gebetSaham

Syndicate content
Updated: 1 day 18 hours ago

What's Ichimoku says....

Mon, 07/06/2020 - 18:38

Udah lama banget janjian sama bro gebet untuk buat ini, tapi terkendala kondisi kerjaan dan juga waktu. Maunya sih diminta dibuat vidio seperti bro gebet. tapi belum ada kesempatan untuk membuatnya, maka sementara melalui text saja ya... 

beberapa waktu lalu saya bahas mengenai garis kuning dan ichimoku. Dan sesuai dengan perjanjian saya dengan bro Gebet si pemilik lahan, maka saya mohon ijin untuk nulis-nulis coretan yang semoga bisa menjadi inspirasi. 

Berdasarkan screening garis kuning, ternyata ada 5 saham yang hijau secara garis kuning dan juga menarik untuk dijadikan perhatian dan analisa dengan ichimoku. Dan ada 1 saham yang secara garis kuning tidak masuk dalam screening hijau tapi secara ichimoku berpeluang untuk dijadikan perhatian. 

Nah untuk bro dan sis semua, sesuai janji saya ke bro gebet maka saya sajikan 5 saham potensial menurut garis kuning dan ichimoku, dan 1 saham yang bisa dijadikan case study antara garis kuning dan ichimoku... 

1. LSIP. (Menyentuh Ressitant 900)

2. WSBP (Melanjutkan Bullish Trend)

3. MIKA (Bersiap memasuki Bullish Trend)

4. ISAT (Melanjutkan Bullish trend)

5. SCMA (Melanjutkan Bullish trend)

Sedangkan saham yang hanya ichimoku adalah :

1. INDY(Bersiap memasuki Bullish Trend)

Mohon diingat ini bukan rekomendasi tapi pemikiran bebas yang kebetulan diperbolehkan di gebetSAHAM. Jadi risiko ada di tangan bro dan sis sendiri dan open for discuss ya... 

 

salam

Eko E

 

Categories: Partners

Pelaku Pasar Berubah Pikiran, Batal Akumulasi. Cermati INDF WSBP TKIM. Hindari BBRI UNVR TLKM

Sat, 07/04/2020 - 20:48

Dana asing IHSG masih terus exit dari bursa. Alhasil, banyak pelaku pasar yang sulit mempertahankan akumulasi kemudian berubah pikiran menjadi distribusi, garis kuning berbalik turun. Semakin sulit mencari saham yang masih terus konsisten diakumulasi, tapi sebagian diantaranya terdeteksi dari Peta Saham dan sistem detektor spikes. Jika kita entry menggunakan garis kuning, maka exit juga harus mengikuti garis kuning. Jangan ragu untuk exit jika garis kuning sudah berbalik menjadi distribusi.

Categories: Partners

Lebih Baik Sabar Menanti Koreksi, Hindari UNVR BBRI TLKM, Cermati DMAS SCMA WSBP BSDE MYOR

Sun, 06/28/2020 - 00:43

Pelaku pasar asing semakin nyata exit dari saham top market cap, tapi banyak saham dengan garis kuning melanjutkan akumulasi disertai harga naik tinggi. Walaupun merasa "ketinggalan kereta", tapi lebih baik bersabar menanti moment koreksi berikutnya. Let your profit RUN!

Categories: Partners

Asing Melanjutkan Keluar dari Bursa, Cermati Garis Kuning Istimewa: INDF JPFA BSDE PTBA WSBP

Sat, 06/20/2020 - 19:12

Pelaku pasar asing semakin jelas melanjutkan exit dari bursa, tapi terdeteksi beberapa saham LANGKA dengan garis kuning istimewa, masih terus diborong besar-besaran! Waspada dengan saham-saham bluechips yang mulai berbalik menjadi distribusi. Kondisi asing yang masih terus exit ini menjadikan kita harus waspada, belum bisa investasi untuk jangka panjang. Pilih saham-saham dengan pola garis kuning yang masih terus akumulasi.

