gebetSaham

Syndicate content
Updated: 1 day 1 hour ago

Memahami Psikologi Pasar dengan Garis Kuning

Thu, 02/21/2019 - 14:22

Saat itu tanggal 20 Februari 2019, kisah ini adalah BREAKING NEWS! Dipicu oleh pertanyaan dari pemerhati JPFA, jadi terungkap fakta yang sungguh2 shocking! JPFA menjadi case yang sangat menarik, mengkonfirmasi bahwa garis kuning yang anjlok harus dijauhi, walaupun saat anjlok harga sedang naik tinggi. Ini adalah case yang sangat baik untuk menjelaskan psikologi pasar suatu saham. Read ON!

Pergerakan harga JPFA lebih dominan dipengaruhi oleh dana asing, nampak dari skala sumbu Y volume dana asing mencapai 4x lebih besar (2,4 juta) dibandingkan volume overall pelaku pasar (600 ribu). Oleh karena itu, pergerakan garis kuning dana asing lebih relevan untuk dicermati.


Pergerakan harga JPFA lebih dominan dipengaruhi oleh dana asing JPFA.

Garis kuning dana asing mengalami 2x kejauhan, dimana harga melonjak naik saat terjadi kejatuhan pertama. Harga kemudian ambrol menyertai kejatuhan kedua. Investor JPFA sebenarnya masih bisa menyelamatkan diri dengan "mencukupkan rejeki", segera jual pada saat terdeteksi kejatuhan pertama.

Psikologi pasarnya lebih kurang seperti ini: Asing sudah tidak lagi tertarik dengan JPFA, butuh buyer supaya bisa menjual saham yang mereka miliki. Bagaimana cara memikat buyer? Harga dikondisikan dibuat naik melejit dengan sangat atraktif. Sontak para buyer ("investor mainstream") berdatangan, melihat JPFA sangat seksi secara technical analysis, terciptalah eforia beli yang memuluskan rencana asing untuk jualan.

Bagaimana cara mendeteksi kejatuhan pertama? Metode gebetsaham disertai dengan fasilitas notifikasi spikes melalui Telegram. Saat terjadi banyak spikes SELL, segera cek garis kuningnya. JPFA masuk dalam 10 besar spikes SELL sejak tanggal 18 Februari hingga hari ini.


Sistem deteksi anomali sudah mendeteksi JPFA masuk 10 besar spikes SELL selama 3 hari berturut-turut.

Belum bisa akses grafik gebetSaham? Segera create account dan aktifkan free trial. Semoga dapat membantu menghindarkan kita dari "nyangkut" dan jebakan betmen berita bagus.

Categories: Partners

Partisipasi Dana Asing sebagai Penentu Pergerakan Harga

Tue, 02/12/2019 - 17:04

Dalam metode gebetSaham, pola garis kuning berperan penting untuk mengenali bagaimana perilaku pelaku pasar. Namun banyak investor yang menanyakan, garis kuning mana yang harus dilihat? Karena dalam canvas masing-masing saham tersedia tiga jenis grafik: overall pelaku pasar (atas), dana asing (tengah) dan intraday (bawah). Saat terbuka suatu canvas saham, pertama kali yang harus dilihat adalah seberapa partisipasi dana asing pada suatu saham. 


Partisipasi dana asing pada TLKM sangat tinggi

Mari kita simak contohnya pada saham TLKM, bagaimana cara menilai apakah pergerakan harga TLKM lebih dipengaruhi oleh dana asing? Cermati nilai maksimal volume (sumbu Y) pada grafik atas dan tengah. Nampak pada gambar bahwa sumbu Y grafik dana asing bernilai 40 miliar (dalam satuan lot), sementara sumbu Y pada grafik atas bernilai 2,4M (lot). Artinya, partisipasi dana asing sangat mendominasi, mencapai 16x lipat.

Jika partisipasi dana asing sangat dominan, maka garis kuning pada grafik dana asing (tengah) adalah yang paling mempengaruhi pergerakan harganya, sehingga lebih relevan untuk dicermati dan dianalisa. Sejauh grafik dana asing masih terus naik, kita bisa lebih tenang bahwa nantinya harga akan turut mengikuti naik.

Biasakan untuk selalu cek seberapa partisipasi dana asing ya!

Categories: Partners

Terkonfirmasi! Harga akan Mengikuti Garis Kuning

Sun, 01/27/2019 - 22:22

Akhirnya terkonfirmasi, bahwa pada akhirnya, harga akan mengikuti garis kuning yang terus beranjak naik. Sesudah 1,5 tahun ini gebetSaham mengolah data transaksi seluruh saham, dapat lihat bersama bahwa kita bisa percaya diri untuk secara berkala menabung saham sejauh garis kuning membentuk pola akumulasi yang stabil.

Nampak pada kedua contoh saham ASRI dan BRPT. Harga anjlok berturut-turut selama 6 bulan, tapi garis kuning masih dalam pola akumulasi yang stabil. Ini mengindikasikan para pelaku pasar masih terus berminat untuk mengakumulasi saham-saham ini. Beberapa waktu kemudian, harga sempat naik dan turun, tapi kemudian pada akhirnya harga naik cukup signifikan. 

