gebetSaham

Syndicate content
Updated: 16 hours 52 min ago

Fitur Baru Garis Kuning Dana Asing IHSG: Menunggu Kejatuhan/Kebangkitan IHSG ?!?

Sat, 09/07/2019 - 12:20

Tahun 2019 secara umum diawali dengan optimisme para investor retail akan kebangkitan menuju titik “the new high” dari IHSG, seiring berjalannya waktu optimisme tersebut mulai tergerus dengan banyaknya kabar yang kurang menggembirakan yang terjadi pada perekonomian global maupun nasional di antaranya yang paling menyita perhatian adalah perang dagang antara AS dan China serta defisit neraca dagang serta CAD dari Indonesia yang semakin membengkak, tak urung harga emas yang semakin melejit juga semakin memunculkan kekhawatiran akan terjadinya resesi pada perekonomian dunia, kemudian pertanyaannya adalah bagaimana kabar IHSG ke depannya? Ini issue yang paling penting bagi kita para investor ritel yang berkecimpung dalam perdagangan di bursa efek Indonesia pada hari-hari ini, karena tentunya kita sebagai investor yang baik sudah seharusnya melakukan segala hal yang mungkin untuk mengantisipasi pergerakan IHSG ke depannya.

Tapi bukankah saat ini sudah terjadi rally IHSG selama beberapa minggu, sebagai tanda yang baik akan semakin menanjaknya indeks harga saham gabungan saham-saham yang diperdagangkan di bursa efek Indonesia ke depan? Apakah benar seperti itu? Tentu untuk menjawab pertanyaan ini yang paling ideal adalah jika kita mempunyai tool untuk memprediksi pergerakan IHSG ke depannya, Worry not, GebetSaham punya solusinya dalam fitur baru garis kuning dana asing IHSG.

Para analis teknikal sendiri, memiliki sebuah tool yang sangat mereka agungkan untuk melakukan tugas ini yang disebut Elliot Wave, menggunakan penerapan teori matematika fractal serta pengenalan pola-pola grafik yang rumit, para teknikalis menyatakan dapat memprediksi pergerakan indeks harga saham dalam jangka panjang, dan memprediksi waktu terjadinya resesi ataupun crash dalam pasar saham, seiring perkembangan teknologi, saat ini algoritma Elliot wave sudah dibuat dalam bentuk program komputer yang serba otomatis, kelemahan dari metode ini sama seperti Analisa teknikal pada umumnya adalah mudah dikerjai oleh Mr. Market Maker.

Gebetsaham mengembangkan garis kuning dana asing sebagai indikator pergerakan investor asing di bursa saham Indonesia yang sangat mempengaruhi gerak IHSG sesuai fakta-fakta berikut: per desember 2018 komposisi investor lokal vs asing di bei adalah 98% vs 2% sedangkan kontribusi nilai perdagangan investor lokal vs asing adalah 67% vs 33% bisa dilihat bahwa dengan jumlah yang sedikit tetapi berkontribusi cukup besar sehingga mampu menentukan arah IHSG, fitur ini bisa dilihat di GebetSaham --> market index --> JCI. Pada tampilan dapat dilihat secara realtime pergerakan IHSG dan garis kuning dana asing nya yang dapat kita gunakan untuk memprediksi pergerakan IHSG ke depan. Cara membacanya  adalah sama seperti membaca garis kuning yang pergerakannya dibagi menjadi akumulasi, distribusi, mark up dan mark down.

untuk membaca garis kuning dana asing IHSG saat ini dapat dimaknai sebagai berikut: dana asing terus turun selama dua bulan terakhir sedangkan IHSG terus naik selama waktu tersebut yang mengindikasikan asing sedang melakukan distribusi bertahap yang terus ditahan oleh investor lokal, hal ini cukup berbahaya karena apabila asing memutuskan untuk melakukan distribusi besar maka IHSG bisa mengalami kejatuhan yang dalam.

Aksi yang dapat dilakukan investor ritel jika asing memutuskan melakukan distribusi besar-besaran adalah mengikuti dengan melakukan melakukan profit taking dan memegang sebanyak-banyaknya uang tunai dan atau melakukan trading jangka pendek pada saham-saham dengan kepemilikan dan kekuatan asing yang besar memanfaatkan markup yang dilakukan asing disela-sela distribusi.