Categories: Partners

Paduan Analisa MGRO

Sat, 06/13/2020 - 16:44

Per posisi 11 Juni 2020, MGRO terdeteksi mengalami akumulasi garis kuning yang melesat! Bagi yang belum pernah dengar, MGRO adalah Mahkota Group Tbk dengan bisnis utama sawit. Untuk melengkapi pertimbangan investasi, simak seperti apa analisa fundamental, teknikal dan bandar.

Fundamental Industri

Jan 2020 harga CPO mencapai harga tertinggi dalam 3 tahun terakhir, harga turun gradual s.d April, lalu meningkat lagi s.d akhir Mei. AALI dan MGRO mencatatkan pertumbuhan penjualan untuk Q1. Untuk menjamin ketersediaan CPO dalam negeri (komitmen program B30), pemerintah menaikkan pungutan ekspor dari 50 menjadi 55USD/Ton per 1 Jun 2020. Artinya, pasar luar dan dalam negeri mendukung.

Fundamental Industri: YES

Fundamental Perusahaan

Walaupun pendapatan meningkat, MGRO net loss untuk Q1 karena HPP dan beban operasional naik lebih tinggi (keterbukaan informasi IDX sedang down, belum bisa lihat LK lebih detil). Bandingkan dengan AALI yang net incomenya positif, melewati Q1 2019 dan 2018. Net loss MGRO mengakibatkan perhitungan PEG untuk mengetahui harga saham murah/mahal relative to future growth menjadi tidak relevan (murah sekalipun, kalau prospek negatif tidak akan menarik). Berbagai artikel terkait MGRO tersedia kompilasi dan ringkasannya disini.

Fundamental perusahaan: NO

Teknikal

Golden cross (MA5 memotong MA20) di bulan april, MA5 memotong MA60) di bulan mei. Harga MGRO sudah manggung sejak bulan April. Harga terlihat mulai flat dan cendreung turun sejak tgl 5 Jun.

SRI pertengahan Mei memperlihatkan overweight (jenuh beli), 11 Juni MACD muncul signal jual.

Ichimoku jangka pendek sudah sampai puncak dan sedang bergerak mendatar, akan dipotong oleh ichimoku jangka menengah yang sedang bergerak naik. Cloud bullish sebentar lagi berakhir diganti cloud bearish mulai 23 juni.

Kesimpulan Teknikal: Kemungkinan hari sudah senja...

Bandar

Top akumulator sejak MGRO manggung 19 Maret adalah Jasa Utama, Panin dan Trimegah. Harga beli rata-rata mereka 702, 665 dan 702. Sejak harga berbalik turun tgl 5 Juni, Panin sudah dalam posisi jual diharga 713 (untung 52), sementara Jasa Utama dan Trimegah masih beli di 710 dan 706. Harga sekarang di 700.

Tanggal Rilis Laporan Keuangan Q1

Laporan keuangan AALI rilis tgl 6 Mei, good news menambah gairah, momentum pasar waktu itu netral. MGRO tgl 9 Juni, bad news saat IHSG sedang konsolidasi setelah minggu sebelumnya rally.

Disclaimer ON, decision is yours ^_^

Categories: Partners

Dana Asing Mulai Keluar dari Bursa, Jadi Banyak Pilihan Saham! Hindari TLKM, Cermati ASII INDF JPFA

Sat, 06/13/2020 - 12:53

Minat pelaku pasar asing melemah, garis kuning dana asing IHSG menjadi berbalik turun. Berbeda dengan minggu lalu yang susah memilih saham karena harganya sudah terbang, minggu ini ada begitu banyak pilihan saham. Tetap harus hati-hati, pilih saham dengan garis kuning yang masih terus akumulasi, sesuaikan preferensi kita masing-masing.

