gebetSaham

Syndicate content
Updated: 1 day 1 hour ago

Peta Saham Semakin Insightful

Mon, 04/06/2020 - 14:14

Setelah sekian waktu menggunakan metode gebetSaham, pastinya kita sudah mulai bisa melihat bagaimana realitas pergerakan harga yang dibandingkan dengan pola garis kuning. Bagaimana cara kita memilih saham pun sudah semakin terpola. Untuk itu, fitur Peta Saham sudah diupgrade, kini tersedia diakses melalui menu Market Index JCI, tidak lagi melalui menu Insight.

Peta Saham akan tampil sesudah memilih rentang waktu periode amatan pada grafik IHSG, serta difokuskan pada saham yang tergabung dalam indeks KOMPAS100 saja. Peta Saham yang baru ini dirancang untuk membantu kita memilih saham-saham dalam pola akumulasi, dimana idealnya kita akan tertarik untuk mencari saham yang konsisten diakumulasi dalam jangka panjang (maksimal hingga 6 bulan kebelakang), dan juga masih terus diakumulasi pada periode amatan yang kita pilih. Dengan pendekatan ini, kita selalu bisa zoom-in terhadap fenomena yang terjadi di bursa. Contoh, pada periode 4-24 Maret 2020 dimana IHSG jatuh sangat dalam, saham mana saja yang masih terus diakumulasi oleh asing? Peta Saham langsung memberikan jawaban.

Seperti biasa, Peta Saham disajikan dalam bentuk text icons penuh warna dengan ukuran bervariasi. Icon berwarna hijau mencerminkan seberapa besar peningkatan akumulasi pada periode amatan, warna semakin intens berarti peningkatan akumulasi semakin tinggi. Icon berwarna merah mencerminkan seberapa terjadi penurunan (distribusi). Icon berwarna merah dan hijau ini mencerminkan garis kuning pada periode amatan, sesuai dengan Kekuatan Asing masing-masing saham. Kekuatan Asing >40% maka mencerminkan garis kuning dana asing. Jika sebaliknya, maka mencerminkan garis kuning pelaku pasar umum. Ukuran icon yang lebih besar berarti pada saham tersebut telah terjadi peningkatan akumulasi yang cukup tinggi selama 6 bulan terakhir. Singkat kata, Peta Saham disajikan secara berurutan, mulai dari yang akumulasinya terbesar (gradasi warna hijau), akumulasi/distribusi minor (warna abu-abu), hingga distribusi terbesar (gradasi warna merah).

Nah sekarang studi kasus ya. Saham yang berwarna hijau dan merah, bisa selalu dicek garis kuningnya untuk memantapkan pilihan. Perhatikan ada beberapa saham berwarna merah, tapi berukuran besar (TPIA SCMA JPFA EXCL TBIG). Kita ambil salah satu sebagai contoh, coba cek garis kuning EXCL pada gambar berikut.

Nampak pada grafik dana asing (Kepemilikan Asing di EXCL mencapai 52%), garis kuning selama 6 bulan terakhir terus menanjak naik akumulasi, tapi semenjak pertengahan Maret 2020 mulai berbalik arah, sementara harga masih naik kencang. Sudah jelas EXCL memasuki fase distribusi, ditandai dengan harga yang terus naik. Bagi yang memiliki posisi di EXCL, manfaatkanlah kesempatan ini untuk jual di harga yang lebih tinggi ^_^

Semoga sedikit penyempurnaan ini dapat bermanfaat. Jika ada ide bagaimana fitur ini bisa lebih baik lagi, silakan posting dalam komentar yaa.

Categories: Partners

Pengendalian Fear and Greed dengan Garis Kuning

Sun, 03/29/2020 - 23:11

INDF menjadi sebuah contoh faktual pengendalian fear and greed bersama garis kuning. Ketika garis kuning masih "baik-baik saja", tidak perlu cemas jika harga terjun bebas. Saat itu dapat menjadi momen untuk mencicil entry bertahap, juga harus disertai dengan kesabaran karena harga terus jatuh selama 2 bulan, sesudahnya harga naik dengan cepat sekali hanya dalam 2 hari saja. Ikuti perjalanannya dalam seri postingan FB berikut.

Categories: Partners

Memanfaatkan Mark Up Dana Asing

Mon, 03/09/2020 - 13:19

Dalam situasi kejatuhan indeks saham di seluruh dunia akibat kepanikan isu virus Corona, tersimpan peluang bagi investor ritel yang jeli.

Text book dari kondisi saat ini adalah keluar dari bursa dan memegang cash sebanyak mungkin, akan tetapi apabila  tetap ingin masuk ke pasar saham dan mendapatkan keuntungan adalah memungkinkan dengan melakukan trading singkat dengan memperhatikan timing masuk dan keluar dari bursa, dilakukan dalam fase markup IHSG.

Biasanya periode kejatuhan besar akan selalu diselingi oleh fase markup untuk menenangkan investor ritel, karena asing pada akhirnya akan kesulitan melalukan penjualan masif dalam kondisi psikologis investor ritel panik dan pesimis, sehingga tidak ada yang mau menampung penjualannya.

Panduannya adalah mengidentifikasi fase mark up dana asing, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti berita perkembangan indeks bursa dan pasar futures saham di Amerika Serikat maupun regional, dimana bila terjadi pergerakan yang positif di tengah tren yang negatif mengindikasikan IHSG kemungkinan besar akan dimarkup memanfaatkan berita tentang kenaikan bursa asing.

Contohnya bisa kita lihat pada tanggal 3 & 4 Maret kemarin, ditengah tren penurunan yang terjadi, dilakukan markup IHSG oleh asing dimana harga naik dengan garis kuning dana asing tetap terjadi net sell.

 

Categories: Partners

It is time to Buy!

Thu, 01/16/2020 - 11:55

Garis kuning Dana Asing untuk IHSG sudah mulai menanjak lagi, saat nya untuk berbelanja saham blue chips kembali, saham apa saja yang sebaiknya dibeli? silahkan pantau garis kuning dan fitur Insight di gebetSAHAM. Ditengarai saat ini tengah dilakukan aksi mark down oleh Investor Asing

Categories: Partners

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.