang dikelola oleh Manajer Investasi.  
  3. HAK MENDAPATKAN BUKTI PENYERTAAN DALAM DANA DALAM REKSA DANA RD. Bukti penyertaan dalam RD adalah Surat Konfirmasi Kepemilikan Unit Penyertaan. Atas setiap transaksi yang dilakukan (Pembelian dan Penjualan Kembali), Pemegang Unit Penyertaan akan menerima Surat Konfirmasi Kepemilikan Unit Penyertaan selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Bursa setelah transaksi. 
  4. HAK MEMPEROLEH INFORMASI NILAI AKTIVA BERSIH HARIAN PER UNIT PENYERTAAN DAN KINERJA RD. Pemegang Unit Penyertaan berhak mendapatkan informasi tentang Nilai Aktiva Bersih harian per Unit Penyertaan pada setiap Hari Bursa. Nilai Aktiva Bersih akan dihitung oleh Bank Kustodian pada saat akhir Hari Bursa dan akan diumumkan secara luas melalui surat kabar yang mempunyai peredaran nasional pada Hari Bursa berikutnya. 
  5. HAK MEMPEROLEH LAPORAN KEUANGAN SESUAI PERATURAN BAPEPAM YANG BERLAKU. Manajer Investasi akan memberikan salinan laporan keuangan RD sekurang-kurangnya sekali dalam 1(satu) tahun yang akan dimuat di dalam penerbitan Prospektus setelah mendapat persetujuan BAPEPAM. Setiap bulan Pemegang Unit Penyertaan akan menerima Laporan Akun (Rekening) Kepemilikan Unit Penyertaan RD  dari Bank Kustodian selambat-lambatnya pada hari ke 12 dari bulan berikutnya. Laporan tersebut akan memuat Saldo Awal Kepemilikan, Daftar Transaksi, dan Saldo Akhir. Atas nama Bank Kustodian, Manajer Investasi dapat memberikan Laporan Akun (Rekening) Pemegang Unit Penyertaan sebagai pengganti Laporan Akun (Rekening) Kepemilikan Unit Penyertaan RD dari Bank Kustodian. 
  6. HAK MEMPEROLEH BAGIAN ATAS HASIL LIKUIDASI SECARA PROPOSIONAL SESUAI DENGAN KEPEMILIKAN UNIT PENYERTAAN DALAM HAL RD DIBUBARKAN DAN DILIKUIDASI.  Dalam hal RD dibubarkan di dilikuidasi, Pemegang Unit Penyertaan berhak memperoleh bagian atas hasil likuidasi secara proporsional sesuai dengan kepemilikan Unit Penyertaan. 

Hal ini tercantum dalam prospektus.

Demikian yach.... semoga bisa membantu. Salam investasi

Konfirmasi kepemilikan

sayogo's picture

Nanti anda akan dikirimi konfirmasi kepemilikan. Biasanya kurang lebih seminggu setelah transaksi, tapi mungkin terlambat.

Selain itu setiap bulan akan dikirimi laporan kepemilikan, yang melaporkan nilai RD berapa.

Memang beda dengan asuransi yang berupa polis.

Kalau sampai sebulan belum terima konfirmasinya, hubungi lagi MI nya, periksa apakah alamat anda sudah benar.

Mudah-mudahan mambantu.

Beneran invest MITRA Syariah cuma 500rb?

papahfahim's picture

buat bro bu6z....

yang ane denger dari temen ane yang kontak langsung ke MITRA SYARIAH katanya min invest awal 10 juta tapi koq ente bilang 500rb dah bisa invest, ente dapet langsung infonya dari orang di kantornya sana??

kadang ada juga MI yang netepin min invest yang jauhhhh lebih gede dibanding yang ada di prospektus....

Invest MITRA Syariah 500rb

herusugi's picture

buat Bro papahfahim...

sebenarnya dalam prospektus RD Mitra Syariah minimal subs adalah 50 rb, tetapi dalam praktiknya hal tersebut tergantung kebijakan agen penjual dengan alasan efisiensi biaya dan pekerjaan.

contohnya di MI-nya sendiri (MMI) untuk bisa membeli reksa dana harus membuka rekening terlebih dahulu dengan minimal saldo 100jt, kemudian baru bisa membeli RD dengan minimal subs 25 jt.

di bank mandiri (tidak semua cabang) mitra syariah sudah bisa dibeli bahkan sebelum masa penjualan perdana. minimal subs 500 rb dengan fee 0,5 %.

kalau di agen penjual lain ana tidak tau, mungkin teman ente belinya di tempat yang minimal 10 jt itu.

 

salam

 

AGEN MITRA SYARIAH

papahfahim's picture

salam investor....

sebelumnya maaf and thanks...

ane minta kontak agen MITRA Syariah yang kata ente min 500rb itu, klo ada alamatnya sekalian.....

thanks....

 

 

Agen Mitra Syariah

adibe's picture

bro..., sebaiknya ditanyakan langsung di Bank Mandiri, dekat tempat anda, bukan kantor unit pembantu tapi kantor cabangnya. NAV 5 feb'08 = 1.025.25 (turun dari sebelumnya). aku sudah beli pada tgl 28 jan lalu, (menurut infonya masih bisa dgn awal 500an. Minggu depan aku mo tambah lagi, karena pergerakan saham nampaknya sudah mulai membaik, kendatipun masih perlu wait n see.

that is all n see u, thanks 

 

AGEN MITRA SYARIAH

herusugi's picture

seperti telah disebutkan di atas, yang ane tau itu cuma MMI (25jt) dan Bank Mandiri 500rb) , coba hubungi bank mandiri terdekat. ane juga ngga punya no kontak, soalnya langsung datang ke tempat di Mandiri PP Plaza, jakarta.

thanks juga.

 

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.