Categories: Partners

Bursa Bergairah! Strong early trend di BBCA BBRI SMRA JPFA

Sun, 06/07/2020 - 23:02

Bursa bergairah, ini momentum yang lebih sesuai untuk menikmati keuntungan jika sudah punya posisi. Namun tetap lebih menenangkan untuk entry pada saat garis kuning dalam pola akumulasi. Kuncinya, bagaimana tetap rasional berinvestasi dengan menggunakan garis kuning.

Categories: Partners

Jurus Garis Kuning dan Ichimoku untuk Menemukan Harta Terpendam

Sun, 06/07/2020 - 21:42

Sebuah sharing perjalanan trial and error dari bro Eko Endarto dalam menggunakan metode garis kuning gebetSaham, hingga akhirnya menemukan jurus yang memadukan garis kuning dengan indikator technical analysis: Ichimoku. Jurus ini memberikan sinyal entri lebih dini terhadap saham-saham yang telah terdeteksi melalui pola garis kuning, sehingga investor tidak lagi "ketinggalan kereta" jika harga dengan cepat terbang tinggi seiring garis kuning yang melesat. Simak tips bagaimana menggunakan Ichimoku disertai dengan studi kasus.

Categories: Partners

Harta Terpendam Jilid 2

Thu, 06/04/2020 - 10:39

Salam bro dan sis semua,

Melanjutkan komentar dan sharing saya tentang harta karun atau harta terpendam kemarin, dan di komentar saya bahwa saya merekomendasikan CTRA dan WSBP sebagai harta terpendam berikutnya (tgl 2 Juni 2020), saat ini kedua saham sudah posisi + sejak saya informasikan kemarin. Dan tentu saja ANTM sebagai harta terpendam pertama juga sedang + dibandingkan saat saya informasikan sekitar 2 minggu lalu.

Garis kuning bagi saya memang bukan untuk trading tik-tok jangka pendek apalagi harian. Saya belum mampu untuk itu, tapi bagi saya garis kuning membantu saya mencari saham-saham menarik dan memberi potensi ke depannya. Walaupun analisa saya tetap dengan disclaimer tinggi, tapi saya sudah membuktikan kalau garis kuning cukup akurat untuk memilih saham sasaran.

Tunggu informasi harta terpendam lainnya ya... 

 

Categories: Partners

Rumor Buyback BBRI

Tue, 06/02/2020 - 13:06

Pergerakan harga saham BBRI yang ajaib, setelah sempat dibanting oleh asing, pelaku pasar asing kembali borong saham BBRI di harga atas, sehingga saat ini harga nya kian melambung dan melambung hingga lebih dari 30%, apakah BBRI masih akan mempertahankan kenaikan harganya? dan sampai berapa lama?

Secara teknikal seperti dapat dilihat pada lampiran dibawah, harga saham BBRI sudah masuk ke teritori jenuh beli, akan tetapi secara analisa garis kuning pelaku pasar, garis kuning dana asing yang merupakan mayoritas pelaku pasar masih terus naik, sehingga dapat dikatakan kenaikan harga saham masih dapat terjadi walaupun terbatas karena harga yang sudah diatas, walaupun dapat terjadi konsolidasi diantara kenaikan harganya. Untuk yang telah memiliki koleksi saham BBRI dapat bersiap atau mulai dengan sebagian profit taking.

Ada rumor yang beredar di beberapa grup komunitas saham bahwa kejadian ini berhubungan dengan rencana buyback BBRI yang batasnya hanya sampai tanggal 12 Juni 2020 nanti, dimana dari 3T yang dialokasikan untuk buyback saham BBRI, baru digunakan sebagian kecil, yang menarik adalah dana asing untuk memborong saham BBRI dari awal periode kenaikannya jumlahnya adalah mendekati nilai 3T, kita tunggu saja apakah benar buyback ini jadi dilaksanakan atau asing harus gigit jari karena tidak kejadian.