Alternatif aksi investor asing pada kondisi saat ini adalah kembali melakukan akumulasi dikarenakan IHSG yang terus rally, sedangkan pada saat ini mereka sudah cukup banyak memegang uang tunai hasil distribusi yang dilakukan sejak awal tahun.

Jika ini yang dilakukan oleh investor asing, maka kita sebagai investor ritel dapat mengikutinya dengan mulai membeli saham-saham yang sudah murah harganya, karena kedepannya IHSG akan semakin naik dan naik lagi.

Apapun yang dilakukan investor asing akan terlihat di garis kuning dana asing setiap harinya sehingga kita sebagai investor ritel dapat melakukan antisipasi sesuai pertimbangan yang matang dari masing-masing investor.

Categories: Partners

Fast Trade dengan Notifikasi Spikes Buy

Thu, 08/22/2019 - 20:28

Sudah beberapa waktu ini mencoba gebetSaham, amatan so far: untuk fast trade bisa beli saham-saham spikes BUY. Contoh ACES, sebelum mencapai puncak kenaikan harga tanggal 20 Agustus kemarin, beberapa hari sebelumnya terus diborong besar-besaran, terpantau di notiifikasi spikes buy. Pemborongnya asing, nampak dari partisipasi asing harian yang diatas 60%, garis kuning dana asing juga terus naik. ACES dari 1620 naik ke 1820, lumayan banget buat fast trade dalam waktu seminggu bisa cuan 12%. Contoh lainnya MAPI, dari 920 naik ke 1055, bisa dapat 14% dalam waktu seminggu.

Ada banyak peluang sejenis lainnya (KLBF INDF CPIN), tapi di saham-saham ini hanya sebagai pengamat saja, tidak beli. Jika selama beberapa hari partisipasi asingnya besar (diatas 60%), harga bakalan naik. Saya sekarang tidak lagi ikut-ikutan rekomendasi, walaupun banyak yang rekomendasi buy ERAA, saya gak mau beli karena tahu dari kemarin spikes SELL terus.

Sementara ini dulu, semoga bermanfaat bagi yang suka fast trade ^_^

Categories: Partners

Percaya Diri dengan Garis Kuning

Tue, 08/06/2019 - 19:52

Semenjak pertama kali diperkenalkan oleh bro Gebet tentang metode gebetSaham, saya cukup tertarik karena analisa teknikal ini mencoba menebak behavior saham dari sisi berbeda. Saya ngga akan jelaskan panjang lebar tentang gebetSaham ini karena ini menjadi porsi penciptanya untuk menjelaskan, tapi saya mencoba bercerita bagaimana saya menggunakan gebetSaham sebagai salah satu alat pengambil keputusan.

Seperti kita semua ketahui dan alami, tanggal 5 Agustus setelah Jabodetabek blackout, pasar memerah luar biasa. Sangat jarang sebenarnya pasar merah lebih dari 1% di hari senin, tapi itu terjadi di tanggal 5. Panik, bingung pasti ada, apalagi di WAG dan grup FB saham semua sudah bercerita tentang krisis perang dagang yang benar-benar terjadi. Saya pada posisi merah juga saat itu. Banyak saham yang menurut saya baik dan sebenarnya terbukti baik beberapa di minggu-minggu sebelumnya tiba-tiba merah tidak karuan. Cut loss? Terlalu dalam. Ambil lagi? Kayanya ngga direkomendasikan karena cash sudah mepet. Jadi bagaimana mengambil kesempatan di kesempitan ini? Cari celah dan peluang… Itu yang saya lakukan!!

Kuning Trend Positif dan Harga Jatuh

Saham apa yang saya ambil dengan dana yang sudah mepet tadi? Ingat tujuannya adalah memperkecil potensi loss karena pasar merah. Maka saya harus cari saham dengan harga yang rendah dan ada kemungkinan untuk naik… jadi bisa beli dalam jumlah lot besar tapi dana ngga harus besar. Plus setiap perubahan harga memberi efek cukup besar.. Pilihan saya adalah BKSL. Bisa dilihat trend garis kuning naik, dan harga jatuh sangat dalam. Plus sebagai bonus, volume transaksi juga masuk 20 besar saat itu, sehingga saya yakin bahwa harga bergerak bebas bukan permainan. Saya masuk di 135 karena menurut garis support menunjukkan harga terdekat adalah 134 atau 135. Jadi jam 15.42 saya berhasil dapat diharga itu. Tunggu dan was-was apakah besok akan naik sesuai harapan (banyak doa….)