Persis kondisi saham seperti inilah kita bisa tanpa ragu mengikuti nasehat "market sedang jatuh, saatnya beli di harga murah". Nasehat itu benar, asal bukan membeli pada sembarang saham. Kita memang tidak tahu kapan harga benar-benar rebound (berbalik menjadi positif), namun saat pembalikan harga menjadi positif selalu menjadi kesempatan baik untuk menambah tabungan saham (top up). Sehingga pada saatnya harga naik, peningkatan keuntungan kita juga semakin besar karena sudah punya banyak tabungan lembar saham.

Sebelum belanja saham, selalu cek grafik kuningnya di web gebetSaham. Selalu worthed untuk cek dan ricek sebelum berinvestasi, karena dana hasil jerih payah keringat layak berlabuh pada instrumen yang tepat. 

Belum punya akun gebetSaham? Jangan ragu, segera create account karena membership gebetSaham FREE terbuka untuk umum ^_^

 

Categories: Partners

Membership gebetSaham Terbuka untuk Umum

Thu, 01/17/2019 - 19:37

Inilah saatnya kita memantapkan langkah investasi di saham dengan menggunakan metode gebetSaham. Metode ini kini terbuka bebas bagi investor retail tanpa biaya, cukup melakukan registrasi di website gebetSaham. Pastikan menggunakan email yang aktif karena informasi login akan langsung seketika dikirimkan ke email. Jika tidak menerima email, pastikan dicek juga di folder spam/junk yaa.

Fasilitas bagi member umum, bebas setiap saat melihat grafik saham. Setiap saat ingin belanja saham, selalu pastikan garis kuning pada grafik saham sedang menunjukkan pola akumulasi. Kita bisa top up sejauh saham masih diakumulasi oleh pelaku pasar. Jika garis kuning menunjukkan pola distribusi, sebaiknya segera realisasikan keuntungan (jual). Seperti apa bentuk polanya, lebih jelas ada di Panduan gebetSaham. Juga, ada baiknya selama beberapa waktu (misal 1-3 bulan) membiasakan dulu bertransaksi dengan metode ini tanpa dicampur dengan metode lainnya. Ini supaya tidak bikin bingung dan ragu-ragu, karena metode gebetSaham berbasis volume sementara metode lainnya berbasis harga, wajar jika malah bingung karena interpretasinya beda. Dicoba dulu dengan sedikit amunisi, rasakan bagaimana garis kuning memberikan sinyal-sinyal dari para pelaku pasar, jika sudah semakin mantap kemudian amunisinya bisa ditingkatkan.

Metode gebetSaham mengandalkan teknologi big data analytics yang berjalan dalam lingkungan cluster computing, ada banyak server yang bekerja sama secara satu kesatuan. Teknologi ini yang menjadikan di balik metode gebetSaham terdapat ratusan agents yang bertugas secara simultan dan real-time memantau pergerakan transaksi 100 saham yang tergabung dalam indeks KOMPAS100. 

Untuk mendukung keberlangsungan sumber daya komputasi ini, serta agar investor retail dapat terus mengakses metode ini tanpa biaya, Anda dapat turut serta berkontribusi sebagai member premium. Bebas pilih periode berlangganan, tidak ada recurring automatic payments, aktivasi member premium langsung instan seketika saat sudah dilakukan transfer. Pilihan membership tersedia di menu My Account pada tab Membership. Member premium tentu mendapatkan fasilitas tambahan: Peta Saham, Grafik Dana Asing dan Intraday, serta notifikasi spikes melalui Telegram.

Semoga dengan ini bersama akan kita wujudkan metode gebetSaham sebagai harapan baru bagi investor retailWelcome to the club!

Categories: Partners

Harapan Baru Investor Retail

Thu, 01/17/2019 - 18:49

Kami meyakini bahwa pasar modal adalah merupakan salah satu jalan yang memberikan peluang keuntungan investasi terbaik dalam jangka panjang bagi masyarakat investor. Namun demikian, berinvestasi dimanapun membutuhkan ilmu, dan ilmu berinvestasi saham sangatlah kompleks, ada fundamental analysis, technical analysis, semuanya membutuhkan ketekunan, disiplin dan jam terbang tinggi. Alhasil banyak investor retail individual yang banyak menjadi korban jebakan betmen, sekali dua kali mendapat keuntungan, namun lebih sering “nyangkut”.

Greedy when others are fearful

Warren Buffet selalu menjadi referensi para investor retail, tapi kita masih saja terheran-heran bagaimana beliau bisa "rakus" -- beli dan beli -- di saat pasar modal dilanda ketakukan kecemasan kepanikan, di saat semua orang sedang menjual.

Disinilah kemudian lahir metode gebetSaham, sebuah upaya berbasis teknologi Big Data Analytics untuk membaca dan memahami perilaku pasar dan psikologi pelaku pasar: apa yang sedang dilakukan oleh para pelaku pasar terhadap suatu saham, apakah saham sedang dikumpulkan oleh para pelaku pasar, atau malahan sedang dilepas besar-besaran. Jika harga suatu saham sedang turun tapi faktanya para pelaku pasar sedang melakukan akumulasi, maka kita bisa percaya diri untuk turut serta mengakumulasi.

Demikianlah, inilah harapan baru bagi para investor retail, sebuah metode baru yang memungkinkan kita untuk seketika tahu mana saja diantara ratusan saham di Bursa Efek Indonesia yang sedang diakumulasi oleh para pelaku pasar. Kini radar para investor retail mampu menjangkau seluruh populasi saham, memberikan lebih banyak pilihan berinvestasi, berpeluang lebih baik untuk mencapai target financial planning di masa mendatang.

Semoga bermanfaat.

Categories: Partners

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.