Renaisanto - Analis gebetSaham

 

Categories: Partners

Waspada Hembusan Berita KLBF

Mon, 06/01/2020 - 08:58

Beredar kabar Kalbe Farma & Genexine dari Korea Selatan akan segera memulai tes klinik kepada manusia, vaksin untuk covid-19, Kalbe Farma & Genexine memiliki perusahaan joint venture Kalbe Genexine biologics pada 2015.

Jika dilihat pada grafik harga KLBF pada gebetSaham, garis kuning dana asing masih terus menurun yang menunjukkan asing belum ada minat kembali menambah koleksi nya di saham ini, walaupun grafik harga menunjukkan lonjakan pada hari terakhir perdagangan pada Minggu kemarin, apakah ini berarti berita tersebut kurang akurat? Dan apakah pada hari Selasa harga saham masih akan menunjukkan eforia investor? Mari sama-sama kita amati...

Renaisanto-Analis gebetSaham

Categories: Partners

Bursa Bergairah! BBRI AALI Berjaya, Hindari BMRI BBCA INCO MNCN JSMR LSIP ICBP

Sat, 05/30/2020 - 20:30

Dana asing IHSG terus merangkak naik. Seminggu sesudah libur lebaran begitu penuh warna, ada suspensi reksadana Sinarmas, ada akuisisi Pinehill yang bikin ambyar saham ICBP dan INDF, tapi juga banyak saham yang terus diakumulasi dan naik 12-24%. Sudah nyata jelas bagaimana data faktual garis kuning berkorelasi dengan pergerakan harganya, tinggal bagaimana pilihan kita: eksekusi sebagai investor, atau cukup sebagai pengamat saja.

Categories: Partners

Misteri Dana Asing Rp 16 Triliun

Sat, 05/23/2020 - 20:10

Perdagangan bursa terakhir sebelum libur panjang lebaran membawa kejutan, terdeteksi ada anomali dana asing IHSG yang super jumbo! Selama 2 minggu terakhir terpantau ada sebagian saham yang masih terus sangat gencar diakumulasi oleh pelaku pasar. Overall kondisi bursa masih belum kondusif, belum ada tanda-tanda asing masuk ke saham-saham berkapitalisasi besar. So pastikan hanya pilih saham dengan garis kuning yang masih terus akumulasi.

Categories: Partners

Menemukan Harta Karun dengan Kekuatan Garis Kuning

Tue, 05/19/2020 - 11:59

Salah satu hal yang mengasyikkan ketika berpetualang di pasar saham adalah saat kita bisa memperoleh saham yang tidak dilirik oleh pasar tapi ternyata bisa memberikan "cuan" yang cukup menarik. Asyiknya, yang pertama adalah sudah pasti kita mendapat keuntungan dan satu lagi, seolah-olah kita mendapat harta karun yang diabaikan atau tidak diperhatikan orang lain yang ternyata memberi keuntungan untuk kita. Jadi di pasar kita tidak sekedar follower namun bisa sebagai trendsetter.

Dalam ilmu investasi, banyak cara yang digunakan pelaku pasar untuk bisa mendapatkan harta karun ini. ada yang menggunakan pendekatan value investing dengan mencari nilai intrinsic atau nilai wajar sahamnya. Untuk yang teknikal mereka menggunakan alat-alat dan pendekatan yang sesuai. Pola-pola tertentu ditambah dengan bantuan garis dan grafik maka diperolehlah saham harta tersebut.

Nah sebagai investor cupu, pastinya saya belum layak disebut sebagai master untuk bisa mengajarkan bagaimana mencari saham harta karun ini. Namun untuk sekedar share apa yang saya alami mungkin ngga masalah. Toh kalau ngga dipercaya dan ngga dianggap juga ngga papa. Tapi saya berterima kasih dengan ilmu luar biasa dari bro gebet dengan garis kuning ajaibnya.