[5 Agustus 2019] Support di 134-135, garis kuning dalam trend naik

Tanggal 6 Agustus ternyata pasar kembali jatuh… dan BKSL juga sempat jatuh. Tapi saya tetap hold karena menurut saya harga 134-135 sudah bottom untuk saat ini, dan saya akan masuk lagi kalau harga ternyata jatuh ke 125 :) Masih ada sih cash sedikit.

Ternyata perkiraan dan prediksi garis kuning menjawab lunas semua kekawatiran saya. Saat pasar jatuh 0.9% BKSL malah naik 4.44%. Jadi trend garis kuning menjawab pertanyaan yang pernah saya tanyakan ke bro gebet, "Apakah mungkin gebetSaham untuk transaksi trading?" jawabnya adalah bisa asal kita hati-hati dan cermat.. 


[6 Agustus 2019] Harga naik ke 141 saat pasar turun 0.9%

DISCLAIMER: Tulisan ini tidak bertujuan untuk teman-teman mengikutinya atau mengajak atau mempengaruhi apapun. Semua risiko menjadi tanggung jawab dari masing-masing orang yang mengambil keputusan..

Categories: Partners

Ikuti Ayunan Blue Chips, Jangan Buy-and-Hold

Sat, 07/13/2019 - 11:34

Blue Chips cocok untuk investasi nabung saham, dengan cara mengikuti ayunannya, bukan disimpan dalam jangka panjang (Buy and Hold). Karakteristik pergerakan harga blue chips mayoritas seperti roller coaster, naiknya pelan, tapi kalau turun kenceng hampir sama seperti saham gorengan. Perjalanan kenaikan harganya sampai beberapa bulan, perlu sabar menunggu, dan ketika sudah mulai naik bisa dapat keuntungan +20%. Ini yang dimaksud dengan "mengikuti ayunan". Sekali mengikuti ayunan bisa dapat 20%.

Ringkasnya, kelebihan investasi di saham blue chips:

  • Bisnis sudah teruji puluhan tahun 
  • Valuasinya besar, dana diatas miliaran bisa masuk kesini
  • Recovery dari kejatuhan cepat dibanding saham lainnya. Momentum saat krisis dimana harga saham blue chips jatuh parah, kita punya uang dingin porsi jumbo dan keyakinan teguh bahwa badai pasti berlalu, dana bisa all in entry di blue chips

Bukannya tidak ada kelemahan ya, sebagian diantaranya:

  • Waktu tunggu sebelum bisa profit taking lebih lama dari gorengan, sekitar 2 - 3 bulan
  • Prosentase keuntungan kalah dengan gorengan

Kira-kira seperti itulah karakteristik blue chips pada umumnya, walaupun ini tidak selalu pukul rata sama all blue chips seperti ini yaaa. Kalau ingin mengikuti ayunan saham blue chips, selalu cermati garis kuning untuk mendeteksi akhir dari ayunan dan siap-siap profit taking.

 

Categories: Partners

Ikuti Ayunan Blue Chips, Jangan Buy-and-Hold

Sat, 07/13/2019 - 11:34

Blue Chips cocok untuk investasi nabung saham, dengan cara mengikuti ayunannya, bukan disimpan dalam jangka panjang (Buy and Hold). Karakteristik pergerakan harga blue chips mayoritas seperti roller coaster, naiknya pelan, tapi kalau turun kenceng hampir sama seperti saham gorengan. Perjalanan kenaikan harganya sampai beberapa bulan, perlu sabar menunggu, dan ketika sudah mulai naik bisa dapat keuntungan +20%. Ini yang dimaksud dengan "mengikuti ayunan". Sekali mengikuti ayunan bisa dapat 20%.

Ringkasnya, kelebihan investasi di saham blue chips:

  • Bisnis sudah teruji puluhan tahun 
  • Valuasinya besar, dana diatas miliaran bisa masuk kesini
  • Recovery dari kejatuhan cepat dibanding saham lainnya. Momentum saat krisis dimana harga saham blue chips jatuh parah, kita punya uang dingin porsi jumbo dan keyakinan teguh bahwa badai pasti berlalu, dana bisa all in entry di blue chips

Bukannya tidak ada kelemahan ya, sebagian diantaranya:

  • Waktu tunggu sebelum bisa profit taking lebih lama dari gorengan, sekitar 2 - 3 bulan
  • Prosentase keuntungan kalah dengan gorengan

Kira-kira seperti itulah karakteristik blue chips pada umumnya, walaupun ini tidak selalu pukul rata sama all blue chips seperti ini yaaa. Kalau ingin mengikuti ayunan saham blue chips, selalu cermati garis kuning untuk mendeteksi akhir dari ayunan dan siap-siap profit taking.