Harta Karun dengan Garis kuning

Seperti kita ketahui garis kuning salah satunya menggambarkan besaran transaksi jual dan beli. Bila gambarnya cenderung ke atas, maka sisi demand sedang bekerja. sebaliknya bila gambarnya menurun maka sisi supply yang bekerja. Sebagai tambahan ada juga garis kuning untuk kepemilikan asing sebagai tambahan tingkat "pede" kita, kenapa saya sebut "pede" karena investor kita banyak yang bergerak mengikuti gerakan investor asing. Kalau untuk saya sendiri, garis investor asing hanya untuk faktor penambah saja, tapi yang terpenting untuk saya adalah trend di garis kuning dan frekuensi. Sebagai contoh saya screen gambar saham ANTM berikut.

Semoga terlihat, ada garis hijau dan lingkaran merah. Terlihat titik-titik garis kuning yang secara konsisten terus naik. Ini pertanda kalau bro gebet bilang sedang akumulasi.

Saya biasanya menggabungkannya dengan indicator ichimoku sebagai pelengkap pengambilan keputusan dan menambah percaya diri.

Dari gambar terlihat ANTM sedang menuju perubahan dari bearish menuju bullish bergerak dari bawah cloud dan sedang menuju atas cloud. Garis pink yang memotong garis biru sebagai pertanda golden cross dan garis lagging memotong candle dari bawah ke atas, sebagai pertanda timing untuk buy.

Jadi kalau kita pede dengan tools yang kita pakai yaitu gebetsaham garis kuning dan ichimoku, maka ANTM adalah harta karun yang sedang terpendam dan belum tergali bahkan belum diketahui orang lain. Apakah pasti akan naik? Saya buat tulisan ini 18 Mei 2020. Jadi kita lihat saja bagaimana ke depannya. Namun yang pasti dan harus diingat adalah tulisan ini penuh disclaimer , hanya digunakan untuk kalangan sendiri (member gebetSaham) dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi pendapat bro dan sis lainnya. Hanya sedikit sharing bagaimana selama ini saya terbantu dengan gebetsaham sebagai salah satu tools untuk mengambil keputusan investasi.

Salam sukses..

Categories: Partners

Asing Sell in May, tapi Ketahuan ENTRY Hanya Pada Satu Saham!

Sun, 05/10/2020 - 14:14

Asing berubah pikiran, batal entry di bursa, sehingga nampak positif melakukan "Sell in May". Diantara 5 besar saham top market cap di bursa, asing exit dari semua saham, kecuali satu saham saja, pada satu saham ini asing terus melanjutkan akumulasi. Pelaku pasar lainnya juga sangat selektif akumulasi hanya pada 3 saham saja. Simak tuntas sampai finish untuk info selengkapnya.
 

Categories: Partners

Saham ASII UNVR BBCA, Saatnya Entry?

Mon, 04/27/2020 - 22:35

Harga saham bluechip sudah lumayan banyak terkoreksi, tapi apakah sekarang saat yang tepat untuk entry? Episode ini khusus membahas peta saham berwarna merah, terutama pada saham-saham berkapitalisasi besar sesuai data dari IDX. Jadi ketahuan kalau kapitalisasi pasar besar malah mayoritas asing sedang exit besar-besaran. Menariknya, juga ketahuan asing entry pada 2 saham berkapitalisasi besar.

Categories: Partners

Review Peta Saham 25 April 2020

Mon, 04/27/2020 - 22:29

Weekend saat tepat untuk memilih saham, mari bersama kita cek Peta Saham untuk melihat saham mana saja yang masih terus diakumulasi pelaku pasar walaupun dana asing IHSG masih terus exit dari bursa. Bagi yang belum punya akses premium di website gebetSaham, ini adalah kesempatan untuk melihat pilihan saham apa saja yang tersedia di Peta Saham.

Categories: Partners

Peta Saham Semakin Insightful

Mon, 04/06/2020 - 14:14

Setelah sekian waktu menggunakan metode gebetSaham, pastinya kita sudah mulai bisa melihat bagaimana realitas pergerakan harga yang dibandingkan dengan pola garis kuning. Bagaimana cara kita memilih saham pun sudah semakin terpola. Untuk itu, fitur Peta Saham sudah diupgrade, kini tersedia diakses melalui menu Market Index JCI, tidak lagi melalui menu Insight.

Peta Saham akan tampil sesudah memilih rentang waktu periode amatan pada grafik IHSG, serta difokuskan pada saham yang tergabung dalam indeks KOMPAS100 saja. Peta Saham yang baru ini dirancang untuk membantu kita memilih saham-saham dalam pola akumulasi, dimana idealnya kita akan tertarik untuk mencari saham yang konsisten diakumulasi dalam jangka panjang (maksimal hingga 6 bulan kebelakang), dan juga masih terus diakumulasi pada periode amatan yang kita pilih. Dengan pendekatan ini, kita selalu bisa zoom-in terhadap fenomena yang terjadi di bursa. Contoh, pada periode 4-24 Maret 2020 dimana IHSG jatuh sangat dalam, saham mana saja yang masih terus diakumulasi oleh asing? Peta Saham langsung memberikan jawaban.

Seperti biasa, Peta Saham disajikan dalam bentuk text icons penuh warna dengan ukuran bervariasi. Icon berwarna hijau mencerminkan seberapa besar peningkatan akumulasi pada periode amatan, warna semakin intens berarti peningkatan akumulasi semakin tinggi. Icon berwarna merah mencerminkan seberapa terjadi penurunan (distribusi). Icon berwarna merah dan hijau ini mencerminkan garis kuning pada periode amatan, sesuai dengan Kekuatan Asing masing-masing saham. Kekuatan Asing >40% maka mencerminkan garis kuning dana asing. Jika sebaliknya, maka mencerminkan garis kuning pelaku pasar umum. Ukuran icon yang lebih besar berarti pada saham tersebut telah terjadi peningkatan akumulasi yang cukup tinggi selama 6 bulan terakhir. Singkat kata, Peta Saham disajikan secara berurutan, mulai dari yang akumulasinya terbesar (gradasi warna hijau), akumulasi/distribusi minor (warna abu-abu), hingga distribusi terbesar (gradasi warna merah).

Nah sekarang studi kasus ya. Saham yang berwarna hijau dan merah, bisa selalu dicek garis kuningnya untuk memantapkan pilihan. Perhatikan ada beberapa saham berwarna merah, tapi berukuran besar (TPIA SCMA JPFA EXCL TBIG). Kita ambil salah satu sebagai contoh, coba cek garis kuning EXCL pada gambar berikut.

Nampak pada grafik dana asing (Kepemilikan Asing di EXCL mencapai 52%), garis kuning selama 6 bulan terakhir terus menanjak naik akumulasi, tapi semenjak pertengahan Maret 2020 mulai berbalik arah, sementara harga masih naik kencang. Sudah jelas EXCL memasuki fase distribusi, ditandai dengan harga yang terus naik. Bagi yang memiliki posisi di EXCL, manfaatkanlah kesempatan ini untuk jual di harga yang lebih tinggi ^_^

Semoga sedikit penyempurnaan ini dapat bermanfaat. Jika ada ide bagaimana fitur ini bisa lebih baik lagi, silakan posting dalam komentar yaa.

Categories: Partners

Pengendalian Fear and Greed dengan Garis Kuning

Sun, 03/29/2020 - 23:11

INDF menjadi sebuah contoh faktual pengendalian fear and greed bersama garis kuning. Ketika garis kuning masih "baik-baik saja", tidak perlu cemas jika harga terjun bebas. Saat itu dapat menjadi momen untuk mencicil entry bertahap, juga harus disertai dengan kesabaran karena harga terus jatuh selama 2 bulan, sesudahnya harga naik dengan cepat sekali hanya dalam 2 hari saja. Ikuti perjalanannya dalam seri postingan FB berikut.

Categories: Partners

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.