 

Categories: Partners

Peluang Keuntungan Saat Garis Kuning Datar-Datar Saja

Mon, 06/10/2019 - 19:48

Hari perdana perdagangan sesudah libur lebaran memberikan cukup banyak kejutan, begitu banyak saham-saham yang hari ini meroket lebih dari 5% sehingga tercatat sebagai top gainers, diantaranya: TKIM +11% SMRA +10% WTON +6,79% WIKA +5,7%.

Semakin menarik lagi, hanya sebulan berselang sejak IHSG berbalik pada pertengahan Mei 2019, saham-saham itu memberikan kenaikan fantastis, dimana TKIM naik +100%, WIKA naik +29,7%, WTON naik +16,5%, SMRA naik +17%.

Sangat-sangat menariknya, garis kuning seluruh saham itu menunjukkan pola datar-datar saja, dimana garis kuning tetap datar saja pada saat harga mengalami kejatuhan yang dalam. Ini menjadi sebuah fakta baru yang mengkonfirmasikan bahwa harga yang jatuh saat pola garis kuning datar-datar saja tidak perlu diikuti dengan kecemasan, dimana pada saat harga berbalik justru dapat menjadi peluang untuk entry atau menambah investasi. 

Setiap kejatuhan bursa selalu menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. Setiap kejatuhan bursa selalu dipenuhi kecemasan. Saat harga-harga berjatuhan, kita dapat mencari mana saja saham dengan garis kuning datar-datar saja. Ketika harga sudah menunjukkan indikasi berbalik naik, saat itulah salah satu peluang terbaik untuk entry. Garis kuning bisa jadi akan tetap mendatar, sementara kita tidak tahu persis kapan harga mencapai puncaknya dan diikuti berbalik turun. Oleh karena itu, silakan kapan saja merealisasikan keuntungan jika dirasa sudah mencukupi.

Segera create account gebetSaham untuk memanfaatkan peluang kenaikan harga yang menyertai garis kuning mendatar.

Categories: Partners

Peluang Keuntungan Saat Garis Kuning Datar-Datar Saja

Mon, 06/10/2019 - 19:48

Hari perdana perdagangan sesudah libur lebaran memberikan cukup banyak kejutan, begitu banyak saham-saham yang hari ini meroket lebih dari 5% sehingga tercatat sebagai top gainers, diantaranya: TKIM +11% SMRA +10% WTON +6,79% WIKA +5,7%.

Semakin menarik lagi, hanya sebulan berselang sejak IHSG berbalik pada pertengahan Mei 2019, saham-saham itu memberikan kenaikan fantastis, dimana TKIM naik +100%, WIKA naik +29,7%, WTON naik +16,5%, SMRA naik +17%.

Sangat-sangat menariknya, garis kuning seluruh saham itu menunjukkan pola datar-datar saja, dimana garis kuning tetap datar saja pada saat harga mengalami kejatuhan yang dalam. Ini menjadi sebuah fakta baru yang mengkonfirmasikan bahwa harga yang jatuh saat pola garis kuning datar-datar saja tidak perlu diikuti dengan kecemasan, dimana pada saat harga berbalik justru dapat menjadi peluang untuk entry atau menambah investasi. 

Setiap kejatuhan bursa selalu menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. Setiap kejatuhan bursa selalu dipenuhi kecemasan. Saat harga-harga berjatuhan, kita dapat mencari mana saja saham dengan garis kuning datar-datar saja. Ketika harga sudah menunjukkan indikasi berbalik naik, saat itulah salah satu peluang terbaik untuk entry. Garis kuning bisa jadi akan tetap mendatar, sementara kita tidak tahu persis kapan harga mencapai puncaknya dan diikuti berbalik turun. Oleh karena itu, silakan kapan saja merealisasikan keuntungan jika dirasa sudah mencukupi.

Segera create account gebetSaham untuk memanfaatkan peluang kenaikan harga yang menyertai garis kuning mendatar.

Categories: Partners

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.